Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Pekerjaan Jurusan Ilmu Sejarah yang Dibutuhkan Tahun 2020

by Vera Khairifah on 12 November, 2019

Pekerjaan Jurusan Ilmu Sejarah sering dianggap membingungkan bagi lulusan jurusan ini. Sebab, pengaplikasian Ilmu Sejarah pada bidang pekerjaan kurang familiar didengar.

Pekerjaan Jurusan Ilmu Sejarah yang Dibutuhkan Tahun 2020

Padahal, ada beberapa pekerjaan Jurusan Ilmu Sejarah yang bisa kamu pilih di tahun 2020 nanti. Ilmu Sejarah yang kamu kuasai bisa dikombinasikan dengan kemampuanmu yang lainnya, sehingga cocok untuk beberapa pekerjaan berikut.

1. Sejarahwan

Sejarahwan atau Ahli Sejarah adalah pekerjaan yang ditekuni oleh lulusan Jurusan Ilmu Sejarah berpengalaman dan pemahaman yang tinggi.

Informasi dari seorang Ahli Sejarah dibutuhkan untuk para peneliti, maupun pihak-pihak yang berusaha menggali sejarah suatu tempat atau bangsa. Ahli Sejarah dibutuhkan sebagai salah satu narasumber terpercaya karena mereka merupakan aset intelektual negara.

2. Penulis Buku

Hasil penelitian dan temuan penting terkait sejarah bisa kamu tuliskan ke dalam sebuah buku yang dipublikasikan secara luas. Kebutuhan pelajar akan buku Ilmu Sejarah akan selalu dibutuhkan.

Sehingga pekerjaan Jurusan Ilmu Sejarah ini cukup menjanjikan dengan royalti dari setiap jumlah buku yang terjual.

3. Juru Arsip

Seorang Juru Arsip bertugas untuk mengarahkan pengamanan arsip dan dokumen bersejarah. Mereka juga terlibat dalam kegiatan riset yang berkaitan dengan hal pengarsipan. Gaji pekerjaan ini sekitar Rp 3,3 juta hingga Rp 6,2 juta.

4. Peneliti

Peneliti Sejarah bisa bekerja di Lembaga akademis, pemerintah, maupun swasta. Tugasnya mengkaji secara sistematis suatu peristiwa di masa lalu untuk kemudian didapatkan fakta-fakta sejarah yang mendalam dari penelitian itu.

5. Staf Instansi Pemerintahan

Penerapan Ilmu Sejarah juga bisa kamu tuangkan dengan menjadi staf di instansi pemerintahan yang ada di Indonesia. Seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata atau di Balai Konservasi Cagar Budaya yang ada di setiap provinsi.

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Ilmu Hukum Paling Keren Beserta Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui)
6. Staf Museum

Museum-museum di Indonesia kini makin banyak bermunculan. Kamu bisa menjadi salah satu stafnya dan menyumbangkan pemikiran-pemikiran Ilmu Sejarah yang kamu pahami untuk mengelola museum, merawat arsip maupun koleksi penting lainnya.

7. Dosen

Untuk kamu yang sangat mencintai Ilmu Sejarah dan berminat menjadi tenaga pengajar seperti Dosen, coba saja pekerjaan Jurusan Ilmu Sejarah yang satu ini. Seorang Dosen setidaknya harus lulus Strata Dua (S2), dan memiliki dedikasi tinggi dalam mengajar. Gajinya mulai dari Rp 5 juta.

8. Tour Guide

Suka jalan-jalan ke berbagai daerah wisata? Manfaatkan saja pengetahuan ilmu yang kamu kuasai dengan menjadi Tour Guide. Dengan begitu, kamu bisa mengajak wisatawan ke tempat menarik sekaligus menjelaskan sejarah tempat tersebut dengan lancer.

Ini akan menjadi nilai tambah dalam pekerjaan Jurusan Ilmu Sejarah yang satu ini.

9. Sineas

Lain lagi jika kamu menyukai bidang seni peran atau film. Kamu bisa menjadi penulis skenario atau editor film sejarah yang kini juga makin banyak diproduksi.

Untuk menekuni pekerjaan Jurusan Ilmu Sejarah ini, kamu harus memiliki kemampuan menulis skrip dan mengedit video yang terampil.

10. Host/Presenter

Lulusan Jurusan Ilmu Sejarah juga bisa bekerja di industri media. Dengan tambahan kemampuan public speaking dan presenting yang baik, pekerjaan Host atau Presenter bisa kamu coba.

Sebab ada banyak program acara TV maupun media online yang membutuhkan posisi ini. Selain dibayar, kamu juga berkesempatan keliling Indonesia bahkan dunia loh.

(Baca Juga: Ini Pekerjaan Jurusan Ilmu Keperawatan dan Akreditasi PTN Terbaik)
11. Kurator Seni

Kurator Seni adalah pekerjaan Jurusan Ilmu Sejarah yang bertugas mengelola benda-benda bersejarah atau koleksi seni yang ada di sebuah museum, galeri atau pameran seni. Seorang Kurator juga bisa melakukan penelitian maupun kegiatan pelayanan publik.

12. Blogger/Vlogger

Terakhir, hasil temuan atau pengalaman penelitian sejarah yang kamu miliki bisa dituangkan dalam bentuk tulisan di blog online, ataupun konten video vlog di media sosial Youtube. Publikasi online ini bisa menarik iklan yang dijadikan profit untukmu.

Dapatkan pinjaman dana tunai untuk menambah dana Pendidikan atau kebutuhan lainnya di CekAja.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast