Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Peluang Usaha Sampingan di Desa Paling Menguntungkan

by Kyla Damasha on 12 November, 2019

Saat ini masih banyak lapisan masyarakat yang berpikir bahwa membuat usaha sampingan hanya dapat mendatangkan keuntungan apabila dilakukan di perkotaan atau tempat padat penduduk dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Faktanya, peluang usaha sampingan di desa atau di pinggiran kota lainnya tak kalah menguntungkannya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga akan mendatangkan hasil dalam jumlah fantastis.

Jika saat ini kamu tengah mempertimbangkan untuk memulai bisnis ataupun mencari peluang bisnis yang menguntungkan, yuk coba membangun usaha sampingan di desa. Masih merasa ragu? Ketahui dulu beberapa manfaat atau keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika membangun usaha sampingan di desa berikut ini.

Keuntungan Membagun Usaha di Desa
1. Sedikit Kompetitor

Dewasa ini, justru banyak masyarakat pedesaan yang memulai usaha sampingan mereka di perkotaan, tanpa memikirkan bahwa apabila membangun usaha di desa mereka tidak akan sibuk memikirkan kompetitor. Mengapa demikian?

Karena banyak orang yang berpikir bahwa membangun usaha sampingan di desa tidak akan mendatangkan banyak keuntungan dibandingkan jika membangun usaha di kota, sehingga pengusaha yang rela mengeluarkan modal untuk membuka usaha sampingan di desa pun sedikit dibandingkan dengan di kota.

Nah, jika hal ini bisa kamu jadikan sebagai peluang yang besar, kebayangkan kan berapa keuntungan yang akan kamu dapatkan apabila seluruh penduduk desa menjadi konsumen untuk usaha sampingan yang kamu jalani?

2. Modal yang Tidak Besar

Kamu mungkin bisa saja mendapatkan omset jauh lebih tinggi ketika membangun bisnis di perkotaan, namun tentu juga harus diimbangi dengan biaya hidup yang lebih mahal pula. Berbeda dengan usaha sampingan di desa yang mungkin akan menghasilkan omset yang tidak terlalu besar namun kamu akan bisa mendapatkan biaya hidup yang jauh lebih murah.

Tidak hanya itu saja, membangun usaha sampingan di desa juga tentunya akan jauh lebih murah dibandingkan di perkotaan, mulai dari harga sewa lahan hingga keperluan lainnya. Selain itu, membangun usaha sampingan di desa juga akan menjadikan mu sebagai orang yang tidak konsumtif.

Sedikitnya tempat rekreasi atau shopping center membuatmu tidak bisa menghabiskan uang untuk berbelanja, sehingga hasil penjualan bisa kamu tabung untuk keperluan yang jauh lebih penting lagi.

3. Masyarakat yang Lebih Akrab

Mungkin kamu akan bertanya, apa hubungannya antara bisnis dan hubungan masyarakat? Jadi, alasan pertama ialah bahwa kedekatan antar masyarakat yang dijalin bisa kamu jadikan sebagai wadah untuk berpromosi. Tentu kamu akan lebih mudah melakukan penjualan apabila sudah cukup kenal dengan konsumen potensial yang kamu tuju.

Sedangkan alasan kedua yaitu pelanggan juga akan lebih sering datang bersama dengan teman atau keluarganya sembari mengobrol banyak hal dengan mu. Tentu saja hal ini juga bisa sekaligus menciptakan nuansa kekeluargaan antara kamu sang pemilik bisnis dan para pelanggan. Terdengar sangat menyenangkan, bukan?

(Baca Juga: Menilik Usaha Jajanan Pasar, Modal Terjangkau di Bawah 1 Juta)
Peluang Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan
1. Ternak atau Budidaya Hewan

Jenis usaha sampingan di desa pertama yang bisa kamu gunakan yaitu ternak atau budidaya hewan. Dengan masih banyaknya lahan-lahan kosong yang tersedia di desa membuat bisnis ternak dan budidaya hewan paling mungkin untuk dijadikan sebagai peluang bisnis paling menjanjikan.

Ada beberapa hewan yang sering kali dibudidayakan atau dijadikan sebagai hewan ternak untuk usaha sampingan di desa, diantaranya seperti ayam, lele dan belut. Hanya saja, salah satu kekurangan dari bisnis ternak ialah modalnya yang bisa dikatakan cukup besar.

Selain kamu membutuhkan lahan yang cukup, kamu juga memerlukan modal tambahan untuk membangun kandang atau kolam yang akan dijadikan sebagai tempat hewan ternak kamu. Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu biaya untuk perawatan hewan-hewan tersebut.

Namun, dibalik modal besar yang kamu keluarkan tidak menutup kemungkinan modal tersebut akan kembali kepadamu berkali-kali lipat lebih besar dari keuntungan yang didapat.

2. Warung Kelontong

Warung kelontong merupakan salah satu jenis usaha sampingan di desa yang dapat dijamin keuntungannya. Bahkan tidak menutup kemungkinan penghasilan yang kamu dapatkan akan jauh melebihi modal yang kamu keluarkan, ditambah lagi apabila barang yang kamu jual merupakan barang-barang yang memang menjadi kebutuhan pokok para masyarakat setempat.

Untuk lahan? Tak perlu khawatir! Memulai usaha sampingan di desa satu ini kamu bisa memanfaatkan lahan depan rumah dengan hanya bermodalkan meja kaca dan rak untuk meletakan barang. Sedangkan untuk mengisi toko, kamu bisa mencari toko grosir yang menjual aneka ragam barang kebutuhan pokok dengan harga murah.

kehadiran dari warung kelontong ini tentu akan sangat membantu masyarakat, khususnya bagi mereka yang malas berjalan jauh untuk ke mencari supermarket.

(Baca Juga: Peluang Usaha Musim Hujan, dari Kuliner Sampai Laundry)
3. Jualan Pulsa

Saat ini sepertinya sudah hampir sebagian besar masyarakat menggunakan ponsel pintar dan internet, tak terkecuali masyarakat di desa. Nah, dikarenakan hal inilah hadirnya tempat jual pulsa tentu akan sangat membantu para masyarakat untuk tetap dapat berkomunikasi dengan teman atau anggota keluarga lainnya.

Bahkan jenis ide usaha sampingan di desa satu ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu hanya perlu jaringan sinyal yang kuat serta modal pulsa yang tak sampai satu juta. Tidak hanya itu saja, berbisnis pulsa juga bisa kamu lakukan dimanapun dan kapanpun, tak perlu berbuka toko dan sejenisnya sehingga sangat mudah untuk dilakukan.

Pada intinya membuka usaha sampingan di desa tidak kalah menguntungkannya dibandingkan membuka bisnis di kota. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan sejumlah manfaat yang belum tentu bisa ddapatkan di kota lho. Bagaimana jika tidak memiliki modal yang cukup?

Kamu juga tak perlu khawatir untuk hal itu, karena saat ini sudah banyak sekali perusahaan fintech yang menyediakan fasilitas pinjaman dana untuk kamu yang membutuhkan modal dalam berbisnis, salah satunya seperti CekAja.com.

Tidak hanya telah terdaftar di OJK, CekAja.com juga menyediakan fasilitas perbandingan untuk mengetahui jenis pinjaman seperti apa yang paling kamu butuhkan yang tentunya juga disertai dengan suku bunga yang bersaing.

Butuh modal untuk berbisnis? Di CekAja.com saja!

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda