Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pekerjaan Jurusan Teknik Metalurgi, Sedikit Peminat Namun Dibutuhkan

by Ayunindya Annistri on 6 November, 2019

Jurusan teknik metalurgi mungkin belum setenar jurusan teknik lainnya. Hal ini jelas terlihat dari daya tampung setiap universitas yang bahkan tidak melebihi 50 orang per tahunnya. Padahal, peluang pekerjaan jurusan teknik metalurgi ini banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan besar Indonesia.

Sebut saja PT Freeport Indonesia dan PT Krakatau Steel. Kedua perusahaan ini juga tak pernah absen untuk membuka lowongan pekerjaan bagi lulusan teknik metalurgi.

Rata-rata mata kuliah yang diajarkan di jurusan teknik metalurgi berhubungan dengan sifat-sifat logam serta proses pengolahannya menjadi logam yang berguna, dan memiliki nilai tinggi. Jurusan ini tersedia di beberapa universitas ternama Indonesia, mulai dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, hingga Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa.

Dengan menempuh pendidikan di jurusan teknik metalurgi, kamu berkesempatan menjadi tenaga kerja yang handal dengan bonus gaji besar. Tidak percaya? Berikut bidang pekerjaan jurusan teknik metalurgi yang menjanjikan tersebut:

1. Welding Engineer

Menjadi seorang welding engineer, berarti kamu harus memahami betul seluk-beluk tentang pengeboran dan pengelasan. Karena, pekerjaan jurusan teknik metalurgi ini bertanggung jawab penuh dalam menentukan jenis sambungan las yang akan digunakan untuk produksi.

Selain itu, seorang welding engineer juga harus mampu melakukan pengujian terhadap prototype sambungan las, apakah telah memenuhi standar internasional atau belum.

2. Ahli Pengeboran Bumi

Sekilas pekerjaan ini terlihat keren bukan? Namun faktanya, tidak semua orang mampu menjadi seorang ahli pengeboran bumi. Hal ini karena, pekerjaan tersebut memiliki risiko kecelakaan yang cukup besar, jika para pekerja tidak memiliki ketangkasan dan kontrol tubuh yang baik.

Namun, hal tersebut jelas sebanding dengan gaji yang akan diterima. Karena biasanya, seorang staf ahli pengeboran bumi bakal menerima gaji sekitar Rp 4 juta sampai Rp 7 juta rupiah per bulan.

3. Analis Kontrol Kualitas

Tugas utama dari seorang analis kontrol kualitas adalah menganalisa dan menguji produk, baik yang masih berbentuk bahan mentah, maupun produk jadi. Jadi, dapat dikatakan suatu produk baru bisa dipasarkan bila telah memenuhi standar dari tim analis kontrol kualitas.

Bidang pekerjaan jurusan teknik metalurgi ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan ternama Indonesia, apalagi jika kamu memiliki kemampuan yang mumpuni. Bisa jadi perbulannya, kamu mendapatkan gaji kisaran Rp 5 juta lebih.

4. Ahli Teknik Industri 

Dengan memiliki pemahaman lebih seputar mekanis, rekayasa, teknologi, serta pengolahan dan produksi, kamu juga bisa menjadi seorang ahli teknik industri. Pekerjaan ini tidak hanya diperuntukan bagi lulusan teknik industri saja, namun juga untuk lulusan teknik metalurgi maupun teknik otomasi manufaktur dan mekatronika.

(Baca Juga: 5 Pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Berpeluang Tinggi, Gaji Mumpuni)

5. Tenaga Pengajar

Pekerjaan jurusan teknik metalurgi berikutnya adalah dosen. Profesi ini sangat tepat dilakoni bagi kamu yang telah bergelar magister ataupun doktor.

Seorang dosen biasanya wajib melakukan riset atau penelitian sebagai bentuk kontribusinya dalam bidang akademik. Tak tanggung-tanggung, untuk satu kali penelitian, dosen akan menerima dana insentif sekitar Rp 10 juta keatas.

6. Manajer Produksi Industri 

Seorang manajer produksi industri bertanggung jawab penuh dalam mengatur dan mengawasi kegiatan produksi sehari-sehari. Pekerjaan yang satu ini membutuhkan beberapa kemampuan khusus, meliputi problem solving, cakap dalam berkomunikasi, dan responsibility.

7. Ahli Teknik Material 

Pekerjaan jurusan teknik metalurgi selanjutnya yang bisa kamu cobai adalah ahli teknik material. Tugasnya sendiri adalah membuat perencanaan produk, melakukan pengujian terhadap bahan baku ataupun produk jadi, dan menganalisa kegagalan produk guna menentukan solusi yang tepat.

Untuk menjadi ahli teknik material, kamu harus menguasai ilmu-ilmu dasar seperti fisika, kimia, matematika, rekayasa teknologi, serta produksi dan pengolahan.

8. Ahli Tambang dan Geologi

Ahli tambang geologi merupakan pekerjaan yang sehari-harinya melakukan survei terhadap pembangunan tambang potensial. Selain itu, mereka juga dituntut untuk mampu melaksanakan program keselamatan tambang serta mengoperasikan pertambangan bawah tanah.

Pekerjaan jurusan teknik metalurgi ini juga cukup menyita risiko, terutama menyangkut keselamatan pekerja. Maka dari itu, dibutuhkan keterampilan yang mumpuni, mulai dari tanggap dalam mengambil keputusan hingga mahir saat menganalisa risiko.

Soal gaji, tak perlu khawatir. Karena setiap bulannya kamu bisa menerima sekitar Rp 5 juta sampai Rp 7 juta. Jika dikalkulasikan selama setahun, maka total pendapatan yang kamu miliki berkisar Rp 60 juta lebih.

Apabila keterampilan yang kamu miliki terus diasah, bukan tak mungkin setelah lulus nanti, kamu bisa dengan mudahnya menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion mu dan bonusnya lagi mendapatkan gaji besar. Jadi, sudah tidak ragu lagi bukan untuk memilih jurusan teknik metalurgi?

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau