Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pekerjaan Tanpa Ngantor: Dari Wartawan Sampai Freelancer, Cek Yuk!

by Miftahul Khoer on 11 Juli, 2019

Menjalani pekerjaan tanpa harus ngantor seharian terdengar menyenangkan ya? Karena berada di kantor dari pagi hingga sore bagi sebagian orang bisa jadi hal yang membosankan.

pekerjaan tanpa ngantor

Bagi mereka, rasanya lebih ‘merdeka’ berada di ‘jalanan’ atau di luar kantor dengan alasan bisa terhindar dari kesumpekan suasana kantor. Nah, berikut ini kami akan sedikit mengulas jenis-jenis pekerjaan yang gak mengharuskan kamu harus ngantor seharian.

Mungkin profesi-profesi ini bisa jadi pekerjaan impian kamu yang gak terlalu tertarik berada di kantor seharian. Kuy langsung cek aja.

Kurir logistik

Perusahaan-perusahaan logistik saat ini semakin berkembang. Maklum, sejak ramainya bisnis online, marketplace, dan hal-hal berbau dagang via online telah menjadikan bisnis logistik kian moncer dan semakin banyak.

Inilah yang menjadi salah satu alasan perusahaan-perusahaan logistik terus membuka lowongan kerja untuk posisi kurir. Supply dan demand bisnis di sektor logistik yang tinggi menjadikan posisi kurir logistik terus dibutuhkan.

Profesi sebagai kurir logistik sebagian besar memang bertugas di lapangan yakni mengirim dan mengambil barang atau dokumen dari konsumen. Tentu pekerjaan ini akan menghabiskan waktu di luar kantor. Bagi yang suka pekerjaan di lapangan seperti ini, mungkin kurir logistik bisa jadi salah satu pekerjaan yang cocok kamu geluti. Jangan khawatir soal jenjang karier. Semakin kerja kamu bagus, maka semakin mudah karier kamu naik dan dipecaya atasan.

(Baca juga: Ini Alasan Tepat untuk Segera Keluar dari Pekerjaan!)
Wartawan

Salah satu profesi yang banyak diburu oleh kalangan milenial saat ini adalah wartawan atau jurnalis. Ini bisa terlihat dari jumlah mahasiswa jurusan jurnalistik di kampus-kampus yang tetap banyak peminatnya, juga antrean lamaran menjadi wartawan di berbagai media.

Menjalani pekerjaan ini artinya kamu bisa melewati hari-hari tanpa harus ngantor seharian. Menjadi jurnalis mungkin dianggap profesi yang cukup menyenangkan karena bisa bertemu orang-orang penting, mewawancarainya, jalan-jalan ke berbagai tempat, hingga memperoleh informasi penting lebih cepat ketimbang orang lain.

Hampir sebagian besar kerja jurnalis memang di lapangan atau di luar kantor. Jurnalis bertugas untuk melakukan peliputan hingga pelaporan yang dikirimkan ke kantor redaksi. Sebagian besar pihak perusahaan membebaskan jurnalisnya untuk melaporkan hasil peliputan di lapangan atau tak harus datang ke kantor. Namun, sebagian lain masih ada yang harus melaporkan hasil peliputannya di kantor.

Nah, buat kamu yang menyenangi kerja non kantoran, kamu bisa mencoba menjadi jurnalis. Saat ini cukup banyak media-media yang setiap waktunya membuka lowongan pekerjaan jurnalis baik untuk ditempatkan di Jakarta atau di daerah.

Ojol/taksol

Sejak booming kehadiran ojek online dan taksi online alias ojol dan taksol, gak sedikit karyawan tertentu di perusahaan yang rela resign dan memilih untuk berprofesi sebagai ojol dan taksol. Mereka menganggap saat itu penghasilan dari profesi baru ini lebih besar ketimbang gaji sebagai karyawan. Tak hanya itu, mereka juga menilai kerja sebagai ojol dan taksol jauh lebih fleksibel karena tak harus masuk ruangan atau kantor.

Jika menjadi karyawan mengharuskan kamu berangkat kerja mulai dari jam tujuh pagi dan pulang jam empat sore, maka jam kerja ini gak berlaku bagi ojol dan taksol. Sebaliknya, para pengemudi ojol dan taksol bisa berangkat bekerja kapan saja mau pagi, siang atau sore. Bahkan, mereka sering mengaku lebih santai menjalani profesi sebagai ojol dan taksol ketimbang menjadi karyawan.

Untuk urusan penghasilan, besarannya memang tergantung kinerja para pengemudi. Semakin rajin ‘ngangkut penumpang’ semakin besar penghasilannya. Berbeda dengan karyawan, yang setiap bulan dipastikan memperoleh gaji dengan nominal yang sama.

(Baca juga: Ini 5 Jenis Pekerjaan Berisiko Tinggi dan Penghasilannya)
Freelancer

Dari sekian banyak jenis pekerjaan yang tidak mengharuskan ngantor salah satunya adalah freelancer atau pekerja paruh waktu. Pekerjaan ini bisa dari berbagai profesi seperti penulis, editor, fotografer, videografer, hingga desainer. Artinya, profesi ini bekerja untuk perusahaan, perorangan atau klien yang pekerjaannya bisa dilakukan di mana saja tanpa harus berada di kantor milik klien.

Untuk menjadi freelancer, tentu kamu harus menguasai kemampuan di bidang tertentu. Karena kemampuan tersebutlah yang dibutuhkan oleh klien. Dengan demikian, jika kamu tertarik untuk bekerja tanpa harus ngantor, kamu bisa pilih profesi sebagai freelancer.

Nah, itulah beberapa jenis pekerjaan yang bisa dijalani tanpa harus ngantor seharian. Mungkin profesi-profesi di atas bisa jadi referensi kamu ketika suatu saat nanti kamu butuh pekerjaan yang bisa dilakoni tanpa harus ngantor seharian. 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.