Peluang Usaha Gerobakan Modal Minim, Keuntungannya Bikin Ngiler

5 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Peluang usaha gerobakan modal minim memang tak pernah sepi diminati khususnya pebisnis pemula. Usaha gerobakan ini bisa dibilang menguntungkan karena cakupan pasarnya yang luas.

Lihat saja di sekitar kamu, yang mendatangi penjual makanan atau minuman gerobakan biasanya gak hanyan anak-anak saja bukan? Melainkan pula kalangan remaja bahkan dewasa.

Usaha gerobakan sendiri memang lebih identik dengan bidang kuliner.

Banyak pebisnis pemula yang menjajakan makanan maupun minuman kekinian dengan gerobak. Karena selain hemat bujet, bisnis ini juga dinilai menarik perhatian konsumen.

Bahkan, hanya dengan gerobak sederhana namun punya embel-embel menarik, baik dari segi penamaan bisnis maupun promo yang diberikan, bisa jadi usaha gerobakanmu ini bakal laku.

Apalagi seperti yang kita tahu, bisnis seperti ini sejak dulu memang sudah terkenal di masyarakat, dan kamu pun bisa menjumpainya di berbagai tempat.

Mulai dari pusat kota, lingkungan perumahan, bahkan di sudut kota tersempit.

Melihat hal tersebut, sangat disayangkan sekali jika kamu tidak mencoba peluang usaha gerobakan, meski dengan modal minim sekalipun.

Alasan Peluang Usaha Gerobakan Modal Minim Begitu Menjanjikan

Mungkin masih ada keraguan dalam dirimu untuk memulai usaha gerobakan, mengingat banyak pebisnis pemula khususnya generasi milenial jarang menggeluti bidang ini.

Tak apa, hal itu wajar! Pasti ada banyak faktor yang membuat kamu mesti mempertimbangkan lagi untuk mencoba usaha gerobakan.

Apalagi realitanya, milenial yang berbisnis cenderung memilih usaha kekinian seperti membuka coffee shop.

Namun begitu, mereka yang berani untuk langsung berbisnis coffee shop tentu sudah memiliki persiapan yang matang terutama dari segi modal usaha.

Lain ceritanya jika kamu ingin berbisnis tapi modal yang dimiliki masih sangat terbatas.

Kalau hal ini yang dialami, maka jangan sungkan untuk memanfaatkan peluang usaha gerobakan modal minim.

Mana tahu dari usaha kecil-kecilan tersebut, kamu bisa memperluas jaringan bisnis bahkan memberlakukan sistem franchise. Who knows right?

Nah, untuk meyakinkan kamu bahwa peluang usaha gerobakan modal minim patut dicoba, berikut beberapa alasan bahwa usaha gerobakan itu menguntungkan.

  • Mencakup Semua Kalangan

Bisa dibilang bahwa usaha gerobakan sendiri mencakup semua kalangan usia.

Bukan hanya anak-anak saja yang bakal jadi pelanggan setiamu, namun juga remaja maupun orang dewasa.

Usaha gerobakan sendiri cenderungnya dilakukan pebisnis dengan berpindah-pindah tempat.

Nah saat momen itu terjadi, biasanya ada saja pembeli yang bakal menghampiri, apalagi jika lokasi penjualannya dilakukan di lingkungan padat penduduk seperti lingkungan kampus, perkantoran, atau perumahan.

  • Tidak perlu Repot Menyewa Tempat

Kebanyakan orang yang berbisnis pasti akan menyewa tempat untuk mendirikan usahanya.

Namun hal ini tidak akan pernah berlaku bagi mereka yang berbisnis secara gerobakan.

Dengan usaha gerobakan, kamu enggak perlu repot lagi menyiapkan dana untuk menyewa tempat.

Yang kamu butuhkan hanya meriset terlebih dulu sekiranya mana saja lokasi yang strategis untuk berkeliling menjajakan jualanmu.

  • Modal Minim Keuntungan Berlipat

Siapa yang masih “maju-mundur” untuk memulai usaha gerobakan?

Padahal usaha yang satu ini bisa dibilang cukup menjanjikan, terlebih jika berbicara mengenai omzet yang didapat.

Dengan bermodal gerobakan saja tanpa harus mengeluarkan banyak uang, kamu sudah bisa berjualan makanan atau minuman kekinian.

Bayangkan jika dalam seharinya kamu bisa meraup untung sampai Rp1 juta, lalu bagaimana dengan seminggu atau bahkan sebulan? Benar-benar bisa untung besar lho kamu.

(Baca Juga: Ini Dia 10 Ide Bisnis Gorengan Kekinian)

Cara Mencoba Peluang Usaha Gerobakan Modal Minim

Gimana, udah mulai tertarik untuk mencoba peluang usaha gerobakan modal minim?

Jika iya, berarti kamu belum boleh beralih ke poin selanjutnya, karena di pembahasan ini CekAja bakal membagikan informasi mengenai cara mencoba peluang usaha gerobakan modal minim.

Jadi, yuk langsung simak informasinya berikut ini.

1. Tentukan jenis usaha

Untuk memanfaatkan peluang usaha gerobakan modal minim, yang pertama mesti kamu lakukan adalah menentukan terlebih dulu jenis usahanya.

Entah membuka usaha makanan, jajanan ataupun minuman kekinian, kamu harus menentukan sekaligus mempersiapkannya dengan matang.

Jangan hanya bermodalkan keinginan tanpa adanya perencanaan yang tepat.

Jika ingin membuka usaha kuliner kekinian, pastikan kamu paham akan risikonya, mengingat bisnis seperti ini sifatnya sementara saja.

Contohnya sudah banyak kok. Lihatlah bisnis kue cubit atau es kepal milo.

Keduanya dulu memang sempat viral, bahkan orang-orang rela mengantri lama untuk mencoba kuliner tersebut. Namun, bagaimana nasibnya kini?

Baik kue cubit maupun es kepal milo rasanya kini sudah tak begitu populer, seiring dengan kemunculan beragam kuliner baru.

2. Perkirakan modal usaha

Setelah menentukan jenis usaha yang akan dibuka, selanjutnya cobalah memperkirakan modal yang nantinya bakal digunakan.

Meski hanya gerobakan, bukan berarti kamu bisa menyepelekan masalah modal ya.

Karena kunci utama untuk berbisnis bukan hanya masalah perencanaan lho. Namun, ujung-ujungnya akan kembali pada seberapa “modal” yang dimiliki.

3. Kreasikan resep jualan

Kalau masalah modal juga sudah ditangani, berikutnya yang perlu kamu siapkan karena sifatnya ini krusial yaitu mengkreasikan resep jualan.

Jangan hanya menjual makanan atau minuman yang rasanya sama saja dengan pesaing. Bukannya malah untung, tapi justru kerugianlah yang bakal kamu dapat.

Jadi, sebelum mulai usaha gerobakan, pastikan kamu sudah mencoba membuat resep jualanmu sendiri.

Lebih baik lagi jika kamu meminta pendapat dari orang-orang terdekat yang sudah mencicipinya.

4. Persiapkan bahan baku yang berkualitas

Kalau rasa makanan yang akan dijual sudah dinilai enak oleh orang lain, kamu bisa langsung menerapkan tips yang satu ini.

Untuk mempersiapkan bahan baku yang berkualitas, cobalah untuk mendatangi langsung agen penyalur bahan baku di pasar yang memang sudah terkenal bagus dan murah.

Kamu bisa menanyakan agen penyalur ini lewat kerabat yang mungkin juga menggeluti bisnis kuliner, atau mencari referensinya di internet. Yang penting, jangan hanya mendatangi satu agen penyalur.

Baiknya, kamu harus tetap membandingkan antara agen satu dengan yang lainnya, agar benar-benar mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan maupun bujet.

(Baca Juga: 7 Ide Bisnis Kuliner untuk Tahun Baru)

5. Persiapakan peralatan penunjang

Setelah bahan baku didapat, jangan lupa juga untuk menyiapkan peralatan penunjang.

Jika membuka usaha makanan, setidaknya kamu mesti memiliki tempat penggorengan, pencapit, dan beberapa peralatan penunjang lainnya.

Apabila semua peralatan tersebut ada di rumah, lebih baik gunakan saja.

Hitung-hitung menghemat pengeluaran, dan modalnya bisa digunakan kembali untuk membeli bahan baku selanjutnya.

6. Pilih lokasi yang strategis

Terakhir, cara memanfaatkan peluang usaha gerobakan adalah dengan menentukan lokasi penjualan yang strategis.

Idealnya sih memang di lingkungan yang ramai, seperti pusat kota, area kampus atau perkantoran, serta lingkungan perumahan.

Masih Butuh Modal untuk Berbisnis? CekAja.com Solusinya!

Nah, jadi itulah hal-hal yang mesti kamu tahu dari informasi mengenai peluang usaha gerobakan modal minim ini.

Apabila nantinya usahamu ini berhasil meraup untung besar, dan kemudian kamu ingin mencoba berkekspansi, pilihan yang tepat untuk kamu lakukan adalah dengan menambah modal dari CekAja.com.

Di CekAja, kamu bisa mendapatkan pinjaman untuk modal usaha dengan limit sesuai keinginan dan kemampuanmu dalam membayar cicilannya.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa membandingkan dulu sekiranya mana produk pinjaman yang paling tepat untuk dimiliki.

Tak perlu repot mendatangi kami, kalau kamu tertarik untuk mendapatkan pinjaman di CekAja.com, kamu bisa langsung mengajukannya secara online dengan menyertakan beberapa dokumen penunjang.

Jadi, tunggu apalagi? Segera ajukan pinjaman di CekAja.com, dan raih impianmu untuk berbisnis.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri