Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Peluang Usaha Jajanan Unik di Indonesia, Dari Churros Sampai Semangka Goreng

by Ayunindya Annistri on 13 November, 2019

Dari tahun ke tahun, usaha jajanan unik di Indonesia seperti tak ada matinya. Selalu ada saja tren baru yang diciptakan guna menarik minat beli masyarakat.

Tidak sedikit pengusaha yang berhasil mempertahankan eksistensinya karena menjual jajanan unik. Sebut saja Reza Muharliman dengan brand ternamanya yakni Keripik Maicih. Usaha jajanan unik yang satu ini sempat booming di tengah masyarakat sekitar tahun 2011.

Kemudian di susul pula dengan jajanan unik lainnya seperti es kepal milo, pisang nugget dan mango sticky rice.

Kalau dilihat dari cara pengolahannya memang terkesan gampang, akan tetapi Karena cita rasa dan bentuknya yang unik inilah, banyak pengusaha Indonesia yang mampu meraup untung hingga puluhan juta rupiah.

Nah, bila saat ini kamu tertarik untuk memulai usaha kuliner berbentuk kudapan, berikut kami berikan 8 rekomendasi usaha jajanan unik yang bisa kamu lakoni. Yuk, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Churros

Churros merupakan makanan yang terbuat dari tepung, telur dan margarin. Kudapan manis ini sangat populer di Spanyol dan negara Amerika Latin lainnya. Di Indonesia sendiri, banyak restoran atau mall yang menjual churros dengan beragam varian, mulai dari churros cokelat hingga churros es krim.

Prospek usaha churros bisa dikatakan cerah. Mengingat saat ini banyak orang yang tertarik untuk mencoba berbagai makanan khas negara lain dengan cita rasa yang jelas berbeda dari makanan Indonesia.

Hanya dengan modal Rp 10 juta saja, kamu bisa memulai usaha jajanan unik yang satu ini secara rumahan atau menjalin kemitraan dengan franchise churros ternama. Bagaimana tertarik?

2. Es Krim Goreng

Siapa sih yang bisa menolak semangkuk es krim segar? Jajanan yang disenangi semua kalangan usia ini berpotensi mendatangkan keuntungan besar loh dan bahkan hingga Rp 10 juta lebih tiap bulannya.

Untuk memulai usaha jajanan unik ini, kamu hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana, yaitu roti tawar, susu kental manis, telur, dan tepung roti. Pengolahannya pun cukup mudah, kamu dapat menemukan informasi lengkapnya dari berbagai ulasan di internet.

3. Lidi-lidian

Usaha jajanan unik selanjutnya yang bisa kamu cobain adalah menjual lidi-lidian. Jajanan anak sekolahan ini tak pernah sepi peminat, karena rasanya yang lezat dan cocok sebagai teman ngemil di sore hari.

Biasanya, lidi-lidian dijual seharga Rp 10 ribu per porsi. Itu berarti, jika dalam sebulan, kamu berhasil menghabiskan 500 stok lidi-lidian, keuntungan yang akan kamu dapatkan bisa mencapai Rp 5 juta. Benar-benar sebanding dengan kerja kantoran lho.

4. Sosis Telor

Sempat melejit di tahun 2018 lalu, pamor sosis telor rupanya tak mudah luntur bila dibandingkan dengan usaha jajanan unik lainnya. Sosis telor atau sostel adalah jajanan yang biasa dijual di pinggir jalan dengan bentuk yang hampir serupa dengan telor gulung.

Memulai bisnis sostel sangatlah mudah, kamu cukup bergabung dengan kemitraan. Hanya saja, modal yang dikeluarkan jauh lebih besar ketimbang menggunakan merek sendiri, yakni sekitar Rp 5 hingga 10 juta. Itupun sudah termasuk mesin penggorengan, bahan baku dan adonan, serta meja untuk berjualan.

(Baca Juga: Menilik Usaha Jajanan Pasar, Modal Terjangkau di Bawah 1 Juta)
5. Martabak Mini

Martabak mini yang kerapkali disebut martabak unyil ini tak lepas dari satu diantara peluang usaha jajanan unik yang mempunyai keuntungan menggiurkan. Martabak manis yang topingnya dapat dikreasikan ini sama halnya seperti martabak manis biasa, namun yang membuatnya beda ialah ukurannya yang jauh lebih kecil. Untuk harga yang dapat dipatok berkisar dari Rp 1 ribu hingga Rp 5 ribu per satu buah martabak. Toping yang biasanya menjadi primadona ialah meises, greentea, nutella, hingga ovomaltine.

6. Dessert Box Puding Regal

Puding legendaris yang selalu ada dari masa ke masa ini sering kali digemari oleh orang banyak. Bagaimana tidak? Sentuhan regal dengan egg puding dan puding caramel terasa sangat ciamik.  Masa kini, puding regal dikemas dalam tampilan yang jauh lebih modern, yaitu dessert box.

Dessert box puding regal ini merupakan satu diantara usaha jajanan unik yang dapat kamu kembangkan loh, dengan modal berkisar kurang dari 1 juta untuk puluhan box, kamu dapat memasarkannya dengan harga Rp 55 ribu sampai Rp 65 ribu saja. Jika dilakukan perhitungan, maka untung yang kamu dapatkan bisa berkisar 15%.

7. Banofee Pie

Banofee Pie ialah singkatan dari kata Banana dan Toffee, makanan penutup khas Britania Raya ini memiliki bentuk dan konsep yang hampir sama dengan dessert box, namun pada banofee, kita tidak perlu memanggangnya. Banofee sendiri terbuat dari biskuit yang sudah dihancurkan sebagai dasar pie, lalu ditumpuk karamel, whip cream, pisang dan bubuk kokoa.

Melejitnya pamor banofee sekarang membuatnya sangat menjanjikan bila dijadikan sebagai usaha jajanan unik yang dapat kamu kembangkan. Satu box banofee biasanya dijual seharga Rp 175 ribu hingga Rp 250 ribu.

8. Semangka Goreng

Beberapa orang mungkin akan terheran-heran dengan ide usaha jajanan unik yang satu ini. Jika biasanya kita mendengar pisang goreng, nanas goreng, atau bahkan nangka goreng, sekarang kita disuguhkan dengan semangka goreng.

Semangka merupakan buah yang kaya akan air, namun dengan pengolahan yang tepat, semangka dapat menjadi sebuah jajanan yang tak biasa.

Proses pengolahan semangka goreng hampir serupa dengan pengolahan pisang goreng, kita hanya harus mempersiapkan semangka yang sudah dipotong dan bebas dari biji, lalu dimasukkan ke dalam kulit tepung yang berasal dari campuran beberapa bahan, seperti maizena, terigu, putih telur, gula, air, dan beberapa tetes minyak. Pembuatannya yang sangat mudah dan modal yang dibutuhkan minim membuat kamu akan meraih keuntungan yang besar. Semangka goreng ini juga masih jarang ditemui loh.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk memulai usaha jajanan unik? Tapi sebelum memulai, pastikan modal yang kalian miliki cukup untuk membuat bisnis berjalan lancar dan bertahan lama. Jika kesulitan dengan modal untuk memulainya, jangan khawatir. Kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha yang sesuai dengan kebutuhanmu melalui CekAja.com

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau