Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Pembelian 6 Perusahaan Besar yang Bikin Facebook Makin Sukses

by Rafly Aditia on 8 Februari, 2017

perusahaan yang diakuisisi facebook_kartu kredit - CekAja.com

Siapa sih yang tidak mengenal Facebook? Berawal dari situs media sosial yang didirikan oleh mantan mahasiswa Harvard, Mark Zuckerberg, kini Facebook menjelma jadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Sering kali Facebook mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain, bahkan perusahaan besar sekalipun. Berikut 7 perusahaan besar yang diakuisisi oleh Facebook:

Friendster – US$ 40 juta

Pada bulan Mei tahun 2010, Facebook mengakuisisi pesaingnya yaitu Friendster. Padahal pada tahun 2000an awal, Friendster yang didirikan oleh Jonathan Abrams pernah berada dalam masa kejayaan. Namun semenjak Facebook muncul di tahun 2004, Friendster pun mulai terpuruk. Sehingga akhirnya Facebook mengakuisisi Friendster senilai US$ 40 juta.

Pebbles Interfaces – US$ 60 juta

Perusahaan startup asal Israel, Pebbles Interfaces jatuh ke tangan Mark Zuckerberg pada tahun 2015 lalu. Perusahaan yang mengembangkan teknologi optik kustom, sistem sensor, dan algoritma untuk mendeteksi dan melacak gerakan tangan tersebut diakuisisi dengan nilai US$ 60 juta.

hoki seru - CekAja.com

Face.com – US$ 100 juta

Sebelumnya di tahun 2012, perusahaan teknologi asal Israel juga jatuh ke tangan Facebook. Mungkin kamu tidak banyak tahu mengenai Face.com, tetapi banyak pengguna Facebook juga menggunakan Face.com karena keunikan situs tersebut.

Face.com membantu kamu mengenali orang yang ada di dalam foto. Sebelum dibeli Facebook, Face.com sendiri telah terkoneksi dengan Facebook selama dua tahun. Sehingga Mark Zuckerberg rela menggelontorkan dana US$ 100 juta untuk mengakuisisi perusahaan ini.

Instagram – US$ 1 miliar

Dapat dibilang tahun 2012 merupakan salah satu periode terbaik Facebook. Bagaimana tidak? Perusahaan yang bermarkas di Menlo Park, California, Amerika Serikat tersebut berhasil mengakuisisi instagram senilai US$ 1 miliar dalam bentuk uang tunai dan saham. Modal yang dikeluarkan memang besar, tetapi langkah tersebut terbilang brilian karena hingga kini pengguna Instagram terus bertambah hingga berkali-kali lipat daripada sebelumnya.

Oculus VR – US$ 2 miliar

Pada bulan Maret 2015 lalu, Facebook mengakuisisi Oculus VR senilai US$ 2 miliar. Oculus VR merupakan produsen Oculus Rift, sebuah kacamata virtual yang didesain untuk gaming. Nampaknya, keputusan Facebook mengakuisisi perusahaan satu ini menjadi pertanda bahwa Facebook akan serius memasuki bisnis game.

(Baca juga: Orang-orang Ini Kaya Mendadak Karena Ketidaksengajaan)

Whatsapp – US$ 19 miliar

Salah satu keputusan terbaik yang dilakukan Mark Zuckerberg selain mengakuisisi Instagram adalah mengakuisisi aplikasi Whatsapp. Aplikasi chat ini diakuisisi dengan nilai US$19 miliar dalam bentuk uang tunai dan saham.

Langkah besar ini terbilang sangat menguntungkan Facebook. Bayangkan saja, setelah diakuisisi Facebook, dalam waktu singkat pengguna whatsapp yang semula berjumlah 500 juta naik menjadi 600 juta pengguna aktif.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.