Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Prospek Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan Dengan Gaji Tinggi

by Kyla Damasha on 4 November, 2019

Saat ini masih banyak orang yang memandang sebelah mata para mahasiswa dengan jurusan ilmu perpustakaan. Mulai dari pekerjaan yang kurang menjanjikan, susah mencari kerja, hingga gaji kecil. Hal ini lah yang sering kali menjadi alasan para orang tua agar tidak memperbolehkan buah hatinya mengambil jurusan ini.

Padahal saat ini, pekerjaan jurusan ini cukup terbuka lebar dan variatif lho. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kamu bisa terjun ke ranah internasional, seperti bekerja di beberapa kantor kedutaan besar atau NGO (Non Governmental Organization). Keren banget kan!

Apakah kamu termasuk salah satu yang tertarik dengan ilmu perpustakaan tetapi tidak dibolehkan oleh orang tua? Jangan khawatir. Karena di pembahasan kali ini kita akan membahas lengkap mengenai pengertian dan prospek pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan beserta gaji yang akan didapat.

Dengan membaca artikel ini diharapkan banyak orang yang bisa membuka pandangannya bahwa ternyata jurusan dan pekerjaan jurusan ini tidak sesederhana dan seremeh yang kita kira lho.

Apa itu Ilmu Perpustakaan?

Buang jauh-jauh gambaranmu mengenai seorang penjaga perpustakaan yang duduk sambil terkantuk-kantuk di depan meja kerjanya. Perlu diingat bahwa pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan tidak akan membuatmu seperti itu. Sebaliknya, justru akan mengajarkan berbagai ilmu yang sangat bermanfaat untuk masa yang akan datang, seperti mengumpulkan, merapikan, dan menyimpan data.

Tidak hanya itu saja, kamu juga akan memiliki keterampilan lainnya seperti manajemen, teknologi informasi, dan pendidikan untuk dapat bisa terjun ke pekerjaan ini. Bahkan kamu juga akan belajar mengenai Etika Kepustakaan yang bisa sekaligus dapat melatih daya analisismu.

Apa saja yang Dipelajari?

Sebenarnya, hampir di setiap Universitas yang memiliki jurusan Ilmu Perpustakaan memiliki mata kuliah yang berbeda-beda, meskipun maksud dan tujuannya sama. Mulai dari ilmu pengetahuan dasar seperti Pengantar Ilmu Perpustakaan, Komunikasi dalam Bidang Informasi, Pengantar Kearsipan, dan Manajemen Perpustakaan, hingga ilmu yang menjurus seperti Aspek Hukum dalam Informasi, Penerbitan Gratif dan Elektronik, dan Pengelolaan Perpustakaan Digital akan kamu pelajari disini.

Seluruh mata kuliah yang diajarkan pastinya akan sangat membantumu untuk bisa terjun ke pekerjaan dan juga di masa yang akan datang.

(Baca Juga : 7 Pekerjaan Jurusan Sosiologi Paling Diminati dan Bergaji Tinggi)

Universitas Terbaik untuk Jurusan Ilmu Perpustakaan
1. Universitas Indonesia

Menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) juga memiliki jurusan ilmu perpustakaan terbaik. Disertai dengan fasilitas kampus yang memadai dan sangat medukung segala proses pembelajaran, UI juga menjadi salah satu kampus di Indonesia yang cukup disegani.

Telah memiliki akreditasi A, para lulusannya juga dijamin dapat mendapatkan prospek pekerjaan terbaik yang tentunya sesuai dengan passion. Untuk dapat masuk ke jurusan ini di UI, kamu bisa melalui dua jalur masuk, yaitu SNPMT dan SBPMTN. Biayanya pun juga akan disesuaikan dengan kesanggupan ekonomi orang tua atau penaggung biaya dari masing-masing mahasiswa.

Untuk daya tampungnya itu sendiri, jurusan Ilmu Perpustakaan UI memiliki 40 bangku yang terdiri dari gabungan SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan untuk estimasi jumlah peminat yakni sekitar 1.490 siswa dengan tingkat keketatan sebesar 2,68%.

2. Universitas Diponegoro

Berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Universitas Diponegoro (UNDIP) memiliki jurusan Ilmu Perpustakaan yang bisa kamu jadikan pilihan. Telah terakreditasi A, kamu bisa masuk ke UNDIP dengan beberapa jalur pilihan, seperti SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, dan SBUB. Biaya kuliahnya pun juga cukup terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kesanggupan dari orang tua atau sang penanggung biaya.

Memiliki daya tampung 45 kursi untuk jalur SBMPTN, UNDIP pastinya akan mengajarkanmu untuk bisa siap terjun ke dunia pekerjaan yang sesuai dengan jurusan serta yang kamu inginkan.

Banyak materi yang dipelajari bagi para mahasiswa, seperti manajemen perpustakaan dan pengelolaan informasi berbasis teknologi informasi, metode dan sarana penelurusan informasi, strategi pemasaran dan distribusi informasi, dan masih banyak lagi materi-materi lainnya yang tentu akan membantumu dalam meniti karir.

3. Universitas Padjajaran

Jurusan ilmu perpustakaan di universitas satu ini berada di bawah Fakultas Ilmu Komunikasi dan berlokasi di Jatinangor. Mahasiswa yang mengambil jurusan ini tidak hanya mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan ilmu perpustakaan saja, namun mereka juga dituntut untuk menguasai ilmu lainnya, seperti pemasaran, komunikasi, teknologi dan sistem informasi, hingga public relation.

Telah memiliki akreditasi A, tentu saja lulusan jurusan dari Universitas Padjajaran ini layak dipertimbangkan, bagi kamu yang ingin mempelajari banyak hal mengenai ilmu perpustakaan itu sendiri. Bagi yang ingin masuk, terdapat dua jalur yang bisa kamu gunakan, yaitu melalui jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN.

Tak berbeda pula dengan universitas negeri lainnya, UNPAD juga menyediakan program Bidik Misi yang dimana jumlah uang per semester akan bergantung dan dipertimbangkan pada penghasilan dari mahasiswa terkait.

(Baca Juga: 5 Pekerjaan Jurusan Administrasi Fiskal yang Menjanjikan dan Bergaji Tinggi)

Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan

Ketika kamu memutuskan untuk mengambil jurusan Ilmu Perpustakaan, pastinya kamu juga sudah memiliki gambaran mengenai profesi ataupun pekerjaan jurusan ini yang diinginkan. Tetapi, tidak menutup kemungkinan ada pula diantara kamu yang masih belum tahu ingin berprofesi sebagai apa ketika lulus nanti karena hanya melihat perkuliah jurusan ini yang terdengar menyenangkan.

Nah, apabila kamu termasuk diantara orang-orang yang belum tahu ingin menjadi apa ketika lulus nanti, yuk kita simak bersama-sama mengenai beberapa pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. Pustakawan

Profesi pertama yang paling sering dipilih oleh para lulusan jurusan ilmu perpustakaan yaitu menjadi pustakawan. Pekerjaan satu ini memang sepertinya menjadi surga bagi para pecinta buku. Khususnya bagi kamu yang senang membaca, menjadi pustakawan bisa menjadi profesi impianmu.

Gaji yang diterima tergantung tempat dimana ia bekerja, namun biasanya seorang pustakawan bisa mendapatkan gaji senilai UMR yang juga disertai dengan tunjangan lainnya.

2. Instansi Pemerintah

Pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan lainnya yang bisa kamu pilih yaitu menjadi instansi pemerintah. Mulai dari ilmu administrasi, kearsipan, membuat surat dan lainnya tentu sangatlah dibutuhkan. Bekerja di instansi pemerintah, setidaknya kamu bisa mendapatkan penghasilan bulanan hingga jutaan yang belum disertai dengan berbagai tunjangan dan fasilitas lainnya. Namun, tentu gaji tersebut juga akan bergantung pada pengalaman dan berapa lama kamu bekerja.

3. Sekretaris Redaksi Penerbitan

Selain menjadi pustakawan, pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan yang sangat cocok bagi kamu penggemar buku yaitu menjadi sekretaris redaksi penerbitan. Pada dasarnya, tugas seorang Sekred yaitu mengelola surat yang masuk, mengurus surat pembayaran royalti penulis dan lain-lain. Gaji yang ditawarkanpun bisa mencapai hingga jutaan, tergantung UMR dan kebijakan dari pihak penerbitan.

4. Dinas Pendidikan

Pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan tidak bisa dipandang sebelah mata apabila kamu menjadi bagian dari Dinas Pendidikan. Tidak hanya gajinya yang mencapai jutaan, kamu juga berhak mendapatkan berbagai fasilitas dan tunjangan lainnya.

Sekarang, kamu sudah tahu kan bahwa ternyata banyak sekali pekerjaan yang bisa kamu jadikan pilihan pada salah satu jurusan favorit ini.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda