Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Peluang Kerja Lulusan Geografi Apa Aja? Kepoin 10 Pilihannya!

by Miftahul Khoer on 22 November, 2019

Memilih jurusan untuk kuliah memang bukan persoalan sederhana. Selain mempertimbangkan faktor biaya, kamu juga harus memastikan kalau kamu memang benar-benar berminat di bidang itu. Kalau tidak, bisa jadi kamu akan salah jurusan dan akibatnya kegiatan kuliah pun menjadi tidak menyenangkan.

peluang kerja lulusan Geografi

Salah satu jurusan yang bisa kamu ambil adalah Geografi. Geografi merupakan bidang yang mengkombinasikan ilmu fisik dan sosial. Kamu bisa memiliki kemampuan riset, analisis, pemetaan, dan banyak lainnya kalau kamu mengambil jurusan Geografi. 

Namun mungkin kamu merasa cemas atau bertanya-tanya mengenai prospek masa depan. Pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh seorang lulusan Geografi? Kalau kamu tertarik untuk kuliah di jurusan Geografi tapi masih bingung mengenai masa depan, berikut ini beberapa peluang kerja bagi lulusan Geografi.

1. Pengajar

Pengajar - Peluang Kerja Lulusan Geografi Apa Aja Kepoin 10 Pilihannya

Setelah lulus dari jurusan Geografi, kamu bisa menjadi tenaga pendidik baik itu guru maupun dosen mata pelajaran Geografi. Kamu bisa menjadi tenaga pengajar honorer terlebih dahulu untuk selanjutnya mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Atau bisa langsung daftar CPNS. Siapa tahu kamu bisa lolos dan menjadi pegawai negeri. Selain itu, kamu juga bisa memberikan jam pelajaran tambahan atau les privat ke murid-murid yang membutuhkan.

(Baca juga: Peluang Kerja Menjanjikan Buat Lulusan Sastra Inggris, Kepoin Yuk!)
2. Perencana tata kota

Perencana tata kota - Peluang Kerja Lulusan Geografi Apa Aja Kepoin 10 Pilihannya

Ilmu Geografi memang erat kaitannya dengan perencanaan wilayah atau tata kota. Dengan bekal ilmu yang kamu miliki, kamu bisa menjadi bagian dari tim perencana wilayah atau tata kota baik itu bekerja dengan pemerintah maupun swasta seperti pengembang properti.

3. Kartografer

Kartographer - Peluang Kerja Lulusan Geografi Apa Aja Kepoin 10 Pilihannya

Peluang kerja lulusan Geografi lainnya adalah menjadi kartografer. Kartografi adalah ilmu tentang peta, dan kartografer adalah orang yang membuat peta. Profesi ini bisa ditekuni apalagi sekarang teknologi sudah semakin maju. Peta digital lebih sering digunakan. Di masa depan, peta digital jelas akan makin dibutuhkan. Oleh karena itu, kartografer adalah salah satu profesi yang dibutuhkan karena peta yang harus selalu di-update.

4. BMKG

BMKG - Peluang Kerja Lulusan Geografi Apa Aja Kepoin 10 Pilihannya

Menjadi staf Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) adalah salah satu pekerjaan yang bisa kamu lakukan setelah lulus dari jurusan Geografi. Kalau kamu berhasil diterima sebagai staf BMKG, tentu hal ini merupakan awal karier yang cemerlang dan membanggakan. Sebagai staf di BMKG, kamu akan turut berperan dalam pengawasan kondisi lingkungan seperti cuaca dan kualitas udara.

5. Ahli transportasi dan lalu lintas

Ahli transportasi dan lalu lintas - Peluang Kerja Lulusan Geografi Apa Aja Kepoin 10 Pilihannya

Masih berkaitan dengan perencanaan wilayah, pengaturan transportasi dan lalu lintas tentu tak dapat dipisahkan dari tata kota. Dengan kemampuan yang kamu miliki, kamu bisa bekerja dengan pemerintah merencanakan jalur transportasi dan lalu lintas suatu kota dan wilayah tertentu.

6. Manajemen lingkungan

Manajemen lingkungan - Peluang Kerja Lulusan Geografi Apa Aja Kepoin 10 Pilihannya

Sebagai lulusan jurusan Geografi, kamu juga bisa menjadi ahli manajemen lingkungan. Profesi seperti analis lingkungan banyak dibutuhkan pemerintah maupun perusahaan swasta. Biasanya untuk melakukan penelitian dan analisis sebelum dilakukan perubahan seperti mendirikan bangunan, dan lain sebagainya.

7. Peneliti

Peneliti - Peluang Kerja Lulusan Geografi Apa Aja Kepoin 10 Pilihannya

Kamu juga bisa menjadi peneliti di bidang Geografi. Untuk menjadi peneliti, tidak hanya dibutuhkan kecerdasan dan kemampuan analisa saja, melainkan juga kemampuan menulis dan berkomunikasi yang baik. Kamu bisa menuliskan laporan penelitianmu dalam bentuk jurnal ilmiah atau menerbitkannya dalam bentuk buku.

8. Perusahaan swasta

Perusahaan swasta - Peluang Kerja Lulusan Geografi Apa Aja Kepoin 10 Pilihannya

Perusahaan swasta khususnya yang bergerak di bidang tambang minyak bumi, gas, mineral dan sebagainya tentunya membutuhkan ahli geografi untuk berbagai posisi seperti peneliti, analis, surveyor, pengawas, dan lain sebagainya. Kamu bisa bekerja di perusahaan-perusahaan ini sesuai bidang yang kamu kuasai.

(Baca juga: 7 Peluang Pekerjaan Jurusan Teknik Elektro, Tertarik Mencoba?)
9. Manajemen bencana

Manajemen bencana - Peluang Kerja Lulusan Geografi Apa Aja Kepoin 10 Pilihannya

Indonesia merupakan wilayah yang rentan bencana alam seperti banjir, gempa bumi, gunung meletus, longsor, dan lain-lain. Sebagai lulusan Geografi, kamu bisa mencari peluang kerja di lembaga mitigasi bencana nasional dan memanfaatkan ilmu kamu untuk menjadi bagian dari tim yang menanggulangi bencana serta mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan bencana.

10. Pemandu wisata

Pemandu wisata - Peluang Kerja Lulusan Geografi Apa Aja Kepoin 10 Pilihannya

Sadar gak kamu, pemandu wisata juga merupakan peluang kerja yang asyik bagi lulusan Geografi? Dengan pengetahuan geografis yang baik, kamu akan sangat cocok menjadi seorang pemandu wisata. Tentu saja kamu juga membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik untuk menekuni profesi ini. Bekerja sambil berjalan-jalan terlihat sungguh menyenangkan, bukan?

Nah, itulah beberapa peluang kerja bagi lulusan Geografi. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi kamu yang tertarik di bidang Geografi dan akan kuliah mengambil jurusan Geografi sehingga kamu punya gambaran mau kerja apa setelah lulus nanti.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.