Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Pekerjaan Pertama yang digeluti Orang-orang Terkaya di Dunia

by Ariesta on 17 Juli, 2017

pekerjaan pertama miliarder _ investasi - CekAja.com

Tak sedikit orang kaya yang membangun bisnisnya dari nol. Tidak heran bila beberapa miliarder dunia berikut ini bahkan harus menjajal segala macam pekerjaan sebelum akhirnya sukses membangun bisnis sendiri.

Oleh karenanya tak mengherankan kalau pekerjaan pertama beberapa miliarder dunia yang membangun bisnisnya sendiri ini ternyata hanya pekerjaan kecil yang sering dipandang rendah.

Bahkan, mereka rela dibayar dengan upah murah. Namun pekerjaan pertama mereka ini dijadikan sebagai pembelajaran dan lahan mencari pengalaman. Karena dari sanalah jalan menjadi orang terkaya terbuka lebar. Siapa saja orang-orang tersebut? Berikut adalah daftarnya;

Jack Ma

Jack Ma Alibaba Raup Miliaran Dollar - CekAja.com

Jack Ma dilahirkan di keluarga dengan ekonomi pas-pasan, namun keinginannya untuk belajar bahasa Inggris sangat tinggi. Di usia 12 tahun, Jack mulai menjajal pekerjaan pertamanya sebagai pemandu wisata di sebuah hotel di dekat Danau Hangzhou. Dia melakukannya secara-cuma. Tujuannya bukan untuk dibayar, melainkan melatih percakapan bahasa Inggris.

Waktu itu China memang mulai membuka diri sehingga banyak turis yang datang ke sana.  Dia kemudian berteman dengan anak Australia yang memberinya nama panggilan Jack. Saat ini Jack Ma merupakan miliarder China dengan kekayaan mencapai US$35,3 miliar.

 

Amancio Ortega

Amancio Ortega, pemilik label pakain ZARA lahir di sebuah desa kecil di sebuah keluarga yang serba kekurangan. Rumahnya berada di dekat jalur kereta apa karena ayahnya bekerja di sana. Sedangkan ibungan bekerja sebagai pembantu rumah rangga. Saking miskinnya, ibunya sering memohon pinjaman uang pada pemilik toko.

Demi membantu perekonomian keluarga, Ortega memutuskan untuk berhenti sekolah di usia 14 tahun. Pekerjaan pertamanya adalah sebagai pramuniaga di toko pakaian Gala. Di sinilah pertama kalinya dia belajar membuat pakaian. Berbekal kemampuannya membuat pakaian, ZARA menjadi perusahaan retail pakaian terbesar di dunia. Saat ini kekayaan Ortega mencapai US$71,3 miliar.

Bill Gates

bill gates - CekAja.com

Kedudukan Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia belum tergeser selama empat tahun berturut-turut. Penasaran dengan pekerjaan pertama orang terkaya di dunia ini? Ternyata pekerjaan pertamanya tidak jauh-jauh dari bidang komputer.

Gates bekerja sebagai karyawan magang programmer perangkat lunak di sebuah perusahaan pemerintah. Saat itu usianya masih 14 tahun. Dan lucunya, semua teman kantornya menyangkanya berumur 12 tahun karena tampangnya yang seperti anak-anak. Gates bekerja keras selama 18 jam sehari. Sekarang kekayaan Gates mencapai US$86 miliar.

 

Warren Buffet

Warren Buffet merupakan investor terkaya di dunia. Masa kecil Warren Buffet dipenuhi oleh kerja sambilan dan bisnis kecil-kecilan. Orang nomor tiga di dunia ini pertama kali bekerja di toko kelontong milik ayahnya. Sambil menjaga toko, dia juga menjual permen karet, botol coca cola, dan majalah mingguan dari pintu ke pintu.

Sewaktu duduk di bangku SMA, Buffet menghasilkan uang dengan menjadi tukang koran, jualan bola golf, dan jualan cap. Hasilnya sebagai modal membeli mesin pin ball dan saham. Hasil kerja kerasnya ini kini bernilai US73,3 miliar.

 

Jeff Bezos

Jeff Bezos sudah menunjukkan kecerdasan sejak kecil. Saat balita, dia bisa membongkar boks bayi menggunakan obeng karena dia ingin tidur di kasur sungguhan. Kemudian saat masih anak-anak, dia juga pernah membuat alarm elektrik untuk memberi sinyal jika saudaranya masuk ke kamar. Bezos yang jenius kemudian mendapatkan gelar sarjana ilmu komputer dari Princeton.

Namun pekerjaan pertamanya tidak berkaitan dengan komputer. Pria yang kini memiliki kekayaan US$85 miliar ini justru memulainya dari balik panggangan burger di McDonald. Saat itu Bezos masih remaja dan butuh uang saku tambahan selama liburan musim panas. 

Mark Zuckerberg

mark zuckerberg-CekAja.com

Siapa yang tidak kenal dengan Mark Zuckerberg? Saat ini dia merupakan anak muda di bawah 40 tahun yang masuk ke 10 besar orang terkaya di dunia. Hampir sama dengan Bill Gates, pekerjaan pertama Mark juga berkaitan dengan teknologi dan komputer.

Saat masih duduk di bangku SMA, Mark bekerja di perusahaan Intelligent Media Group untuk membuat aplikasi pemutar musik bernama Synapse Media Player. Aplikasi ini bekerja dengan mempelajari kebiasaan dan selera musik dari penggunanya. Saat ini total kekayaan Mark Zuckerberg mencapai US$63,7 miliar.

Setelah menyimak miliarder dengan pekerjaan pertama mereka, bisa ditarik kesimpulan jika mereka sudah mulai bekerja sejak remaja bahkan anak-anak. Bukan tentang besar atau kecilnya penghasilan, tapi lebih kepada pengalaman dan pelajaran yang didapakan.

Tentang Penulis