Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional Terpopuler Bergaji Tinggi

by Vera Khairifah on 6 November, 2019

Pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional digadang-gadang menjadi salah satu pekerjaan yang memiliki gaji tinggi. Sebab, sebagian pekerjaan yang berhubungan dengan pihak luar negeri memang digaji dengan skala mata uang internasional alias dollar.

Pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional Terpopuler Bergaji Tinggi

Untuk kamu yang berminat berkuliah di jurusan ini, ketahui dulu yuk prospek pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional.

1. Diplomat

Diplomat adalah pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional yang paling umum. Seorang Diplomat bisa bertugas di kantor kedutaan Indonesia di berbagai negara di luar negeri dalam kurun waktu tertentu.

Sehingga bisa dipindahtugaskan kemana saja.Juga, mereka bisa menjadi perwakilan yang dipercaya menjalankan misi diplomatik dengan negara lain maupun organisasi internasional.

Untuk menekuni profesi ini di Indonesia, kamu harus mengikuti seleksi tes CPNS di Kementrian Luar Negeri yang dibuka setiap tahun. Gaji untuk pekerjaan ini sekitar Rp 5 juta, belum termasuk dengan tunjangan lain di luar gaji.

2. Staf Kedutaan Asing

Pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional yang kedua adalah menjadi staf di kantor kedutaan atau konsulat asing. Setiap negara lain yang memiliki kedutaan di Indonesia tentu membutuhkan staf dalam negeri yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Lowongan pekerjaan ini biasanya tertera di situs resmi kedutaan maupun akun media sosialnya.

Lancar berbahasa Inggris adalah satu hal yang wajib untuk pekerjaan ini, dan akan menjadi nilai tambah jika kamu menguasai bahasa dari negara kedutaan itu.

Misalnya, jika kamu melamar untuk Kedutaan Peru di Indonesia, maka kamu harus menguasai bahasa Spayol yang merupakan bahasa resmi negara itu. Gaji pekerjaan ini tentu di atas UMR, bahkan bisa digaji per jam dengan skala mata uang dollar. Menarik, kan?

3. Konsultan Imigrasi

Saat ini, ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi imigrasi. Para Konsultan Imigrasi membantu publik untuk mengurus segala hal terkait kepergian seseorang ke luar negeri untuk berbagai kebutuhan (liburan, studi, izin tinggal sementara waktu, transit penerbangan maupun pelayaran, bekerja, dan lain-lain).

Peminat dari jasa ini pun cukup banyak, karena proses yang rumit dari hubungan internasional antar-negara. Gaji pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional ini sekitar Rp 4 juta hingga Rp 7 juta.

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Teknik Metalurgi, Sedikit Peminat Namun Dibutuhkan)

4. Konsultan Pendidikan Luar Negeri

Jika Konsultan Imigrasi bertugas mengurus yang didominasi dengan perizinan dan dokumen administratif, maka Konsultan Pendidikan Luar Negeri membantu publik untuk memilih lembaga pendidikan terbaik di berbagai negara.

Juga, menjelaskan sistem pendidikan dan tahap pendaftaran sekolah/kampus. Gaji pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional ini kira-kira Rp 4,5 juta.

5. Politikus

Pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional yang berkaitan dengan pelajaran politik luar negeri yang diajarkan di bangku kuliah adalah Politikus. Sebagian lulusan jurusan ini memang terjun ke dunia politik, baik di tingkat daerah maupun nasional.

Jika lolos menjadi anggota DPD atau DPR, gaji yang didapat mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 5 juta, belum termasuk dengan tunjangan dan fasilitas lainnya.

6. Wartawan

Pemahaman Ilmu Hubungan Internasional yang dikombinasikan dengan kemampuan menulis dan melaporkan sebuah kejadian bisa membuatmu menjadi wartawan handal untuk berita luar negeri.

Kamu berkesempatan melakukan peliputan ke berbagai negara pula. Seru, kan? Gaji pekerjaan ini sekitar Rp 4 juta sampai Rp 6,5 juta.

7. Konsultan Politik

Konsultan politik adalah pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional yang bertugas memberi nasihat politik, merumuskan strategi kampanye dan menyusun komunikasi politik.

Mereka membantu pejabat atau calon pejabat daerah, terutama saat musim pemilihan wakil rakyat. Gajinya yaitu sekitar Rp 6 juta sampai Rp 10 juta.

8. Tenaga Ahli

Seorang tenaga ahli membantu pekerjaan politikus, partai politik, atau pun pejabat daerah dan negara. Pekerjaan Hubungan Jurusan Internasional ini juga bisa menjadi salah satu tim seorang anggota dewan pemerintahan. Gajinya dimulai dari Rp 6 juta.

(Baca Juga: 5 Pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Berpeluang Tinggi, Gaji Mumpuni)

9. Staf Yayasan Internasional

Beberapa yayasan internasional dari berbagai negara biasanya juga memiliki kantor cabang di Indonesia. Yayasan ini biasanya melakukan aksi sosial dan pemberian bantuan sosial, pertukaran budaya, kesenian, seminar, peningkatan kualitas SDM, dan lain sebagainya.

Kamu bisa bekerja sebagai staf atau seorang Data Researcher. Contoh yayasan internasional adalah seperti Singapore International Foundation, dan Toshiba International Foundation. Gajinya sekitar Rp 4 juta atau bisa lebih jika mengikuti standar gaji negara tersebut.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast