7 Peluang Bisnis di Dunia Musik Saat Masa Pandemi

Di masa pandemi Covid-19, memilih jenis bisnis harus lebih jeli dan dipersiapkan dengan matang. Demikian pula untuk kamu yang sedang mencari peluang bisnis di dunia musik. Berikut beberapa rekomendasi bisnis yang bisa kamu lakoni.

7 Peluang Bisnis di Dunia Musik Saat Masa Pandemi

Pandemic Covid-19 sejak setahun lalu meruntuhkan perekonomian banyak negara. Masyarakat dunia yang biasanya bebas bepergian, kini harus lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah untuk menekan angka penularan virus.

Akibatnya, banyak bisnis yang sepi konsumen dan harus merugi bahkan terpaksa gulung tikar.

Seiring dengan berjalannya waktu, era new normal atau keterpaksaan untuk hidup berdampingan dengan virus akhirnya diberlakukan. Banyak bisnis kembali bangkit, karena dibukanya pusat keramaian yang menerapkan protokol kesehatan.

Maka dari itu, banyak orang yang gencar mencari celah atau peluang bisnis untuk meraih keuntungan.

Bagi sebagian orang, menggeluti bisnis harus disesuaikan dengan bidang yang disukai. Dengan begitu, bisnis akan lebih mudah dijalani karena kamu memahami dunia tersebut. Ada beragam bidang yang bisa dipilih, mulai dari bisnis bidang properti, bisnis sembako, bisnis kecantikan, bisnis fashion, hingga bisnis di bidang musik.

Musik adalah salah satu bidang kerja seni yang sering kali dianggap remeh. Di masa pandemi, kegiatan di bidang musik memang dibatasi, khususnya kegiatan yang memicu adanya perkumpulan atau keramaian. Namun, bukan berarti peluang bisnis di dunia musik benar-benar tertutup.

Tips Tekuni Bisnis di Dunia Musik

Agar peluang bisnis di dunia musik bisa direalisasikan dengan baik dan menguntungkan, kamu bisa mencoba menerapkan tips jitu berikut ini:

Pilih Ide Bisnis Musik yang Sering Dibutuhkan

Peluang bisnis di dunia musik tidak melulu menjadi seorang musisi yang merilis lagu. Kamu juga bisa membuka bisnis lainnya. Tapi, akan lebih baik jika ide bisnis yang dipilih adalah hal yang memang dibutuhkan konsumen.

Misalnya menjual sample musik berbayar, atau menjual alat musik. Kebutuhan akan dua produk itu terbilang cukup sering muncul, sehingga keuntungan lebih berpotensi didapatkan.

Rawat Aset dengan Baik

Bisnis di dunia musik juga erat kaitannya dengan melibatkan aset-aset. Seperti alat mixing, alat musik, dan lain sebagainya. Untuk menjaga nilai aset, rawatlah segala peralatan dan perlengkapan tersebut dengan baik.

Jika terjadi momen sepi pelanggan, maka setidaknya kerugian yang kamu derita tidak terlalu banyak karena adanya aset bisnis yang terawatt.

Eksplor Ide dan Ikuti Tren

Terakhir, menekuni peluang bisnis di dunia musik juga berarti harus terus mengeksplor ide baru untuk menghasilkan inovasi. Ikuti pula tren musik, sebagai inspirasi dalam berkarya.

(Baca Juga: Jenis-jenis Royalti dalam Musik, Asing Tapi Penting Diketahui)

Rekomendasi Peluang Bisnis di Dunia Musik

Ada beberapa peluang bisnis di dunia musik yang bisa kamu coba. Di antaranya sebagai berikut:

1. Kursus Musik Online

Kursus Musik Online - Peluang Bisnis di Dunia Musik

Peluang bisnis di dunia musik yang pertama adalah menawarkan jasa sebagai mentor untuk mengajar kemampuan bermusik. Di masa pandemi ini, banyak orang mencari guru kursus untuk memperdalam kemampuan baru yang sesuai dengan minatnya.

Bagi pecinta seni musik, sudah semestinya mereka mengincar kelas kursus musik online. Kursus musik juga dibutuhkan bagi sebagian siswa sekolah yang ingin mengasah kemampuannya di luar sekolah, agar dapat meraih nilai yang tinggi.

Ya, dengan kelas online, kamu tidak perlu datang langsung ke rumah siswa yang diajar. Kamu pun aman dari risiko penularan virus Covid-19.

Cobalah mulai tawarkan jasa melalui media sosial, atau buat penawaran tradisional seperti promosi diri dari mulut ke mulut, dan lain sebagainya.

2. Buka Toko Online Alat Musik

Toko Online - Peluang Bisnis di Dunia Musik

Jika membicarakan peluang bisnis di dunia musik, maka toko yang menjual alat musik pasti termasuk di dalamnya. Meskipun bukan kebutuhan primer, namun alat musik sebagai kebutuhan hobi dan profesi tetap dibutuhkan.

Tak perlu membuka toko offline, jual saja alat musik yang ditawarkan di e-commerce berbasis online. Jadi, kamu tidak lagi memerlukan modal untuk sewa toko.

Usahakan pula mengikuti tren alat musik populer, dan segera menyiapkan stok untuk dijual. Misalnya, saat ini banyak orang tertarik mempelajari alat musik kalimba yang viral di media sosial. Nah, kamu bisa menjual alat musik itu untuk menarik minat pembeli.

3. Jual Peralatan Musik Vintage

Musik Vintage - Peluang Bisnis di Dunia Musik

Selain alat musik umum, kamu juga bisa mencoba peluang bisnis di dunia musik untuk menjual peralatan mendengarkan musik vintage alias jadul.

Seperti menjual album piringan hitam, jual vinyl atau alat pemutar piringan hitam, speaker dengan gaya retro, radio, kaset dan lain sebagainya.

Tidak banyak orang yang berani membuka bisnis yang satu ini. Oleh karenanya, peluang mendapat keuntungan sangat tinggi. Apalagi jika kamu menjual secara online.

4. Rilis Lagu di Aplikasi Streaming Musik

Aplikasi Streaming Musik - Peluang Bisnis di Dunia Musik

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, publik sudah beralih menggunakan aplikasi streaming musik untuk mendengarkan lagu dan mengenal karya-karya musisi non-label alias indie. Nama-nama aplikasi streaming musik seperti Spotify, JOOX, dan lainnya populer digunakan banyak orang.

Manfaatkan peluang bisnis di dunia musik ini dengan merilis lagu di platform yang satu ini. Tidak ada salahnya mulai mempublikasikan karyamu, dan nikmati keuntungan lewat pendapatan royalti setiap lagu kamu diputar oleh pengguna lain di aplikasi streaming musik ini.

(Baca Juga: 9 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis)

5. Jual Sampel Musik

Sampel Musik - Peluang Bisnis di Dunia Musik

Jika kamu merasa lebih memiliki talenta dalam pembuatan beat, instrumen, dan sampel musik, maka kamu bisa menjual karya tersebut ke situs-situs gudang musik berbayar. Seperti Splice, Sounds.com, dan masih banyak lagi.

Nantinya, setiap pengunjung lain dari situs tersebut yang ingin menggunakan karyamu diwajibkan membayar sejumlah nominal tertentu sebagai penghargaan hak cipta.

Beat, sampel, dan instrumen musik ini biasanya dibutuhkan sebagai komponen pendukung dalam konten video, iklan, dan lain sebagainya.

6. Jadi YouTuber

YouTuber - Peluang Bisnis di Dunia Musik

Penggunaan media sosial YouTube secara benar juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis di dunia musik, lho. Cobalah untuk menjadi Youtuber alias konten kreator di YouTube yang membuat berbagai konten menarik dan bermanfaat.

Seperti konten tutorial menggunakan alat musik, tutorial vokal, meng-cover atau menyanyikan ulang lagu ternama, mempublikasikan karya remix musik, atau konten-konten lainnya.

Konten musik yang bagus berpeluang dibagikan ke media sosial lain, seperti Instagram dan TikTok. Jika semakin banyak penonton video YouTube-mu, maka kamu berkesempatan mengembangkan saluran YouTube menjadi akun yang menerima iklan.

Dari iklan YouTube inilah kamu bisa mendapatkan pundi-pundi yang menguntungkan.

7. Promotor Konser

Promotor Konser - Peluang Bisnis di Dunia Musik

Peluang bisnis di dunia musik yang terakhir yakni menjadi promotor konser. Jangan salah, di era new normal, acara-acara hiburan kini kembali diizinkan untuk digelar, dengan syarat mematuhi protokol kesehatan.

Jika sebelumnya sudah ada bioskop drive thru, maka tak ada salahnya mencoba menjadi promotor konser yang menggelar konser atau festival musik yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Di beberapa negara di luar negeri, festival musik digelar di ruangan terbuka yang luas (seperti lapangan misalnya) dengan melakukan tes Covid-19 pada pengunjung, dan susunan tempat duduk berjarak untuk menghindari kerumunan.

Ide ini bisa diadaptasi dan dijadikan peluang yang menghasilkan keuntungan.

Itulah tujuh peluang bisnis di dunia musik di masa pandemi seperti sekarang. Apapun bisnis yang dipilih, pastikan kamu memiliki modal yang cukup untuk memulainya.

Butuh tambahan modal untuk usaha? Ajukan saja Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari berbagai bank terkenal di Indonesia melalui CekAja.com.

CekAja.com akan membantumu memilih produk KTA terbaik dengan bunga yang terjangkau, dan bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja. Proses perbandingan dan pengajuan KTA melalui CekAja.com melibatkan teknologi pembanding yang menyesuaikan kecocokan produk dengan profil finansialmu.

Yuk, segera dapatkan KTA untuk memenuhi kebutuhan dan ajukan hanya di CekAja.com.