Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Peluang Bisnis Dalgona Coffee, Minuman Kekinian Akibat Social Distancing

by Ayunindya Annistri on 9 April, 2020

Peluang bisnis dalgona coffee mungkin layak diperhitungkan setelah menjadi trending di berbagai media sosial, akibat kebijakan social distancing saat ini. Namun untuk mencoba bisnis tersebut perlu persiapan yang matang. Mengingat segala hal yang viral belum tentu akan bertahan dalam jangka waktu lama.

Peluang Bisnis Dalgona Coffee

Sebelumnya dalgona coffee telah dulu populer di Korea Selatan berkat social distance yang berlaku ditengah pandemi virus corona alias Covid-19. Kopi viral ini tercipta karena sebagian besar anak muda di sana ingin mengurangi rasa frustasi akibat hanya berdiam diri di rumah saja.

Di Indonesia sendiri, setidaknya sudah lebih dari satu minggu, dalgona coffee challenge ramai dicoba oleh masyarakat. Mereka bahkan mengupload hasil karyanya di berbagai sosial media seperti Instagram dan Twitter.

Enggak cuma itu saja, bahkan sebagian netizen melakukan modifikasi resep agar kopi kekinian tersebut memiliki cita rasa berbeda dari sebelumnya.

Asal-usul Dalgona Coffee

Di beberapa negara seperti India dan Pakistan, dalgona coffee dikenal sebagai whipped coffee, karena bentuknya yang mengental pada bagian atas layaknya whipped cream.

Sementara di Korea Selatan, tempat kopi tersebut viral untuk pertama kalinya, nama dalgona diambil karena cita rasanya yang hampir serupa dengan permen dalgona.

Permen ini dibuat hanya dengan dua bahan saja, gula dan soda kue. Bentuknya sendiri menyerupai lollipop namun lebih bervariasi, ada yang berbentuk hati dan juga bintang.

Tapi karena aturan social distance yang tengah berlaku di negri ginseng itu, anak muda di sana pun turut mengembangkan resep dalgona permen menjadi minuman enak yang justru viral di berbagai belahan dunia, termasuk juga Indonesia.

Cara Membuat Dalgona Coffee

Cara membuat dalgona coffee cukup mudah dan hampir serupa dengan saat membuat olahan permen dalgona. Kamu hanya membutuhkan satu sachet kopi instan, gula sebanyak dua sendok makan, air panas dua sendok makan, 400 ml susu UHT, dan kesabaran ekstra untuk mengaduk secara manual jika tidak memiliki mixer.

Kemudian campurkan kopi, gula, dan air panas ke dalam satu wadah dan kocok perlahan. Ketiga bahan ini harus memiliki takaran yang pas, terlebih ketika menuangkan air. Jangan sampai terlalu sedikit air atau justru kebanyakan, bila enggak ingin adonan kopi menjadi encer.

Selesai dikocok, siapkan satu gelas berisi susu UHT dan es batu sesuai selera. Lalu taruh adonan tadi di atas susu sebagai foam pelengkap. Dan, dalgona coffee ala rumahan siap kamu nikmati ditemani kudapan manis dikala social distance saat ini.

Peluang Bisnis Dalgona Coffee, Worth It Kah?

Jika dilihat dari kacamata bisnis, mungkin hampir sebagian besar pengusaha pemula merasa tergiur akan peluang bisnis dalgona coffee. Hal ini sangat wajar, mengingat popularitasnya yang tengah melejit di kalangan masyarakat.

Namun agaknya untuk mempertahankan bisnis tersebut cukup sulit, sebab tidak semua yang viral dapat bertahan lama. Sebagai contoh, bisnis kue cubit. Kue berukuran kecil dengan berbagai toping manis ini dulu sempat ngetren di kalangan pecinta kuliner.

Banyak orang yang akhirnya kepincut untuk menjadi pedagang kue cubit yang sukses. Tapi, selang beberapa tahun setelah kemunculannya, ada lagi inovasi baru yakni mango sticky rice dan es kepal milo, yang akhirnya membuat tren kue cubit semakin meredup hingga sekarang.

Meski begitu, bukan berarti semua hal yang viral enggak bisa sukses loh. Karena hal ini telah dibuktikan oleh para pebisnis kopi kekinian, mulai dari gerai Kopi Kenangan, Kopi Soe, hingga Kopi Janji Jiwa.

Ketiganya bahkan masih bertahan sampai saat ini meski ditengah kemunculan kedai kopi kekinian yang lain.

Untuk itu, bila ditanya seberapa besar peluang bisnis dalgona coffee, mungkin jawabannya cukup besar tapi harus dengan strategi bisnis yang tepat dan matang.

Jika tidak, bukan enggak mungkin bila bisnis ini merugi di kemudian hari akibat tak mampu bersaing dengan kedai kopi kekinian lainnya, termasuk dari segi inovasi resep maupun pemasaran produk.

(Baca Juga: Pinjaman Modal Untuk Franchise Kopi Janji Jiwa, Simak Baik-baik)
Cara Memanfaatkan Peluang Bisnis Dalgona Coffee dengan Baik

Peluang bisnis dalgona coffee memang menggiurkan. Tapi untuk benar-benar terjun ke bisnis ini setidaknya kamu harus memiliki strategi yang matang dan juga modal usaha.

Tanpa dua hal tersebut bagaimana mungkin kamu bisa membuka bisnis dalgona coffee dan bersaing dengan kompetitor serupa? Maka dari itu, CekAja bakal membahas satu persatu secara terperinci mengenai cara memanfaatkan peluang bisnis dalgona coffee, dimulai dari strategi yang bakal digunakan.

Sebuah strategi umumnya dipakai untuk mencapai goals yang telah dibuat oleh pebisnis. Tujuannya sendiri bisa berupa pembukaan gerai di berbagai wilayah atau dalam bentuk nominal uang.

Makanya jangan heran bila banyak pebisnis pemula selalu bermain aman dalam menerapkan strategi yang dibuat. Hal ini tentu saja untuk meminimalisir segala kerugian yang mungkin terjadi di masa awal bisnis.

Strategi yang digunakan dalam memanfaatkan peluang bisnis dalgona coffee sebetulnya enggak jauh berbeda dengan strategi kedai kopi kekinian yang lain. Dimana kamu harus menyiapkan sebuah business plan, termasuk didalamnya target market, pemilihan supplier berkualitas, lokasi yang strategis, hingga memahami arus perputaran uang.

Apabila hal tersebut telah dipersiapkan dengan matang, selanjutnya kamu tinggal melakukan eksekusi bisnis dengan modal usaha yang dimiliki. Namun sebelum itu, perhitungkan dulu seberapa besar biaya yang bakal kamu keluarkan.

Jika ditinjau dari bahan-bahan dalgona coffe, setidaknya modal awal yang kamu pakai hanya sekitar Rp5 juta saja. Modal ini belum termasuk menyewa sebuah kedai kecil.

Karena sebaiknya peluang bisnis dalgona coffee dimanfaatkan dengan cara membukanya secara rumahan terlebih dahulu. Kemudian manfaatkan ‘the power of social media’ sebagai bagian dari promosimu.

Bila mendapatkan banyak respon positif dari konsumen, selanjutnya kamu bisa mulai memperkenalkan produkmu itu dengan menjadi mitra Go Food dan Grab Food.

Karena akan ada banyak keuntungan bagi kamu ketika menjalani kemitraan dengan dua layanan tersebut. Beberapa diantaranya seperti:

  • Cakupan yang luas dalam menjangkau pelanggan
  • Jam buka yang fleksibel
  • Sistem bagi hasil yang transparan
  • Mudah dalam mengatur layanan, termasuk menyebarkan info promo dan harga produk
  • Transaksi aman karena menggunakan metode cashless

Ingat, setelah dua hal di atas terpenuhi, selalu upgrade menu yang kamu miliki agar daya beli konsumen terus mengalami peningkatan. Jangan hanya menjual satu produk dalgona coffee saja. Karena semua orang pun bisa membuat minuman ini hanya dengan memanfaatkan kopi instan, gula, dan susu.

Pinjaman Cepat Bersama JULO

Ingin mencoba membuat dalgona coffee dengan peralatan barista professional tanpa keluar banyak dana di awal? Solusinya gunakan pinjaman dana JULO.

Platform ini memudahkan kamu buat membeli peralatan dalgona coffee untuk ke jenjang bisnis, di merchant pilihan dengan maksimal pinjaman hingga 15 juta. Hebat nya, proses pencairan dana nya cukup 1-2 hari kerja saja. Yuk, segera ajukan pinjaman mu di JULO.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau