Pemilik Sepatu Kulit, Ini 12 Produk Perawatan Sepatu Terbaik

7 min. membaca Oleh CekAja on

Memilih produk perawatan sepatu terbaik untuk koleksi sepatu kulit Anda ini penting untuk mencegah kerusakan seperti warna kusam dan permukaan kulit yang mulai pecah-pecah.

Pemilik Sepatu Kulit, Ini 7 Produk Perawatan Sepatu Terbaik

Sepatu berbahan dasar kulit selalu jadi primadona baik untuk produk fashion pria maupun wanita. Kesan vintage, garang dan elegan bisa dihadirkan untuk sepatu berbahan kulit. Tak heran jika bandrol harganya sangat mahal bisa sampai jutaan untuk jenis sepatu biasa. Tentunya Anda bisa mendapatkan lebih murah untuk merek lokal.

Sepatu Kulit Pria Fortuna Shoes Oxford Cap Toe misalnya, produk lokal Indonesia ini bisa Anda dapat mulai Rp 2,5 Jutaan. Atau sepatu kulit dari Koku Footwear yang harganya dibuka mulai dari Rp 700 Ribuan. Selain harga yang mahal sepatu kulit juga rentan rusak karena jamur. Seringkali permukaan sepatu mengelupas hanya karena disimpan terlalu lama. Karena itulah proses perawatan sepatu berbahan kulit yang benar harus dilakukan. Perlu sifat telaten agar bisa mempertahankan ketahanan produk sepatu kulit.

( Baca juga: Keuntungan Traveling Ke Eropa dengan Kartu Kredit BRI World Access )

Tips Merawat Sepatu Kulit

Sebelum berbicara mengenai produk perawatannya terlebih dulu Anda sebagai pemilik sepatu harus memahami bagaimana merawat sepatu kulit yang benar, terutama ketika menghadapi berbagai kondisi cuaca ekstrim. Sebab perawatan tiap jenis sepatu berbeda, terlebih untuk yang berbahan kulit yang cenderung lebih mudah rusak. Begini cara merawat sepatu kulit yang benar:

Lekas Keringkan Setelah Basah

Sepatu kulit rentan mengalami jamur ketika kondisi sekitar tempat penyimpanan sepatu lembab. Terlebih bagi sepatu yang terkena air banjir misalnya, ini harus segera dikeringkan karena dapat menyebabkan kerusakan baik di bagian dalam maupun luar sepatu. Gunakan kertas koran untuk mengeringkan bagian dalam dan kain lembut untuk bagian luar. Hindari mengeringkan dengan menggunakan alat pengering dan jangan sekali-kali menjemurnya langsung dibawah sinar matahari, sebab panas tinggi dapat menyebabkan kulit menjadi retak.

Jangan Cuci Sendiri

Kalau Anda tak punya pengetahuan mumpuni tentang cara merawat dan membersihkan sepatu kulit, sebaiknya tidak memutuskan untuk mencucinya sendiri. Lagipula membersihkan sepatu berbahan kulit ini sebenarnya sangat mudah, cukup gunakan handuk atau kain lembut yang telah direndam dalam air hangat. kemudian basuh dengan seluruh permukaan. Jika ada noda membandel Anda bisa menyikat dengan bulu sikat paling lembut. 

Selanjutnya, keringkan sepatu dengan didinginkan saja pada suhu ruangan. Hanya gunakan produk perawatan sepatu terbaik ya. Sementara jika tingkat kotor sepatu menurut Anda sudah parah sebaiknya kirim ke laundry sepatu saja. Mereka akan memberikan perawatan terbaik, beberapa bahkan menambahkan garansi.

Jangan Ditumpuk dengan Sepatu Lain

Jika Anda punya kebiasaan menumpuk sepatu pada sebuah rak sepatu, sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut. Sebab sepatu kulit tidak boleh disimpan dengan cara ditumpuk, lantaran beresiko menimbulkan goresan yang bisa merusak bagian luar kulit. Selain itu berikan ganjalan untuk bagian dalam sepatu, fungsinya untuk menjaga kelembapan pada bagian dalam dan menjaga bentuknya seperti masih baru.

Jangan Masukkan dalam Box

Sering kita melihat para pemilik sepatu menaruh sepatu kesayangannya di rak namun dengan kondisi masih berada di dalam box atau kardus. Untuk beberapa tipe sepatu mungkin cara ini efektif membuatnya tahan lama. Namun tidak untuk sepatu kulit, justru menaruh sepatu kulit di dalam box memperbesar resiko timbulnya jamur yang membuat sepatu mudah mengelupas. Sebagai gantinya, lebih baik menaruh sepatu kulit di area terbuka, hanya saja Anda harus sering membersihkannya dari debu dan kotoran. 

Gunakan Produk Perawatan Sepatu Terbaik

Sepatu kulit memang dikenal berat dalam soal perawatan. Jika tak ingin terlihat kusam gunakanlah produk perawatan sepatu terbaik, boleh produksi dalam maupun luar negeri. Menggunakan produk yang sesuai akan mengurangi resiko kerusakan besar pada sepatu seperti retak dan mengelupas. Dua kerusakan inilah yang sering terjadi pada pemilik yang salah menggunakan produk perawatan.

12 Produk Perawatan Sepatu Terbaik 2020

Sepatu kulit memerlukan sentuhan perawatan yang berbeda dibanding jenis alas kaki biasa. Berikut adalah 10 produk perawatan sepatu terbaik untuk Anda pemilik sepatu kulit.

KIWI COLOR SHINE LIQUID POLISH

Produk perawatan sepatu terbaik untuk sepatu kulit ini memiliki formula lilin premium dari KIWI yang akan memelihara permukaan kulit dan melindunginya, dan tentu saja membuat usia kulit lebih panjang.Cat cair tahan lama mengandung lilin Carnauba alami, membuat sepatu kulit terlihat lebih berkilau  tanpa perlu digosok. Ini juga dilengkapi dengan spons dua lapis yang tahan lama yang memungkinkan Anda untuk mengontrol proses pemolesan sepatu. Harga online di Amazon sekitar USD3 atau Rp 41,000.

KELLY’S SHOE CREAM

Kelly sudah lama dikenal sebagai produsen produk perawatan sepatu terbaik untuk jenis kulit. Mereka punya produk andalan yang ditujukan bagi kelas profesional Kelly. Tersedia dalam botol kaca 1,5 ons, menjadikannya berkelas. Campuran ini mengandung bahan anti air dan campuran lilin halus untuk menciptakan kilauan yang tahan lama, membuat sepatu bot kulit Anda terlihat seperti sejuta dolar. Produk ini juga mengandung lilin Carnauba yang memberikan kesan ramping. Harga online di Amazon sekitar USD 6 atau Rp 82,000.

ANGELUS SHOE WAX POLISH

Angelus Shoe Wax Polish adalah salah satu semir sepatu hitam terbaik di pasaran saat ini. Ini akan membuat sepatu bot hitam klasik Anda terlihat halus dan mengkilap. Produk ini juga mampu menyembunyikan lecet kecil dan tanda keausan, membuat sepatu tampak licin untuk waktu yang lama. Selain itu produk ini juga mengandung bahan yang membuat sepatu tahan air, meningkatkan fungsionalitas alas kaki Anda. Harga online di Amazon sekitar USD 7 atau Rp 95,000.

FIEBING’S SADDLE SOAP PASTE

Campuran serbaguna Fiebing digunakan di seluruh dunia pada sepatu, pelana, sepatu bot, dan barang-barang kulit berkualitas tinggi lainnya. Gunakan Saddle Soap Paste untuk membersihkan kulit secara menyeluruh, serta melumasi serat, mencegah kekasaran dan menjaga tekstur kulit agar tetap kenyal. Sabun Pelana Fiebing tersedia dalam warna hitam, putih, dan kuning. Harga online di Amazon sekitar USD 7 atau Rp 95,000.

LINCOLN ORIGINAL STAIN WAX SHOE POLISH

Diluncurkan kembali pada tahun 1925, semir sepatu Lincoln dibuat menggunakan formula rahasia John Lincoln, dan diklaim telah melampaui standar kualitas yang ketat. Formula pada produk perawatan satu ini lebih banyak menggunakan lilin Carnauba yang diambil dari pohon-pohon Palem Brasil. Kilap pada sepatu jadi lebih tahan lama. Harga online di Amazon sekitar USD 8 atau Rp 110,000. 

SHINOLA SHOE POLISH

Produk Shinola sebenarnya lebih sering digunakan untuk membersihkan arloji. Namun kini semakin populer dimanfaatkan sebagai pembersih sepatu kulit. Produk Shinola membantu Anda merawat barang-barang kulit Anda dengan baik. Perpaduan berkualitas tinggi ini akan melindungi sepatu kulit Anda, membuatnya bersinar luar biasa, dan membuatnya tahan air. Lilin sepatu Shinola diproduksi dalam batch kecil oleh pengrajin perawatan kulit ahli. Harga online di Amazon sekitar USD9 atau Rp 123,000.

BICKMORE BICK 4 LEATHER CONDITIONER

Sejak dipasarkan pada 1882, produk Bickmore memang terkenal punya formula menakjubkan yang membuat sepatu kulit berkilau dan tahan lama. Kondisioner Kulit Bickmore Bickmore dibuat untuk mengembalikan kulit usang ke kondisi semula,  sehingga Anda dapat mempertahankan warna asli alas kaki Anda. Selain itu, produk ini benar-benar bebas lilin, memastikan bahwa pori-pori sepatu bot atau sepatu kulit Anda tidak akan tertutup rapat, memastikan sirkulasi udara tetap terjaga. Harga online di Amazon sekitar USD10 atau Rp 137,000.

MARTENS WONDER BALSAM

Memadukan lilin alami dan sintetis, Dr. Martens ’Wonder Balsam akan memelihara, melindungi, dan merawat sepatu atau sepatu kulit Anda. Anda juga dapat menggosok Wonder Balsam dalam jumlah sedikit di bagian dalam sepatu bot necis Anda untuk melembutkan kulit. Dan tidak perlu dipoles, jadi Anda bisa menghemat energi. Lindungi alas kaki kulit Anda dari noda cair dan garam dengan semir sepatu tingkat atas ini. Harga online di Amazon sekitar USD 15 atau Rp 150,000.

OTOT WAX BOOT WAX

Jaga sepatu kulit Anda agar selalu bersinar dan mengkilap selama bertahun-tahun dengan Boot Wax buatan Amerika dari Otter Wax yang dibuat dari campuran lilin lebah dan lanolin yang seimbang. Perawatan anti air serbaguna ini melindungi sepatu but kulit Anda dan mengusir noda untuk menjaga estetika sepatu. Oleskan produk ini pada sepatu Anda untuk memberi alas kaki Anda segel pelindung yang tahan lama, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang medan apapun yang Anda lewati. Harga online di Amazon sekitar USD 17 atau Rp 233,000.

HUBERD’S ORIGINAL SHOE GREASE

Huberd’s Original Shoe Grease dibuat dari tar dan lilin lebah untuk memberi  perpaduan perlindungan sepatu yang tahan air dan awet. Formula non-toksik ini juga memperpanjang usia alas kaki kulit Anda tanpa proses menguning atau melebar. Dibuat di Arizona, semir sepatu ini mengandung bahan-bahan berkualitas, membuat usia sepatu jauh lebih lama. Harga online di Amazon sekitar USD 22 atau Rp 300,000.

RED WING MINK OIL

Perusahaan yang juga dikenal sebagai produsen sepatu but kenamaan di Amerika Serikat ini, ternyata memiliki semir sepatu yang luar biasa. Semir sepatu Red Wing adalah campuran dari lanolin, silikon, dan minyak bulu yang melembutkan, menjaga sepatu bot Anda terlihat lembut. Perpanjang umur alas kaki Anda dan lindungi investasi Anda dengan semir sepatu Red Wing. Harga online di Amazon sekitar USD 22 atau Rp 300,000.

SAPHIR RENOVATEUR

Menurut Saphir, mengklaim bahwa Renovateur Cleaner and Conditioner dianggap oleh penggemar sepatu sebagai raja dari semua produk perawatan sepatu serbaguna di dunia. Ini mengandung formula berbasis mink-oil yang dicampur dengan lilin lain untuk membersihkan dan menghaluskan sepatu kulit Anda. Semir sepatu sangat ideal untuk kulit buaya, burung unta, buaya, kordovan, dan kulit anak sapi yang halus.Harga online di Amazon sekitar USD 24 atau Rp 328,000.

Itulah 10 produk perawatan sepatu terbaik 2020 untuk pemilik sepatu kulit. Rata-rata memang belum dijual di store Indonesia, namun Anda bisa membelinya di berbagai situs jual beli online.

Tentang kami

CekAja

CekAja