Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Peluang Usaha Musim Hujan, dari Kuliner Sampai Laundry

by Miftahul Khoer on 8 November, 2019

Musim hujan telah tiba. Banyak hal yang harus diperhatikan supaya kegiatan sehari-hari tidak terganggu. Mulai dari siaga membawa perlengkapan seperti payung dan jas hujan, hingga perawatan ekstra agar kesehatan tidak terganggu. Dengan begitu, muncul banyak kebutuhan-kebutuhan tambahan. Artinya, hal itu juga membuka peluang usaha menggiurkan di musim hujan. 

peluang usaha musim hujan

Kalau kamu jeli, kamu mungkin juga termasuk orang yang memanfaatkan kebutuhan-kebutuhan di musim hujan sebagai kesempatan untuk mendulang rupiah. Jadi bisnis apa saja yang kira-kira bisa dilakukan pada musim hujan? Berikut ini adalah peluang usaha di musim hujan yang bisa kamu coba:

Musim hujan membuat kendaraan jadi mudah kotor. Selain tidak sedap dipandang, kotoran yang dibiarkan juga bisa merusak mesin kendaraan. Pemilik kendaraan jadi harus lebih sering mencuci kendaraan mereka.

Mencuci kendaraan sendiri tentu memakan waktu dan energi. Apalagi kalau perlu dilakukan berulang kali. Tidak semua orang memiliki cukup banyak waktu untuk melakukannya. Banyak orang akhirnya memilih untuk memanfaatkan jasa cuci kendaraan.

Itulah mengapa bisnis cuci kendaraan ini menjadi pilihan yang cocok bagi kamu yang sedang akan memulai usaha di musim hujan.

(Baca juga: Musim Hujan Tiba, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Terserang DBD)
  • Perlengkapan musim hujan

Saat musim hujan, payung dan jas hujan menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Kedua barang itu wajib dibawa untuk melindungi diri supaya tidak kebasahan. Jadi tak heran kalau pedagang kedua barang ini akan mengalami peningkatan omzet penjualan pada musim hujan.

Kamu juga bisa memanfaatkan peluang ini. Bahkan kalau kamu belum memiliki cukup modal, kamu tetap bisa berjualan perlengkapan musim hujan ini secara online dengan skema dropship.

Selain payung dan jas hujan, kamu juga bisa berjualan perlengkapan musim hujan lainnya seperti sandal jepit, handuk, rain cover, sepatu boots, dan lain sebagainya.

  • Kuliner

Udara yang dingin biasanya membuat kecenderungan orang untuk ngemil lebih besar. Oleh karena itu, bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang cocok untuk kamu lakukan pada musim hujan. Terutama kuliner hangat karena saat musim hujan biasanya orang mencari tidak hanya makanan yang mengenyangkan, tapi juga menghangatkan.

Makanan berkuah panas dan pedas bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi pilihan berbisnis. Seperti soto, bakso kuah, mie pedas, dan berbagai pilihan minuman hangat.

  • Laundry

Masalah klasik yang hampir selalu terjadi saat musim hujan adalah cucian yang tidak kering. Cucian tidak kering kadang menimbulkan bau tak sedap. Selain itu juga bisa mengganggu aktivitas kalau pakaian yang tidak kering misalnya adalah seragam sekolah atau kerja. Kalau sudah begini, jasa laundry cepat kering  biasanya menjadi pilihan.

Usaha laundry bisa kamu mulai dengan menggunakan mesin cuci dan pengering yang sudah kamu miliki di rumah. Dalam memulai bisnis ini, hal yang perlu kamu perhatikan adalah kecepatan dan kerapian. Kamu juga harus menjaga pakaian pelanggan jangan sampai rusak supaya pelanggan nggak ragu untuk datang kembali.

Selain laundry pakaian, kamu juga bisa mencoba usaha laundry sepatu. Saat musim hujan sering kali sepatu terkena hujan dan menjadi basah dan lembab. Sehingga banyak orang yang akan menggunakan jasa cuci sepatu ini.

  • Pakaian hangat

Pada musim hujan, bukan hanya air hujan yang harus diantisipasi, tapi juga udara dingin. Banyak orang yang akan mengenakan pakaian seperti sweater, jaket, mantel, sampai syal untuk menghangatkan diri. Jika kamu berminat untuk berjualan pakaian hangat, kamu bisa memulai dengan riset pasar mengenai tren fesyen pakaian hangat terkini dan menemukan supplier yang sesuai.

Selain memanfaatkan media sosial, kamu juga bisa menjual berbagai macam pakaian hangat ini melalui situs e-commerce. Kamu juga bisa melengkapi koleksi daganganmu dengan barang-barang lain seperti kaos kaki, topi, dan bahkan selimut.

(Baca juga: 5 Hal yang Harus Disiapkan di Rumah Sebelum Datang Musim Hujan)
  • Kedai kopi

Kamu juga bisa membuka kedai kopi. Pada musim hujan, tentu akan ada beberapa orang yang perlu meneduh sejenak. Aktivitas berteduh ini bisa dilakukan di kedai-kedai kopi.

Kamu bisa membuka kedai kopi dadakan di pinggir jalan yang strategis. Selain kopi, kamu bisa menyediakan menu cemilan lain seperti roti bakar dan jagung bakar. Kemungkinan besar daganganmu akan laris diserbu orang yang berteduh.

Nah itulah beberapa ide bisnis di musim hujan yang bisa kamu coba. Kalau tertarik menjalani salah satu di antaranya, sebaiknya lakukan sekarang juga mumpung musim hujan baru mulai dan masih akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama sehingga kamu pun bisa menghasilkan keuntungan lebih banyak. Semoga berhasil, ya!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.