Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Pengeluaran Mudik yang Sering Bikin Bangkrut

by Surtan Siahaan on 24 Juni, 2016

tips mudik _ kartu kredit - CekAja.com

Mudik adalah ritual yang identik dengan Lebaran. Bagi orang yang hidup dan bekerja jauh dari kampung halaman, mudik seperti jadi sebuah keharusan. Namun, mudik seringkali membuat pengeluaran membengkak. Hal itu karena kebutuhan orang jadi bertambah.

Apalagi harga barang kebutuhan naik menjelang Lebaran. Tak jarang pula orang justru bangkrut karena ritual satu ini. Apa saja pengeluaran yang bisa bikin kantong kempes lantaran mudik, berikut ini daftarnya:

Tiket pesawat

Pengeluaran satu ini memang tidak murah. Alasannya, harga tiket akan naik berlipat lipat. Apalagi jika kamu membeli tiket secara mendadak. Bila masih tersedia, biasanya harga tiket yang tersisa adalah rate yang paling tinggi. Sialnya lagi, pengeluaran kamu jadi makin berlipat karena harus pergi beserta istri dan anak-anak.

Untuk menghindari harga tiket pesawat yang mahal, disarankan agar membeli tiket jauh hari sebelumnya. Gunakan diskon kartu kredit agar ongko9s untuk membeli tiket pesawat makin murah. (Baca juga: 5 Kota Terbaik di Indonesia Untuk Habiskan Masa Pensiun)

Tiket kereta

Bila tidak memanfaatkan tiket promo yang biasanya dijual PT KAI jauh hari sebelum Lebaran, kamu harus merogoh kocek lebih dalam dari biasanya. Sebab yang tersedia tinggal tiket berharga mahal.

Syukur jika kamu masih bisa mendapatkan tiket. Karena peminat angkutan satu ini sangat tinggi saat mudik Lebaran, biasanya ketersediaan tiket sudah ludes. Ujung-ujungnya, kamu pun membeli tiket dari calo dengan harga yang bisa bikin dompet jebol.

Bensin Mobil

Jika kamu mudik menggunakan kendaraan, baik mobil atau motor, risiko macet mungkin saja terjadi. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari volume kendaraan yang bertambah tinggi, pasar tumpah hingga kecelakaan lalu lintas. Kalau sudah kejadian, biasanya jalanan akan macet.

Waktu tempuh pun bisa bertambah berkali kali lipat. Belum lagi jika perjalananmu dialihkan ke jalur lain yang sebenarnya lebih jauh. Tak ayal ongkos bensin pun melebihi bujet yang sudah disiapkan.

Ongkos bengkel

Biaya ini juga bisa muncul secara tidak terduga. Mobil yang kamu gunakan untuk mudik tiba-tiba mogok di kota orang. Akhirnya, kamu harus membawa mobil tersebut untuk ke bengkel yang bukan langgananmu.

Bila kerusakannya kecil mungkin biayanya tidak akan memberatkan. Tapi, bila kerusakannya parah, kamu bisa saja harus mengganti satu atau dua suku cadang. Kondisi ini bisa dihindari jika kamu melindungi kendaraan dengan asuransi. (Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Sewa Mobil untuk Mudik)

Biaya makan

Sering terjadi, ketika mudik pesawat yang akan kamu tumpangi mengalami delay. Akhirnya kamu harus menunggu lebih lama. Terpaksa, untuk mengganjal perut kamu pergi ke restoran atau cafe yang ada di bandara. Untuk harga, sudah pasti tidak ada yang murah di bandara. Kondisi serupa juga bisa terjadi jika kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Karena butuh mengisi perut, kamu pun pergi makan di restoran di kota yang kamu lewati. Selesai makan, kamu pun bisa kaget dengan tagihan yang tidak wajar. Biaya makan memang bisa menjadi bahaya laten. Untuk itu, usahakan membawa camilan dan makanan yang bisa kamu santap dalam keadaan darurat.

Tentang Penulis