Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Pekerjaan Jurusan Teknik Kimia Keren untuk Kamu Anak IPA

by Kyla Damasha on 7 November, 2019

Dari namanya saja, pastinya sudah bisa menilai bahwa pekerjaan jurusan teknik kimia merupakan salah satu pekerjaan untuk para lulusan IPA. Bagi kamu yang semasa SMA nya senang dengan mata pelajaran Kimia, maka mengambil jurusan ini di bangku kuliah bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Tetapi, mungkin banyak diantara kamu yang masih sulit untuk membedakan, sebenarnya apa sih perbedaan dari teknik kimia dan kimia murni? Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jurusan teknik kimia itu sendiri beserta pekerjaan jurusan teknik kimia keren yang bisa kamu pilih ketika lulus dari Pergurusan Tinggi.

Apa itu Teknik Kimia?

Teknik kimia atau yang disebut sebagai chemical engineering merupakan sebuah ilmu untuk mempelajari pengolahan suatu bahan dari bahan mentah menjadi produk jadi atau setengah jadi yang turut mempertimbangkan aspek kebutuhan masyarakat, ekonomi, dan masih banyak lagi. Singkat kata, pekerjaan jurusan teknik kimia ialah merancang suatu proses di industri, hingga barang tersebut siap digunakan oleh konsumen di kehidupan sehari-hari.

Apa Perbedaan Teknik Kimia dan Kimia Murni?

Para lulusan dari kimia murni biasanya disebut sebagai chemist, sedangkan para lulusan dari teknik kimia disebut sebagai engineer. Nah, untuk pekerjaan, pekerjaan jurusan kimia murni akan lebih mengarah kepada peneliti, sedangkan pekerjaan jurusan teknik kimia akan lebih kepada mengembangkan penelitian yang telah dilakukan dan mengaplikasikannya di dalam skala industri yang dapat berguna di masyarakat luas untuk masa yang akan datang.

Mata Kuliah Apa yang Dipelajari?

Secara garis besar, di tahun pertama perkuliahan kamu akan mempelajari pengetahuan umum seperti kimia dasar, kimia organik, kimia analisis, mikrobiologi, hingga kimia fisika. Kemudian di tahun kedua dan seterusnya kamu akan mulai mempelajari ilmu inti dari teknik kimia itu sendiri, seperti pengendalian proses, operasi teknik kimia, teknik reaksi kimia, dan masih banyak lagi.

Selain itu kamu juga tidak akan terus menerus berada di dalam kelas melainkan melakukan praktikum di laboratorium yang tentunya akan membuatmu terbiasa menggunakan berbagai peralatan praktikum serta pengerjaan laporan yang akan sangat berguna ketika kamu sudah mulai terjun di pekerjaan jurusan teknik kimia secara langsung ketika lulus nanti.

(Baca Juga: Cek Pekerjaan Jurusan Teknik Industri Paling Dibutuhkan Saat Ini)

Universitas Terbaik untuk Jurusan Teknik Kimia

Agar bisa terjun ke pekerjaan jurusan teknik kimia yang kamu inginkan, tentu latar belakang pendidikan harus diperhatikan. Hanya saja, mungkin ada kalanya kamu menghadapi dilema mengenai universitas mana saja yang memiliki fakultas jurusan teknik kimia terbaik yang bisa mendukung karir mu di pekerjaan jurusan teknik kimia di masa yang akan datang. Perlu diketahui bahwa jurusan teknik kimia terbaik tidak hanya ada di luar negeri saja lho.

Jika kamu mencari tahu lebih dalam lagi, saat ini sudah banyak sekali universitas di Indonesia yang memiliki jurusan teknik kimia terbaik untuk kamu jadikan pilihan. Nah, bagi kamu yang masih dilema untuk memilih universitas di Indonesia dengan kualitas jurusan teknik kimia yang tak kalah baiknya dengan di luar negeri. Apa sajakah itu?

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sesuai dengan namanya, ITB memang merupakan salah satu universitas teknologi terbaik di Indonesia. Jurusan teknik kimia di dalam universitas ini berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Industri yang telah memperoleh akreditasi A.

Pada tahun 2003, program studi teknik kimia ITB membuka jalur studi untuk para mahasiswanya sehingga menjadikan program studi satu ini terdiri atas tiga jalur studi baru, yaitu TKU (Teknologi Kimia Umum), BP (Bioproses), dan TP (Teknologi Pangan) yang dimana ketiga program studi tersebut membutuhkan kemampuan dasar dari para mahasiswanya berupa pengetahuan fisika, matematika, dan biologi (khusus untuk jalur studi bioproses dan teknologi pangan).

2. Universitas Indonesia (UI)

Kualitas pengajaran di Universitas Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Bukan hanya di Indonesia, UI bahkan berhasil memasuki jajaran ke dalam 100 universitas terbaik di dunia. Perguruan tinggi yang terletak di Depok, Jawa Barat ini memiliki jurusan teknik kimia yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik.

Teknik kimia UI itu sendiri juga telah mendapatkan akreditasi A sekaligus akreditasi ASEAN University Network (AUN) pada tahun 2010. Bagi para mahasiswa yang memenuhi syarat, UI bahkan memiliki program fast track yang memungkinan para mahasiswa tersebut dapat menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 hanya dalam waktu 5 tahun saja.

3. Universitas Gadjah Madan (UGM)

Selanjutnya ada UGM yang terletak di Yogyakarta. Jurusan teknik kimia UGM juga telah memperoleh akreditasi A sekaligus mendapatkan predikat dari Institution of Chemical Engineers (IChemE). Bahkan teknik kimia UGM juga telah menghasilkan beberapa tokoh terkenal, seperti salah satunya yaitu Prof. Panut Mulyono yang juga telah menjadi Rektor di UGM itu sendiri.

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Universitas ITS terletak di Surabaya, Jawa Timur dengan program studi Teknik Kimia yang telah memperoleh akreditasi A sekaligus tersertifikasi AUN QA, lembaga sertifikasi se-ASEAN. Tidak hanya kualitas pengajaran yang baik, ITS bahkan juga telah menghasilkan banyak mahasiswa berprestasi, seperti menjadi runner-up mewakili Student Petroleum Engineer Chapter ITS di India.

Selain itu, teknik kimia ITS juga menghasilkan alumni yang berpengaruh dalam industri maupun pemerintahan, seperti salah satu contohnya yaitu Dwi Sucipto yang sempat menjadi CEO di PT Semen Indonesia dan sempat menjadi Dirut PT Pertamina.

Department Teknik Kimia ITS telah berkolaborasi dengan beberapa perusahaan, baik itu BUMN maupun Swasta, seperti diantaranya yaitu PT. Pembangkit Jawa Bali, PT Pertamina Persero, dan PT, Petrokimia Gresik.

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional Terpopuler Bergaji Tinggi)

Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Kimia

Semakin kesini, prospek pekerjaan jurusan teknik kimia sudah terbuka begitu lebarnya, tak terkecuali di Indonesia. Banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang membuka lowongan pekerjaan jurusan teknik kimia bagi para lulusan yang memiliki ilmu ini. Sehingga, bagi kamu yang tertarik dengan bidang kimia, tak perlu khawatir untuk mencari pekerjaan ketika lulus nanti.

Lalu, sebenarnya apa saja sih bidang pekerjaan jurusan teknik kimia yang dibutuhkan di Indonesia saat ini? Yuk kita cari tahu bersama-sama.

1. Industri Kosmetik

Khususnya wanita, tentu kamu sudah tahu dong bahwa industri kosmetik merupakan salah satu bidang paling berkembang untuk saat ini. Dikarenakan hal inilah, bekerja di industri kosmetik juga menjadi salah satu pekerjaan jurusan teknik kimia paling menjanjikan, bukan hanya di Indonesia melainkan juga di mancanegara.

Lulusan teknik kimia akan sangat dibutuhkan untuk memilih bahan-bahan kimia mana saja yang tepat dimasukan ke dalam suatu produk kosmetik dalam jumlah dan komposisi tertentu, hingga pada akhirnya produk kosmetik tersebut aman digunakan oleh konsumen, seperti bedak dan lipstick.

Perusahaan-perusahaan besar yang membuka lowongan untuk para lulusan teknik kimia yaitu seperti L’Oreal, Nivea, Chanel, dan masih banyak lagi.

2. Industri Minyak dan Gas

Pekerjaan jurusan teknik kimia lainnya yaitu di perusahaan minyak dan gas. Selama di perkuliahan para mahasiswa akan mempelajari proses yang melibatkan reaksi kimia, seperti termodinamika dan mekanika fluida serta kemampuan untuk mendesain proses dengan menerapkan dasar-dasar teknik kimia untuk memulihkan minyak atau gas dari reservoir.

Mungkin sudah menjadi pengetahuan umum bahwa perusahaan-perusahaan yang rela memberikan gaji paling tinggi untuk fresh graduate sebagian besar berasal dari perusahaan minyak dan gas, sehingga bekerja di perusahaan minyak dan gas bisa menjadi salah satu prospek pekerjaan jurusan teknik kimia yang cukup menjanjikan.

Tidak hanya menjanjikan, perusahaan minyak dan gas juga akan memberikanmu berbagai manfaat lho, mulai dari finansial, training, hingga jenjang karir yang jelas. Hanya saja, kamu memang membutuhkan IPK tinggi dan soft skill yang mumpuni agar bisa melamar di perusahaan-perusahaan tersebut.

Beberapa perusahaan minyak dan gas yang besar di Indonesia diantara yaitu Pertamina, Chevron, Conoco Philips dan Total.

3. Industri Pangan

Telah kita bahas diawal artikel bahwa salah satu ilmu yang akan kamu dapatkan ketika mengambil jurusan ilmu teknik kimia yaitu ilmu dalam memproses produk yang siap digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen. Dikarenakan hal itulah, industri pangan tidak boleh terlewatkan apabila kita membahas mengenai pekerjaan jurusan teknik kimia.

Tidak hanya sebatas pemprosesan makanan semata, bekerja di industri pangan kamu juga akan membutuhkan kemampuan dalam sortasi, pengawetan, dan pengemasan. Sarjaha teknik kimia sangat dibutuhkan di industri pangan ini untuk dapat memotori proses yang dilalui berbagai produk makanan yang kita temui di supermarket.

Bahkan di beberapa negara maju, teknologi pangan telah diterapkan dengan standar tinggi untuk memicu pertumbuhan industri pangan itu sendiri. Beberapa perusahaan besar industri pangan yang membutuhkan banyak lulusan teknik kimia yaitu Nutrifood, Unilever, Nestle, dan Coca Cola.

Jadi, apabila kamu tertarik untuk mengambil jurusan teknik kimia di perguruan tinggi, berbagai pekerjaan jurusan teknik kimia keren sudah siap menantimu.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda