Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Prospek Pekerjaan Jurusan Arkeologi Dengan Gaji Tinggi

by Vera Khairifah on 5 November, 2019

Pekerjaan Jurusan Arkeologi mungkin masih agak asing di Indonesia. Tapi, siapa sangka ternyata ilmu ini mempelajari hal-hal yang dilakukan oleh tokoh film terkenal dunia Indiana Jones. Wah, lalu bagaimana dengan prospek pekerjaan Jurusan Arkeologi saat ini?

Pekerjaan Jurusan Arkeologi Tahun 2019 yang Bisa Kamu Pilih

Arkeologi mempelajari pendekatan sejarah dengan meneliti sumber-sumber primer seperti budaya material dan kondisi lingkungan dari peradaban sebelumnya.

Ilmu ini berkaitan dengan Sejarah dan Antropologi. Arkeologi menggali sejarah, mulai dari peradaban kuno hingga benda-benda bersejarah.

Lulusan dari Jurusan Arkeologi bisa bekerja yang menerapkan Ilmu Arkeologi, namun juga bisa menekuni pekerjaan lain di luar itu.

Asalkan memiliki kemampuan pendukung yang menunjang kinerja profesi yang kamu pilih. Berikut pilihan pekerjaan Jurusan Arkeologi yang bisa kamu pilih di era sekarang.

1. Arkeolog

Penerapan ilmu akan lebih maksimal jika kamu menekuni pekerjaan Jurusan Arkeologi yang satu ini. Di Indonesia, Arkeolog dibutuhkan di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) di semua provinsi, Balai Cagar Budaya, dan sebagainya.

2. Peneliti

Pekerjaan Jurusan Arkeologi yang kedua adalah menjadi peneliti yang trelibat dalam penelitian penting terkait peninggalan benda kuno dan cagar budaya lainnya di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) maupun Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Pusarkenas).

3. Pegawai Kementrian

Menjadi pegawai di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementrian Pariwisata juga masih berkaitan dengan Ilmu Arkeologi. Seleksi pekerjaan ini dibuka setiap tahun melalui tes CPNS yang kita kenal.

4. Staf Museum

Di museum-museum yang ada di hampir semua kota umumnya membutuhkan profesi Teknisi dan Perawat Arsip yang merupakan lulusan Jurusan Arkeologi. Kamu juga bisa mencoba profesi ini.

5. Sejarahwan

Buat kamu yang berminat menekuni ilmu ini lebih mendalam, kamu bisa menjadi Sejarahwan atau seorang Ahli dan Pengamat. Seorang Sejarahwan sangat dibutuhkan untuk sumber info sejarah peradaban maupun budaya, serta benda bersejarah di suatu daerah.

6. Staf Galeri Seni

Saat ini sudah banyak galeri seni yang bermunculan. Tempat ini menyajikan pameran seniman lokal dan dunia. Dengan menjadi staf di dalamnya, Ilmu Arkeologi yang kamu kuasai bisa menambah referensi koleksi, ide acara, maupun karya seni yang dipajang saat pameran di galeri seni tersebut.

(Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Jurusan Ilmu Gizi, Salah Satu Profesi Paling Mulia)

7. Tour Guide

Industri pariwisata Indonesia saat ini semakin menggeliat. Pekerjaan Jurusan Arkeologi ini bisa kamu tekuni. Dengan pemahaman sejarah dan cagar budaya suatu daerah, kamu bisa menjadi Tour Guide yang handal.

8. Jurnalis

Bekerja di media sebagai jurnalis sejarah akan lebih menguntungkan jika kamu memahami Ilmu Arkeologi. Untuk sukses menekuni profesi ini, kamu juga harus mampu menulis dan melaporkan sebuah kejadian dengan baik.

9. Penulis Buku

Buku-buku tentang Arkeologi dibutuhkan. Kamu bisa menulis pengalam-pengalamanmu terkait temuan penelitian Arkeologi yang kamu lakukan, maupun menyusun buku pengantar dari sumber yang lengkap. Royalti dari penjualan buku sangat menggiurkan nilainya.

10. Vlogger

Di era digital seperti sekarang, menjadi Vlogger (Video Blogger) merupakan salah satu pekerjaan menjanjikan. Jika kamu memiliki kemampuan kreatif dalam membuat konten digital yang berkaitan dengan Ilmu Arkeologi, kamu bisa mencoba profesi ini.

11. Copy Writer

Terakhir, ada pekerjaan menjadi seorang Copy Writer. Kini, hampir semua perusahaan membutuhkan pegawai untuk posisi ini. Meskipun agak menyimpang dari Ilmu Arkeologi, namun pekerjaan ini tidak menjadikan jurusan kuliah sebagai syarat utama. Tak ada salahnya mencoba, bukan?

Apapun pekerjaan yang kamu pilih, pastikan selalu bijak dalam mengelola keuangan. Biar enggak boros, yuk, mulai berinvestasi di CekAja.com.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast