Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Industri Bergaji Tinggi

by Estrin Vanadianti Lestari on 7 November, 2019

Jurusan Teknik memang dikenal sebagai jurusan yang memiliki peminat yang banyak, tak terkecuali jurusan Teknik Industri. Bahkan, pekerjaan Jurusan Teknik Industri saat ini, juga sudah memiliki prospek kerja yang sangat luas. Pasalnya, jurusan ini bisa dibilang merupakan sebuah gabungan ilmu, yang memiliki keterkaitan dengan bidang teknik lainnya. Sehingga, hal tersebut membuat jurusan ini menjadi kaya ilmu.

Tidak hanya itu, beberapa pekerjaan Jurusan Teknik Industri juga, memiliki jenjang karir yang mumpuni. Sehingga, jurusan ini memang cocok bagi kamu yang sangat mempertimbangkan urusan karir dalam pekerjaan dan masa depanmu.

Jurusan yang sering disebut dengan TI ini, memang sangat populer di kalangan mahasiswa, terutama para calon mahasiswa laki-laki. Terlebih, seiring dengan dengan kemajuan teknologi industri di berbagai bidang dan sektor, membuat peluang pekerjaan Jurusan Teknik Industri menjadi beragam.

Sekilas Tentang Hal-hal yang Dipelajari di Jurusan Teknik Industri

Buat kamu yang baru bergabung di jurusan ini, sebaiknya cari tahu dulu nih, apa sih yang dipelajari di Jurusan Teknik Industri? Pasalnya, jurusan ini akan mempelajari semua ilmu dari jurusan teknik lainnya, yang akan saling berkaitan, meski hanya dasarnya saja. Sebut saja seperti teknik elektro, teknik kimia, dan teknik informatika.

Secara umum, Jurusan Teknik Industri merupakan jurusan yang mempelajari tentang bagaimana cara, untuk mengolah sebuah pabrik agar bisa beroperasi secara produktif, efektif dan efisien. Tidak hanya mempelajari ilmu teknik saja seperti yang dibahas sebelumnya, seorang sarjana teknik industri juga harus menguasai ilmu manajemen dan pemasaran.

Lalu bagaimana alur kerja seorang lulusan Jurusan Teknik Industri? Nah, contoh kecilnya seperti ini:

Ketika ada masalah kelistrikan pada sebuah pabrik atau perusahaan tempatnya bekerja, sarjana Teknik Industri akan berkomunikasi dengan karyawan PLN, terkait masalah yang timbul dengan menggunakan bahasa atau istilang listrik.

Selanjutnya, jika ada kendala software, sarjana Teknik Industri akan menganalisa terkait masalah yang terjadi, dan mencari programmer untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Intinya, ia harus bisa membuat operasional pabrik berjalan dengan lancar.

Mata Kuliah atau Hal yang Dipelajari di Jurusan Teknik Industri 

Untuk mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Teknik Industri, diantaranya adalah:

(Baca Juga: 5 Jurusan Paling Favorit di Institut Pertanian Bogor)

Nah, buat kamu yang merupakan lulusan dari Jurusan Teknik Industri, dan sedang bingung untuk mencari kerja sebagai apa, yuk simak 6 prospek kerja Jurusan Teknik Industri yang memiliki gaji tinggi:

1. Analis Produksi

Pekerjaan Jurusan Teknik Industri yang memiliki prospek kerja luas pertama adalah menjadi analis produksi. Selain memiliki prospek kerja tinggi, posisi analis produksi juga memiliki potensi besar untuk berkarir. Karena, pekerjaan ini sangatlah memiliki sinergi yang kuat, karena ilmu yang didapat di bangku kuliah, akan sangat bermanfaat di pekerjaan ini.

Sebagai analis produksi, kamu dituntut untuk bertanggung jawab menganalisa proses produksi, pengendalian kualitas produksi, optimalisasi dan pemeliharaan alat-alat produksi, hingga pengendaliannya.

2. Manajemen Sumber Daya Manusia (HRD)

Pekerjaan Jurusan Teknik Industri selanjutnya yang memiliki prosperk kerja luas adalah menjadi pekerja di bagian manajemen sumber daya manusia atau biasa disebut HRD (Human Resourcees Development). Seorang HRD, akan bertanggung jawab penuh, dalam mencari calon karyawan yang dibutuhkan oleh setiap divisi.

HRD, harus paham betul kandidat yang harus ia pilih, karena perusahaan harus mendapatkan orang yang tepat pada posisi atau jabatannya. Dengan memilih kandidat yang tepat, maka diharapkan kandidat tersebut bisa memajukan kinerja perusahaan.

Dan sebaliknya, jika seorang HRD tidak bisa memanajemen sumber daya manusia yang dipilihnya, maka sinergi perusahaan pun bisa saja malah akan menurun, dan bangkrut. Sehingga memanajemen manusia, ternyata juga sangat penting.

3. Quality Control

Pekerjaan Jurusan Teknik Industri berikutnya adalah menjadi quality control atau disingkat QC. Divisi ini bertanggung jawab atas kualitas barang yang dihasilkan oleh setiap mesin produksi, di dalam sebuah industri manufaktur. Tidak hanya bertanggung jawab terkait kualitas, QC juga bertanggung jawab memastikan agar barang-barang produksi sesuai dengan standar yang telah diterapkan sebelumnya.

Sehingga, kualitas barang tetap konsisten, dan konsumen bisa menerima produk yang sesuai dengan apa yang tertera di kemasan produk. Nah, selain itu lulusan Jurusan Teknik Industri juga biasanya dipercaya untuk menjabat sebagai quality assurance head. Dimana posisi tersebut bertanggung jawab mengatur setiap bawahannya, untuk bisa bekerja dengan efektif dan efisien.

(Baca Juga: Ini loh Kampus yang Punya Jurusan Bisnis Terbaik di Indonesia)

4. Health and Safety Environment Engineer

Prospek kerja dalam pekerjaan Jurusan Teknik Industri adalah menjadi health safety environment engineer. Dimana, jika kamu berada dalam posisi ini dituntut untuk bertanggung jawab atas keputusan yang diambil oleh perusahaan terkait, aturan dan keselamatan kerja karyawannya.

Prospek kerja HSE ini juga sanget terbuka untuk para lulusan baru atau fresh graduate, dan juga bagi yang sudah berpengalaman kerja. Tidak sendirian, HSE Engineer juga akan dibantu oleh beberapa teknisi dalam melakukan tes ujicoba dan ketika melakukan perhitungan yang berbahaya, yang perlu diketahui oleh perusahaan.

5. Purchasing, Marketing, dan Sales Engineer

Meski tidak behubungan langsung dengan pekerjaan Jurusan Teknik Industri lainnya, beberapa pekerjaan ini juga bisa ditekuni oleh lulusan TI. Pasalnya, dengan memiliki ilmu yang luas, lulusan TI juga bisa bekerja di divisi seperti marketing, purchasing, dan sales.

Nah, di divisi ini, biasanya kamu bisa bekerja di sebuah perusahaan retail, yang menjual perabotan rumah tangga atau elektronik. Pasalnya, para lulusan Teknik Industri tentunya sudah paham dengan hal-hal dasar tentang teknik, sehingga akan lebih mudah untuk memberikan pengetahuan terkait produk.

Itulah 5 deretan pekerjaan Jurusan Teknik Industri yang dipercaya memiliki prospek kerja tinggi, dan bisa menunjang karir di masa depanmu. Terlebih jika kamu memiliki jenjang pendidikan yang tinggi. Cek berbagai jenis kredit atau pinjaman dana pendidikan di Cekaja.com, untuk memudahkanmu menggapai pekerjaan impian.

 

 

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk