Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Pemadaman Listrik Berlanjut, Ini 7 Tips Memilih Genset Rumah Tangga

by Gentur Putro Jati on 5 Agustus, 2019

PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik untuk warga Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat belum 100 persen pulih. Perusahaan setrum pelat merah itu mengumumkan bakal melakukan pemadaman listrik bergilir, sehingga ini adalah saat yang tepat untuk belajar tips memilih genset rumah tangga.

Pengumuman lanjutan pemadaman listrik lanjutan diumumkan PLN melalui akun Twitter-nya @pln_123. Dalam cuitan yang dibuat pada pukul 10.03 WIB, Senin (5/8), PLN menyatakan:

“Info Update PLN Jakarta Raya pukul 08.00 WIB. Sehubungan dengan masih terganggunya sistem pendistribusian listrik, maka beberapa pelanggan masih mengalami penghentian aliran listrik sementara. Pukul 08.00 – 11.00 WIB, daerah yang terdampak penghentian listrik sementara di wilayah Jakarta Raya yaitu: Jl. Mangga Dua Raya sampai dengan Jl. Giring-giring. PLN mohon maaf untuk pemadaman yang terjadi. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi contact center pln 123,” bunyi pengumuman PLN.

Tidak hanya itu, PLN juga membuka informasi gangguan listrik di wilayah Jakarta Raya melalui situs http://pelita.plnjaya.co.id/pelita/.

Saatnya Beli Genset!

Nah, karena PLN masih sibuk mengembalikan aliran setrum seperti sedia kala, ada baiknya kamu melakukan antisipasi daerah tempat tinggalmu terkena pemadaman bergilir. Salah satu caranya adalah dengan melengkapi rumah dengan generator set (genset) portable yang bisa digunakan untuk memproduksi listrik dalam kondisi darurat. Harganya tidak mahal kok, cukup menyiapkan uang antara Rp800.000 sampai Rp3 juta per unitnya.

(Baca juga: Enam Barang yang Laris Manis Dijual Saat Listrik Padam)

Dengan kondisi seperti ini, kamu tentu tidak mau dong aktivitas sehari-hari terganggu hanya karena pasokan listrik PLN yang tidak pasti? Apalagi buat kamu yang juga menjalani usaha kecil menengah yang peralatan usahanya menggunakan tenaga listrik tentu hal ini sangat menggangu penjualan bukan?

Simak secara utuh tips untuk memilih genset portable yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Karena tanpa pengetahuan yang memadai dan salah memilih, bisa saja kamu tergiur untuk membeli genset murahan dengan kualitas rendah yang cepat rusak.

1. Hitung kebutuhan listrik minimal di rumah atau tempat usaha

Hal pertama yang harus diketahui saat memilih genset untuk rumah tangga adalah membuat prioritas peralatan elektronik yang wajib tetap hidup meski listrik dari PLN padam. Beberapa yang penting antara lain, lampu kamar, lampu kamar mandi, kulkas, pendingin udara, pompa air, atau televisi. Hitung secara total kebutuhan listrik untuk menghidupkan perangkat tersebut. Sehingga kamu cukup membeli genset dengan kapasitas produksi listrik yang sesuai dengan kebutuhan.

Contoh : Apabila secara total daya listrik rumah kamu adalah 1.300 Watt, maka kamu cukup membeli genset dengan daya sebesar 900 Watt saja.

2. Pilih genset sesuai kebutuhan

Ada dua jenis genset yang cocok digunakan untuk rumah tangga, yaitu:

  • Standby

Genset ini dipasang  secara permanen  dan bisa berfungsi secara otomatis saat pasokan listrik PLN terhenti. Genset ini juga otomatis berhenti bekerja saat pasokan listrik kembali normal. Genset standby memiliki keunggulan lebih mudah dioperasikan, dan juga lebih murah karena menggunakan bahan bakar gas. Keunggulan lainnya adalah tidak menghasilkan asap atau suara berisik yang pada umumnya dihasilkan oleh genset bertenaga bahan bakar minyak (BBM).

  • Portable

Genset portable lebih banyak digunakan di Indonesia karena harganya yang cukup murah dan mudah untuk didapat. Kelebihan genset portable adalah dapat ditempatkan dimanapun dan dapat dibawa jika kamu ingin beraktivitas di luar ruangan. Biasanya genset jenis ini menggunakan BBM jenis solar.

Namun, siap-siap untuk mendengar suara berisik atau asap yang juga dihasilkannya saat bekerja memproduksi listrik ya.

3. Rekomendasi orang lain

Jika tetangga atau saudara kamu sudah lebih dulu memiliki genset, tidak ada salahnya berkonsultasi kepada orang tersebut mengenai performa genset yang digunakannya. Atau kamu juga bisa membandingkan review beberapa jenis genset di internet. Periksa juga garansi yang diberikan dan ketersediaan distributor atau service center untuk genset tersebut sehingga memudahkan kamu untuk memperbaikinya jika mengalami kerusakan.

4. Jangan gunakan di dalam rumah!

Setelah memilih dan membeli genset, pastikan kamu tidak menyalakannya di dalam rumah. Karena hasil pembakaran genset berupa gas CO atau karbon monoksida beracun dan bisa membahayakan.

5. Pelajari cara pengoperasiannya

Baca buku petunjuk pengoperasian genset yang terdapat dalam paket unit tersebut. Ada baiknya kamu menanyakan secara detail cara pengoperasiannya kepada pihak toko saat hendak membelinya.

Setidaknya ada dua cara pengoperasian genset yang umum sesuai dengan kapasitas genset, yaitu:

  • Recoil/ditarik untuk genset kapasitas 750-2.000 Watt.
  • Starter untuk genset dengan kapasitas lebih dari 2.500 Watt.
6. Jangan salah isi bahan bakar

Bensin dan solar adalah bahan bakar utama untuk menjalankan genset. Umumnya solar digunakan pada genset dengan kapasitas daya listrik yang besar.

7. Ada harga ada rupa

Memilih genset hanya karena murah tanpa mempertimbangkan kualitas sudah tentu bukan hal yang bijaksana. Sebab genset yang murahan kemungkinan besar tidak berumur panjang.

(Baca juga: 4 Cara Cek Tagihan Listrik, Bayarnya? Pakai Kartu Kredit Aja)

Sediakan waktu yang cukup untuk mencari informasi mengenai merek, kualitas, dan harga genset yang ada di pasaran. Saat ini internet dapat sangat membantu kita mendapatkan informasi mengenai banyak hal. Tak jarang kita bisa membeli barang secara online tanpa perlu susah payah meluangkan waktu ke toko peralatan rumah tangga. Bandingkan beberapa produk sebelum anda memutuskan memilih yang paling tepat untuk rumah kamu.

Manfaatkan cicilan dan diskon kartu kredit

Nah, sudah tahu kan 7 tips memilih genset rumah tangga. Semoga bisa membantu kamu mendapatkan genset terbaik yang selalu bisa diandalkan saat pemadaman listrik terjadi secara mendadak.

Gunakan diskon dan potongan harga dari kartu kredit untuk mendapatkan harga yang lebih murah atau dengan cicilan. Kalau kamu belum punya kartu kredit, pilih dan ajukan kartu kredit sesuai kebutuhan melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami