Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Penerimaan CPNS Bakal Ada Lagi, Siap-siap dari Sekarang!

by Miftahul Khoer on 4 Juli, 2019

Kabar gembira bagi warga Indonesia yang tertarik untuk ikut seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pemerintah pada Oktober 2019 mendatang dipastikan akan membuka kembali seleksi CPNS sekaligus penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap II.

cpns 2018, rekruitmen pns, cpns
Sebagaimana pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin pada Selasa (2/7/2019) kepada media mengatakan alokasi penerimaan CPNS untuk Oktober mendatang mencapai sekitar 100.000. Artinya cukup banyak peluang buat kamu yang berencana untuk ikut penerimaan CPNS.

Prioritas Buat yang Punya Keterampilan Khusus

Formasi penerimaan CPNS yang dibuka pada Oktober 2019 nanti akan diprioritaskan untuk yang memiliki keterampilan tertentu seperti guru, dokter, dan keterampilan lainnya. Sementara itu, terkait proses seleksinya tidak akan jauh berbeda dengan formasi penerimaan yang dilaksanakan sebelumnya pada September 2018 lalu.

Hal tersebut dikarenakan skill untuk kemampuan tertentu misalnya di bidang guru, perawat, dokter di beberapa daerah sangat kurang. Selain itu, skill yang mengarah ke bidang infrastruktur juga cukup banyak diperlukan sehingga SDM di bidang yang berkaitan dengan administrasi bakal dikurangi.

(Baca juga: Lakukan 5 Ritual Ini Kalau Mau Lolos Tes CPNS)
Jaring yang Berkualitas

Pemerintah tampaknya terus berbenah dalam hal seleksi penerimaan CPNS. Untuk pembukaan pada Oktober nanti, Kemenpan RB mengklaim akan melaksanakan penjaringan lebih baik ketimbang penerimaan sebelumnya. Paling tidak, para CPNS yang lolos seleksi merupakan SDM yang berkualitas.

Untuk itu, sistemnya pun dibuat sedinamis mungkin untuk mendapatkan kualitas SDM yang mumpuni terutama generasi muda yang bakal mengabdi kepada negara selama menjadi PNS mendatang.

Penjaringan PPPK September 2019

Selain berencana membuka penerimaan CPNS, pemerintah juga siap membuka penjaringan PPPK paling lambat pada September 2019 mendatang. PPPK ini merupakan pegawai pemerintah yang setara dengan PNS. Seperti diketahui, penerimaan PPPK tahap pertama sudah dilaksanakan pada tahun lalu.

Pemerintah juga telah mengeluarkan PP No. 49/2018 tentang Manajemen PPPK yang bisa diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari eks tenaga honorer, diaspora hingga kalangan profesional. Pembukaan gelombang PPPK ini merupakan angin segara bagi para pegawai honorer yang selama ini mengabdi pada negara puluhan tahun tetap masih mendapat gaji yang tidak sesuai. Hingga saat ini PPPK diprioritaskan bagi kalangan guru, penyuluh pertanian hingga tenaga kesehatan.

Proses Penerimaan PPPK

Dengan banyaknya potensi yang ikut penjaringan PPPK, dalam PP No. 49/2018 tentang Manajemen PPPK juga telah diatur tentang batas pelamar PPPK yakni terendah adalah berusia 20 tahun dan tertinggi adalah usia setahun sebelum masa pensiun untuk jabatan tertentu.

Sebelumnya, proses penerimaan PPPK ada dua tahapan yakni seleksi administrasi dan kompetensi. Bagi siapapun yang telah melamar dan dinyatakan lulus seleksi pengadaan PPPK maka dia berhak ikut interview sebagai tahapan penilaian integritas dan moralitas untuk bahan penetapan hasil seleksi. 

(Baca juga: Soal Naikin Gaji PNS, SBY Lebih Royal Ketimbang Jokowi)
Tips Lolos CPNS

Siapapun pasti akan senang jika dinyatakan lolos menjadi CPNS. Bagaimana tidak, fasilitas yang diberikan kepada PNS merupakan salah satu yang dicari oleh para peminat PNS. Maka jangan heran jika banyak orang yang rela berkorban apapun terutama finansial hanya untuk lolos CPNS.

Namun, ada baiknya pula mulai dari sekarang buat kamu yang tertarik ikut seleksi CPNS bisa mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari melengkapi persyaratan, mempelajari soal-soal tes CPNS, rajin ikut bimbel khusus yang berkaitan dengan CPNS, dan terakhir adalah rajin berdoa.

Namun, jika memang kamu belum memeroleh rezekinya untuk menjadi PNS, kamu bisa mencoba jalan lain untuk tetap bisa sumber-sumber pendapatan. Misalnya, kamu bisa mulai merintis sebagai pengusaha kecil-kecilan. Dan kalau butuh konsultasi persoalan modal, kamu bisa akses CekAja sekarang juga. Berani mencoba?

,

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami