Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert dan Ekstrovert, Kamu yang Mana?

4 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Pekerjaan yang cocok untuk introvert dan ekstrovert sebetulnya bisa dilihat dari karakter paling menonjol yang dimiliki. Sebab keduanya memiliki keunggulan masing-masing dan tak jarang berlawanan.

pekerjaan yang cocok untuk introvert dan ekstrovert

Introvert dan ekstrovert adalah dua karakter berbeda yang tentu saja dimiliki tiap manusia. Keduanya dianggap memiliki peranan penting dalam kehidupan.

Contoh kecilnya dalam bidang pekerjaan, dimana seorang introvert cenderung pemalu dan menyukai keheningan saat bekerja. Berbeda halnya dengan ekstrovert yang justru senang bersosialisasi dan penuh energik.

Namun, baik introvert dan ekstrovert, mereka layak mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya.  Bahkan, jika ditekuni terus-menerus, bukan tak mungkin dua karakter berbeda ini meraih kesuksesan dalam pekerjaan yang mereka jalani.

Bagaimana Mengetahui Ciri Introvert dan Ekstrovert?

Apakah kamu termasuk introvert? atau bahkan ekstrovert? Jika masih bingung akan keduanya, kamu perlu mengetahui terlebih dulu ciri dari dua karakter ini, sebelum nantinya memutuskan pekerjaan yang cocok untuk introvert dan ekstrovert yang sesuai dengan karakter kamu.

Melabeli diri sebagai ‘introvert’ atau ‘ekstrovert’ sebetulnya enggak masalah. Namun sayangnya, tidak semua orang memahami istilah dari dua karakter tersebut.

Secara garis besar, seorang introvert itu adalah orang yang menyenangi keheningan karena bersosialisasi dengan banyak orang bukanlah keahliannya. Mereka justru lebih tentram saat berada di rumah sembari menghabiskan waktu luang.

Bisa dikatakan orang yang berkarakter introvert lebih mandiri sebab mereka merasa mampu mengerjakan seluruh pekerjaan sendiri. Ini juga yang membuat seorang introvert terkadang dianggap individualis oleh rekan kerjanya. Karena memang dengan bekerja sendiri, mereka bisa lebih produktif dalam menghasilkan suatu karya.

Berbeda dari introvert, seseorang yang memiliki karakter ekstrovert justru menyenangi keramaian. Dengan keramaian, mereka merasa lebih tentram dan punya power untuk menunjukkan siapa diri mereka sebenarnya.

Bahkan terkadang, seorang ekstrovert bisa lupa waktu saat asyik berbincang dengan teman-temannya. Mereka baru bisa dikatakan produktif saat mengerjakan suatu hal di tempat terbuka.

Seorang ekstrovert bisa sangat bersedih, bila tidak dilibatkan dalam suatu proyek besar yang dikerjakan oleh banyak orang.

(Baca Juga: 8 Tipe Kepribadian Introvert Menurut MBTI. Kamu yang Mana?)

Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Agar memudahkan kamu dalam mengetahui pekerjaan yang cocok untuk introvert dan ekstrovert, CekAja bakal membagi pembahasannya menjadi dua sub-bab. Dan pertama yang bakal kita bahas adalah pekerjaan yang cocok untuk introvert. Berikut ulasannya.

  • Private Chef

Karena seorang introvert senang menghabiskan waktu produktifnya di rumah, maka pekerjaan yang cocok untuk karakter ini adalah private chef.

Bekerja sebagai private chef memungkinkan kamu untuk mengembangkan skill yang dimiliki tanpa merasa terganggu dengan suasana ramai seperti bekerja di kantoran.

  • Akuntan

Siapa bilang orang introvert tidak bisa bekerja di kantor? Justru dengan sifat pendiamnya ini, banyak perusahaan mencari seseorang yang cenderung berkarakter introvert untuk mengisi posisi sebagai akuntan.

Ini merupakan pekerjaan yang cocok untuk introvert sebab membutuhkan konsentrasi tinggi saat mengolah angka-angka menjadi bentuk laporan finansial yang benar.

  • Desainer Grafis

Pekerjaan yang cocok untuk introvert selanjutnya adalah desainer grafis. Pekerjaan ini membutuhkan seseorang yang punya daya imajinasi tinggi untuk menghasilkan gambar berkualitas.

Karakter introvert sangat cocok untuk bekerja sebagai desainer grafis karena mereka memiliki daya imajinasi yang tinggi dan cenderung membutuhkan ketenangan saat bekerja.

  • Penulis

Sudah menjadi rahasia umum bila seorang introvert itu jarang sekali menceritakan siapa diri mereka dan hal apa saja yang mereka lewati dalam hidup kepada orang baru.

Mereka lebih nyaman menceritakan kisah hidup mereka kepada orang yang benar-benar dekat atau bahkan menulisnya dalam buku harian. Oleh karenanya, pekerjaan yang cocok untuk introvert adalah sebagai penulis.

Pekerjaan yang Cocok untuk Ekstrovert

Mengingat karakter ini sangat senang berada dalam keramaian, maka pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert jelas saja yang berhubungan dengan sosialisasi atau bertemu banyak orang.

  • Master of Ceremony

Karakternya yang easy going membuat para ekstrovert cocok menekuni bidang master of ceremony atau MC. Ini merupakan pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert karena mereka enggak malu untuk berbicara di depan umum.

  • Event Planner

Menjadi event planner berarti kamu bakal bertemu banyak orang yang menjadi klienmu. Mulai dari mengatur meeting, negosiasi kontrak dengan klien, bertemu vendor, hingga mengeksekusi jalannya event.

Ini juga termasuk pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert, dimana kamu dituntut untuk aktif berbicara dan mengatur strategi agar event berjalan sesuai rencana.

  • Marketing

Untuk menekuni bidang marketing, dibutuhkan seseorang yang punya keahlian dalam berkomunikasi. Ini dimaksudkan agar konsumen tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan pihak marketing.

Jika kamu termasuk ekstrovert, pekerjaan sebagai marketing ini bisa kamu tekuni. Bahkan tak jarang seorang marketing profesional mendapat gaji tinggi karena berhasil memasarkan produk lebih dari ekspektasi perusahaan.

  • Wartawan

Pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert selanjutnya adalah sebagai wartawan. Pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk memiliki wawasan yang luas dengan kemampuan komunikasi mumpuni. Setiap harinya kamu bakal bertemu banyak narasumber dan mencari berita ke sana ke mari.

(Baca Juga: Menjadi Freelance atau Karyawan Kantoran? Ini Perbandingannya!)

Selain Introvert dan Ekstrovert, Ada Pula Ambivert

Nyatanya tidak hanya introvert dan ekstrovert saja yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui karakter seseorang. Sebab ada pula ambivert yang merupakan karakter tengah.

Karakter tengah ini maksudnya adalah penggabungan dua karakter utama yaitu introvert dan ekstrovert. Karena faktanya tidak semua orang benar-benar condong memiliki karakter introvert atau ekstrovert.

Lewat karakter ambivert ini pula, seseorang bisa mengetahui pekerjaan yang cocok untuk introvert dan ekstrovert mana yang sesuai dengan mereka. Mengingat karakter ini merupakan hasil perpaduan dari dua karakter utama.

Seorang ambivert bisa begitu bersemangat saat bertemu orang-orang dalam lingkungan pekerjaannya. Namun mereka juga menyenangi keheningan saat bekerja, karena kondisi seperti ini memungkinkan ia untuk lebih fokus.

Mereka adalah orang yang fleksibel saat berteman, terkadang dapat diandalkan untuk menjadi pendengar cerita atau bahkan memulai topik pembahasan dalam kelompok.

Jadi, kamu termasuk tim introvert, ekstrovert, atau ambivert?

Dapatkan beragam informasi menarik lainnya seputar gaya hidup, strategi mengelola keuangan, dan cara memilih produk finansial hanya di CekAja.com. Di situs ini, kamu juga bisa mengajukan pembuatan kartu kredit hingga asuransi untuk mendampingi kehidupan finansial kamu.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri