Pekerjaan Menjanjikan untuk Kamu Si Pencinta Buku

2 min. membaca Oleh CekAja on

Meski teknologi semakin canggih, semua yang ingin kita baca sudah tersedia di internet, buku fisik tetap tidak tergantikan. Sejak duduk di bangku sekolah, kita dijarkan untuk mencintai buku karena buku merupakan jendela dunia. Tak perlu khawatir ketinggalan zaman karena buku tak lekang termakan zaman.

Nah bagi kamu pencinta buku dan ingin bekerja di bidang yang tak jauh dari kegemaranmu ini, beberapa profesi menjanjikan berikut bisa kamu jajal. Tak hanya bisa menyalurkan hobi, kamu pun menghasilkan uang yang lumayan.

1. Blogger

Aktivitas nge-blog bukan sekedar hobi menuangkan pikiran atau numpang curhat di internet. Tak sedikit lho orang yang jadi kaya dan terkenal dari nge-blog. Salah satunya adalah Michael Arrington yang memiliki pendapatan senilai US$500 ribu hingga US$800 ribu per bulannya. Uang tersebut didapatkannya dari nge-blog soal teknologi diTechCrunch, sebuah blog teknologi. Kalau di Indonesia ada Raditya Dika yang namanya terkenal sejak berbagi pengalaman kocak selama kuliah di Australia dalam blog Kambing Jantan.

(Baca juga: 5 Pekerjaan Keren Buat Kamu Lulusan Sastra dan Bahasa Asing)

2. Book Reviewer

Ya, menulis ringkasan buku memang terkesan sepele. Tapi ternyata tidak mudah lho. Selain karena harus paham isi buku secara keseluruhan, kamu harus menceritakan inti buku secara ringkas menggunakan kata-kata yang tepat. Hingga akhirnya, orang yang membaca ringkasanmu tertarik untuk membeli buku tersebut. Bagaimana agar profesi ini menghasilkan? Kamu bisa mengirim hasil ringkasan ke koran atau majalah yang punya kolom rekomendasi buku.

3. Book Scout

Book Scout atau book hunter biasanya bekerja pada agen, penerbit, atau studio film. Mereka terbang dari satu festival buku ke festival buku lain di seluruh dunia untuk mencari-cari buku terbaik yang akan diterjemahkan dan diterbitkan dalam bahasa asing untuk pasar luar negeri. Jika kamu melihat buku karya pengarang Indonesia yang diterbitkan dalam berbagai edisi bahasa asing, itulah hasil buruan para book scout dari penerbit asing. Para book scout juga bekerja untuk studio film untuk mencari buku yang ceritanya bisa diangkat ke layar kaca.

4. Editor

Kalau kamu termasuk yang ‘gatal’ melihat typo (salah ketik), khatam dalam penggunaan tanda baca, dan punya mata setajam elang dalam membedakan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), maka kamu cocok menjadi editor. Editor bertugas mengoreksi kalimat, memberikan sentuhan menarik, menjaga konsistensi gaya penulisan, mengatur layout, hingga memeriksa isi buku secara akurat. Tentu saja inti dari pekerjaan ini adalah membaca buku.

(Baca juga: Begini Caranya Mengolah Hobi Kamu Menjadi Uang)

5. Pustakawan

Menjadi pustakawan tidak hanya sekedar duduk di pojok perpustakaan dan mengurusi segala urusan adminstratif dan kartu pinjaman. Para pustakawan merupakan tenaga kerja profesional dalam bidang pengelola perpustakaan yang menjadikan perpustakaan sebagai objek kajiannya, mulai dari kegiatan teknisi perpustakaan, manajemen perpustakaan, bahkan aplikasi teknologi informasi yang berkaitan dengan buku. Para pustakawan ini juga turut andil dalam menentukan penghargaan bagi pengarang-pengarang setiap tahunnya.

6. Korektor

Meski banyak editor yang juga merangkap sebagai korektor dan juga sebaliknya, korektor sebenarnya berbeda dengan editor. Jika editor lebih fokus dalan menjaga konsistensi gaya dan struktur penulisan, para korektor ini memeriksa kesalahan pada draft terakhir naskah sebelum diterbitkan. Ini termasuk membetulkan typo, memeriksa spasi, dan kemungkinan kesalahan cetak.

Tentang kami

CekAja

CekAja