Peluang Kerja Menjanjikan Buat Lulusan Sastra Inggris, Kepoin Yuk!

4 min. membaca Oleh CekAja on

Mungkin saat ini kamu sedang bingung mengambil jurusan kuliah. Kamu ingin masuk Sastra Inggris tapi belum memiliki gambaran akan peluang kerja di masa depan. Atau mungkin kamu adalah lulusan Sastra Inggris yang masih bingung mencari peluang kerja?

peluang kerja lulusan sastra Inggris

Tenang aja. Buat kamu yang jago casciscus ngomong bahasa Inggris gak usah khawatir. Apalagi dibarengi dengan kemampuan pengetahuan sastra. Wah, tentu banyak peluang kerja yang pasti bisa dapatkan. Baiklah, berikut ini peluang kerja bagi lulusan sastra Inggris:

1. Pengajar

Pengajar - Peluang Kerja Menjanjikan Buat Lulusan Sastra Inggris Kepoin Yuk

Kamu bisa menjadi pengajar bahasa Inggris seperti guru, dosen, maupun di lembaga bimbingan belajar. Bukan hanya menjadi pengajar bahasa Inggris untuk orang Indonesia, kamu juga bisa menjadi pengajar bahasa Indonesia untuk orang asing.

(Baca juga: 5 Pekerjaan Menjanjikan Bagi Lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan)

2. Editor

Editor - Peluang Kerja Menjanjikan Buat Lulusan Sastra Inggris Kepoin Yuk

Semakin berkembangnya industri media cetak dan digital, kebutuhan akan penulis dan editor juga berkembang pesat. Apalagi semakin banyak naskah terjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Sebagai lulusan Sastra Inggris, kamu memiliki peluang yang besar untuk mengisi peluang ini.

3. Penulis

Penulis - Peluang Kerja Menjanjikan Buat Lulusan Sastra Inggris Kepoin Yuk

Selain menjadi editor, kamu juga bisa menjadi penulis, mulai dari menulis novel, skenario film, esai, artikel, dan lain sebagainya sesuai dengan bidang yang kamu minati. Selain itu, media juga membuka lebar peluang bagi para penulis untuk menjadi content writer maupun copy writer.

4. Sastrawan

Sastrawan - Peluang Kerja Menjanjikan Buat Lulusan Sastra Inggris Kepoin Yuk

Nah, profesi yang satu ini benar-benar cocok dengan jurusannya. Sebagai lulusan sastra, betapa menyenangkannya kalau kamu akhirnya benar-benar menjadi seorang sastrawan. Karena selama kuliah juga kamu pasti sangat dekat dengan dunia sastra. Untuk menjadi sastrawan, selain menjadi penulis karya sastra kamu juga bisa menjadi kritikus sastra.

5. Penerjemah

Penerjemah - Peluang Kerja Menjanjikan Buat Lulusan Sastra Inggris Kepoin Yuk

Lulusan sastra memiliki kesempatan yang baik untuk menjadi penerjemah, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Kamu bisa menerjemahkan artikel, buku, atau bahkan menjadi penerjemah saat ada tokoh asing mengisi berbagai acara di Indonesia.

6. Ahli bahasa

Ahli Bahasa - Peluang Kerja Menjanjikan Buat Lulusan Sastra Inggris Kepoin Yuk

Pekerjaan yang satu ini cocok bagi kamu yang memilih konsentrasi linguistik. Tugas seorang ahli bahasa antara lain adalah melakukan logika pembentukan kata dalam suatu bahasa, meneliti interaksi unsur bahasa, hingga meneliti hubungan antara satu bahasa dengan bahasa yang lain.

7. Asisten editorial

Asisten Editorial - Peluang Kerja Menjanjikan Buat Lulusan Sastra Inggris Kepoin Yuk

Pertumbuhan penerbitan digital yang saat ini kian meningkat, membuat kesempatan untuk bekerja di perusahaan publikasi online meningkat juga. Peluang ini bisa dimanfaatkan lulusan Sastra Inggris untuk menjadi asisten editorial. Tugas seorang asisten editorial adalah mendukung para staf editorial senior di bidang administrasi, perencanaan dan produksi buku, majalah, jurnal, maupun materi online.

8. Wartawan

Wartawan - Peluang Kerja Menjanjikan Buat Lulusan Sastra Inggris Kepoin Yuk

Kamu juga bisa menjadi wartawan media cetak maupun digital. Tugasnya adalah liputan, meneliti, dan menulis laporan dalam berbagai bentuk artikel berita. Banyak media besar di Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris dalam penulisan artikelnya seperti The Jakarta Post, Kompas, dan Tempo.

9. Reporter televisi

Kamu juga bisa mencoba profesi sebagai reporter televisi. Tugasnya kurang lebih mirip seperti wartawan, hanya saja kamu melaporkannya tidak dalam bentuk tulisan, namun melaporkannya secara langsung di depan kamera. Profesi ini menuntut kemampuan speaking yang bagus.

10. Eksekutif periklanan

Eksekutif periklanan bertugas untuk menghubungkan antara klien dan agen. Tanggung jawab yang dilakukan untuk koordinasi mempromosikan iklan harus bisa dikomunikasikan secara jelas kepada semua pihak yang terlibat di dalamnya. Maka dari itu, lulusan sastra Inggris dibutuhkan untuk memperlancar proses komunikasi, terutama dengan klien asing.

11. Leksikografer

Tugas seorang leksikografer adalah menulis, mengumpulkan, dan mengedit kamus baik dalam bentuk cetak maupun digital. Kamus yang dibuat bisa berupa kamus bahasa asing, kamus istilah, kamus pelajar, dan lain sebagainya.

12. Pemandu wisata

Kalau kamu punya hobi travelling, kamu bisa mencoba profesi sebagai pemandu wisata. Pekerjaan seorang pemandu wisata adalah memandu turis untuk menjelajahi daerah wisata. Pekerjaan ini menuntut skill komunikasi yang bagus, juga penguasaan medan yang baik.

13. Wirausaha

Kamu juga bisa menjadi seorang wirausahawan dengan bekal bahasa yang kamu miliki. Kamu bisa membuka jasa terjemahan, jasa menulis artikel bahasa Inggris, atau kamu juga bisa membuka tempat les bahasa Inggris sendiri.

14. Bekerja di perusahaan multinasional

Kalau kamu memiliki cita-cita untuk bekerja di perusahaan multinasional, kamu memiliki peluang yang besar untuk itu. Bekerja di perusahaan nasional pada posisi apapun, dituntut untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus.

15. Petugas informasi

Di beberapa perusahaan, peran petugas informasi dibutuhkan untuk mengelola distribusi informasi bagi suatu perusahaan atau klien yang berguna untuk mendukung kebutuhan serta tujuan bisnis perusahaan tersebut. Dalam hal ini, kemampuan bahasa asing sangat berguna untuk memahami sumber informasi yang berasal dari berbagai tempat.

16. Staf diplomatik

Banyak yang menyangka kalau untuk bekerja sebagai staf kedutaan harus berasal dari jurusan Hubungan Internasional. Padahal lulusan sastra asing juga banyak yang diterima kerja di kedutaan. Lulusan sastra biasanya ditempatkan sebagai editor, tenaga pengajar, atau staf penerjemah.

17. Pramugari

Tidak sedikit lulusan Sastra Inggris yang akhirnya memilih untuk berkarier di perusahaan maskapai penerbangan. Mungkin kamu perlu menempuh pelatihan tambahan, tapi setidaknya kamu sudah memiliki keuntungan berupa skill bahasa Inggris yang bagus.

(Baca juga: Pekerjaan Jurusan Teknik Metalurgi, Sedikit Peminat Namun Dibutuhkan)

18. Bekerja di lembaga budaya

Kebanyakan jurusan bahasa asing dinaungi oleh Fakultas Ilmu Budaya karena bahasa memang memiliki keterkaitan langsung dengan budaya. Oleh karena itu, lulusan Sastra Inggris memiliki peluang besar untuk bekerja di lembaga budaya baik nasional maupun internasional.

Demikianlah beberapa pilihan profesi atau peluang kerja bagi lulusan Sastra Inggris. Tentu saja pilihan kerja bagi lulusan Sastra Inggris tidak terbatas pada profesi yang tercantum di artikel ini saja. Masih banyak pekerjaan lain yang bisa dilakukan. Artikel ini hanya menyajikan beberapa contoh peluang yang mungkin bisa dicoba. Semoga membantu, ya!

Tentang kami

CekAja

CekAja