Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Pemain Sepak Bola U-20 dengan Bayaran Termahal di Dunia

by Anes Saputra on 13 Maret, 2020

Jagad sepak bola kini diramaikan oleh banyak sekali bakat baru yang siap mengguncang dunia. Dalam beberapa tahun ke depan, rivalitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang sudah eksis dari satu dekade ke belakang akan hilang seiring bertambahnya usia. Bak regenerasi, pada waktunya rivalitas tersebut berganti dengan pemain sepak bola berusia muda yang kini mulai bermunculan di liga-liga top Eropa.

Pesepakbola U-20 dengan Bayaran Termahal

Beberapa klub top Eropa di Liga Inggris, Italia, Spanyol, dan Jerman sudah memanfaatkan bakat muda tersebut sebagai pemain andalannya. Meski berusia muda, teknik dan jam terbang mereka sudah cukup mumpuni. Kemampuan olah bola yang di atas rata-rata membuat mereka layak menjadi andalan di klubnya masing-masing, kendati usia mereka masih di bawah 20 tahun.

Tidak heran jika para pesepakbola dengan usia muda dan bakat luar biasa tersebut memiliki nilai pasar atau market value yang tinggi. Tingginya nilai pasar itu menjadi patokan bagi klub lain jika ingin merekrut mereka dari klub yang menjadi tempat bermain mereka saat ini. Walaupun masih berusia belia, nilai transfer mereka sangat fantastis dan tidak jarang melampaui para pesepakbola dengan usia di atas mereka.

Berikut ini beberapa pemain sepak bola berusia di bawah 20 tahun atau U-20 yang memiliki nilai pasar termahal di dunia, seperti yang dihimpun dari situs transfermarkt.com.

1. Jadon Sancho

Jadon Sancho - Pemain Sepak Bola U-20 dengan Bayaran Termahal di Dunia

Pesepakbola U-20 dengan nilai pasar termahal di dunia nomor satu saat ini adalah Jadon Sancho. Gelandang asal Inggris yang kini bermain untuk klub Bundesliga Jerman Borussia Dortmund ini ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 130 juta euro atau setara dengan Rp2,13 triliun.

Nilai pasar tersebut tentunya menjadi keuntungan buat Dortmund yang hanya mengeluarkan kocek 7,84 juta euro atau hanya Rp128 miliar saat menebusnya dari Manchester City. Maka dari itu, klub-klub lain minimal harus membayar sesuai dengan nilai pasar tersebut jika ingin mendapatkan tanda tangan Sancho dari Dortmund.

Harganya yang mahal, tentu tak lepas dari penampilan yang terus menanjak bersama Dortmund sejak pertama bergabung pada musim 2017-2018. Dari 90 kali penampilannya di semua ajang bersama Dortmund, Sancho tercatat telah mencetak 31 gol dan 42 assist dan mempersembahkan 1 gelar Piala Super Jerman pada musim 2019-2020.

2. Joao Felix dan Kai Havertz

Joao Felix dan Kai Havertz - Pemain Sepak Bola U-20 dengan Bayaran Termahal di Dunia

Ada dua pemain yang masuk daftar pesepakbola U-20 dengan nilai pasar termahal di dunia. Kedua pemain tersebut adalah Joao Felix dari Atletico Madrid (Spanyol) dan Kai Havertz dari Bayer Leverkusen (Jerman).

Berdasarkan situs transfermarkt.com, kedua pemain muda tersebut memiliki nilai pasar sebesar 90 juta euro atau setara dengan Rp1,48 triliun. Baik Felix maupun Havertz kini sudah menjadi andalan di klubnya masing-masing. Felix yang dijuluki sebagai bocah ajaib asal Portugal kini menjadi ujung tombak penyerangan Atletico Madrid setelah ditransfer dari Benfica pada bursa transfer musim panas lalu.

Sementara itu, Havertz tampil memukau bersama Leverkusen di Bundesliga sejak awal musim. Penampilannya yang cukup konsisten membuat Havertz dipanggil Joachim Loew untuk memperkuat Timnas Jerman selama pagelaran UEFA Nations League dan kualifikasi Euro 2020. Felix dan Havertz kini menjadi komoditas panas di bursa transfer lantaran banyak klub besar di Eropa yang menginginkan jasa mereka berdua.

(Baca Juga: Pemain Bola Dengan Gaji Termahal di Dunia, Urutan Pertama Bukan Ronaldo)

3. Erling Haaland

Erling Haaland - Pemain Sepak Bola U-20 dengan Bayaran Termahal di Dunia

Tempat ketiga dalam daftar pesepakbola U-20 dengan nilai pasar termahal di dunia ditempati oleh striker asal Norwegia yang kini bermain di Bundesliga Jerman bersama Borussia Dortmund, Erling Haaland.

Haaland yang dicap sebagai striker U-20 dengan potensi terbaik di dunia ini memiliki nilai pasar sebesar 80 juta euro atau setara dengan Rp1,3 triliun. Angka tersebut tentunya akan semakin bertambah mengingat kini usianya masih 19 tahun. Masih ada banyak waktu untuk menambah pengalaman dan menajamkan kemampuan untuk mencetak gol.

Haaland bergabung bersama Dortmund pada bursa transfer musim dingin Januari 2020 dari klub Austria Red Bull Salzburg dengan biaya transfer 20 juta euro atau senilai dengan Rp328 miliar. Penampilan apiknya bersama Salzburg, termasuk menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Champions Eropa yang mencetak 6 gol dari 3 pertandingan pertama membuat Dortmund tertarik merekrutnya.

Penampilan apiknya bersama Salzburg itu kemudian berlanjut di Dortmund. Haaland menjadi pemain pertama dalam sejarah Bundesliga yang berhasil mencetak 5 gol dari 2 pertandingan pertamanya. Haaland pun kemudian diprediksi akan menjadi striker termahal di dunia pada masa depan dengan segudang potensi yang ada pada dirinya.

4. Matthijs de Ligt

Matthijs de Ligt - Pemain Sepak Bola U-20 dengan Bayaran Termahal di Dunia

Posisi keempat dalam daftar pesepakbola U-20 dengan nilai pasar termahal di dunia adalah Matthijs de Ligt. Bek asal Belanda yang kini bermain di Serie A Italia bersama Juventus ini memiliki nilai pasar sebesar 75 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun.

Meski baru berusia 20 tahun, de Ligt telah berkembang menjadi seorang bek dengan kemampuan dan kepemimpinan yang mumpuni. Tak heran jika Juventus rela merogoh kocek lebih dalam demi mengamankan tanda tangan de Ligt yang musim lalu diminati banyak klub top Eropa. I Bianconeri, julukan Juventus rela membayar sebesar 85,5 juta euro atau lebih dari Rp1,3 triliun, lebih tinggi dari nilai pasarnya dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas lalu. Bersama Juventus musim ini, de Ligt telah bermain sebanyak 27 kali di seluruh kompetisi dan mencetak 2 gol.

5. Alphonso Davies

Alphonso Davies - Pemain Sepak Bola U-20 dengan Bayaran Termahal di Dunia

Posisi kelima pesepakbola U-20 dengan nilai pasar termahal di dunia ditempati oleh Alphonso Davies. Davies merupakan bek kiri berkebangsaan Kanada yang kini bermain di Bundesliga Jerman bersama Bayern Muenchen.

Nilai pasar Davies menurut transfermarkt.com adalah 50 juta euro atau senilai Rp821 miliar. Nilai tersebut bisa lebih tinggi lagi jika Davies terus bermain secara konsisten bersama Bayern. Hal itu tentunya akan menjadi keuntungan bagi Muenchen lantaran Davies dibeli dengan biaya murah, yakni 10 juta euro atau lebih dari Rp160 miliar dari klub MLS Amerika Serikat Vancouver pada bursa transfer musim panas 2019. Davies tercatat sudah bermain untuk Bayern sebanyak 32 kali di semua ajang dan mencatatkan 1 gol dan 8 assist.

Miliki jersey pemain sepak bola favoritmu, gunakan kartu kredit dari CekAja.com untuk memudahkan pembayaran dan menikmati berbagai promonya.

(Baca Juga: Deretan Pelatih Sepak Bola Terkaya di Dunia 2019, Berapa Gajinya?)

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke