Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Pekerjaan Jurusan Ilmu Kriminologi Terlengkap di Berbagai Lembaga

by Vera Khairifah on 5 November, 2019

Sebagian dari kita mungkin masih asing dengan pekerjaan Jurusan Ilmu Kriminologi. Bagaimana tidak, kepopuleran ilmu ini sendiri memang masih kalah pamor dibanding jurusan mainstream lain. Padahal, ternyata banyak peluang pekerjaan Jurusan Ilmu Kriminologi di lembaga pemerintahan maupun swasta.

Pekerjaan Jurusan Ilmu Kriminologi Terlengkap di Berbagai Lembaga

Fakta Menarik Jurusan Ilmu Kriminologi

Beberapa fakta-fakta terkait jurusan ini juga menarik untuk kamu ketahui, di antaranya:

Hanya ada di tiga universitas di Indonesia

Jurusan Ilmu Kriminologi tingkat Strata satu (S1) hanya tersedia di dua universitas negeri, yakni Universitas Indonesia (akreditasi A) dan Universitas Islam Riau (akreditasi B), serta satu universitas swasta yakni Universitas Budi Luhur (akreditasi B).

Sedangkan untuk tingkat Strata dua dan tiga (S2 dan S3) ada di Universitas Indonesia.

Mempelajari banyak hal

Jangan salah, Jurusan Ilmu Kriminologi tidak hanya mempelajari tentang terjadinya sebuah kejahatan. Lebih dari itu, sebuah kejahatan juga dianalisa dari sudut pandang Ilmu Hukum, Sosiologi, Psikologi, Politik, bahkan Jurnalistik.

Jenis kejahatan yang dipelajari juga banyak, mulai dari tindakan kriminal umum, kenakalan remaja, cybercrime, terorisme, hingga kejahatan gaib seperti ilmu hitam atau santet. Unik, ya?

Cocok untuk para observan

Jurusan Ilmu Kriminologi ini cocok banget untuk kamu yang suka menganalisa (observan) suatu hal dengan teliti, kritis, dan rasional.

Tokoh Terkenal Lulusan Jurusan Ilmu Kriminologi

Ada beberapa nama terkenal yang merupakan lulusan Jurusan Ilmu Kriminologi. Sebut saja nama Adrianus Meliala sebagai seorang ahli kriminologi Indonesia sekaligus Dosen di Universitas Indonesia. Kemudian Maman Suherman yang merupakan seorang wartawan senior dan penulis buku.

(Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan, Impian Para Pecinta Buku)

Pekerjaan Jurusan Ilmu Kriminologi
1. Pegawai Kepolisian

Di lembaga pemerintahan ini, pekerjaan Jurusan Ilmu Kriminologi yang bisa kamu coba adalah menjadi pegawai bagian Identifikasi dan Rekam Jejak Kepolisian. Dengan menyelesaikan studi Ilmu Kriminologi, kamu bisa mendaftar seleksi Bintara Polri yang diadakan setiap tahunnya. Seleksi ini terbuka hingga lulusan yang berusia maksimal 25 tahun.

2. Pegawai Kementrian

Kementrian Hukum dan HAM serta Kementrian Pertahanan juga bisa kamu bidik sebagai prospek pekerjaan Jurusan Ilmu Kriminologi. Seleksi ini terbuka setiap tahun dalam Seleksi CPNS dengan berbagai detil bagian kerja.

3. Staf KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini semakin membutuhkan tenaga staf kantor dan anggota penyidik. Meskipun begitu, pekerjaan Jurusan Ilmu Kriminologi yang satu ini memang memiliki resiko yang tinggi.

4. Penyidik BIN

Ada juga pekerjaan Jurusan Ilmu Kriminologi di Badan Intelejen Negara (BIN) sebagai penyidik maupun analis yang memiliki gaji yang tinggi, namun cukup beresiko dan seleksinya yang ketat.

5. Detektif dan Investigator Swasta

Pekerjaan Jurusan Ilmu Kriminologi sebagai detektif dan investigator yang bertugas menganalisa dan mendeteksi tindakan melanggar hukum ini memang terbilang terbatas. Namun, gajinya dikenal tinggi dan membutuhkan kecerdasan khusus.

6. Dosen

Pemahaman yang mendalam mengenai Ilmu Kriminologi yang dibarengi dengan studi hingga setidaknya S2 bisa membawamu menjadi seorang Dosen. Jumlah tenaga pengajar ini tentu akan makin dibutuhkan jika ada universitas lain yang membuka jurusan ini sebagai jurusan barunya.

7. Ahli/Pengamat

Tenaga ahli seperti analis atau pengamat handal juga bisa menjadi pekerjaan untuk mereka yang sudah malang melintang di bidang hukum dan kriminologi bertahun-tahun, sehingga dijadikan sebagai profesi sampingan setelah masuk masa pensiun.

8. Wartawan

Selain menulis, menjadi seorang wartawan juga membutuhkan pemahaman ilmu untuk kategori berita yang menjadi fokus keahlian menulisnya.

Dengan menuntun Ilmu Kriminologi, kamu bisa menjadi wartawan bidang kriminal. Kualitas tulisan akan semakin keren dengan analisa tajammu.

9. Penulis

Ketertarikanmu pada bidang penulisan juga bisa disalurkan dengan menjadi penulis. Buku-buku kriminologi juga memiliki peminatnya sendiri, apalagi jika dikombinasikan dengan ilmu hukum atau ilmu lainnya.

Enggak usah khawatir, melanjutkan studi S1 hingga S3 Jurusan Ilmu Kriminologi sangat mungkin kamu lakukan dengan mengajukan dana untuk kebutuhan pendidikan mu di CekAja!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast