Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Pengen Naik Jabatan Tahun Ini? Lakukan 5 Tips Berikut

by Rafly Aditia on 12 Januari, 2016

tips karier - CekAja.com

Kenaikan jabatan merupakan salah satu hal penting dalam karir. Sebab, jabatan merupakan salah satu indikator kesuksesan dalam karir. Bagi banyak pekerja, naik pangkat adalah salah satu tujuan yang harus diraih secepat mungkin.

Mengapa demikian? Karena semakin tinggi pangkat atau posisi yang kamu jabat di perusahaan, maka akan semakin besar pula gaji dan fasilitas yang kamu dapatkan, seperti tempat tinggal dan kendaraan dinas misalnya. Sehingga, taraf hidup atau tingkat kesejahteraan kamu semakin meningkat.

Namun, untuk mendapatkan kenaikan jabatan di hampir seluruh tempat bekerja entah itu perusahaan swasta, badan usaha milik negara, atau instansi pemerintah, membutuhkan promosi. Ini adalah salah satu fase yang harus kamu lalui dalam kenaikan jabatan. Nah, bagi kamu yang sudah bekerja cukup lama di kantor kamu saat ini, berikut 5 tips cepat naik jabatan yang harus kamu lakukan tahun ini;

Ambil bagian dan rajin berkomunikasi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah berpartisipasi serta berkomunikasi dengan baik kepada semua orang di kantor, terutama atasan. Dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat menunjukkan peran besar yang kamu miliki. Sehingga perusahaan akan menimbang mengembankan tugas yang lebih besar kepada kamu.

(Baca juga: Kalau Masih Melakukan Ini, Tandanya Kamu Susah Naik Jabatan di 2016)

Jangan pernah menarik diri dari lingkungan

Bekerja dalam diam, tidak berkomunikasi dengan teman-teman di kantor merupakan sebuah kesalahan yang harus kamu hindari dari sekarang. Kenapa? Karena, walau pekerjaan yang kamu lakukan bagus, kamu tidak mendapatkan perhatian dari orang-orang sekitar karena tidak berkomunikasi

Hal ini membuat kamu susah untuk merealisasikan kenaikan jabatan. Ingat, atasan kamu juga tidak terus menerus hanya memperhatikan pekerjaan kamu. Untuk itu berikanlah laporan tentang pekerjaan-pekerjaan yang telah kamu lakukan dengan baik. Ini penting agar atasan dapat mernyadari bahwa kamu memiliki kontribusi lebih di perusahaan.

Stop menghabiskan waktu dengan orang yang salah

Kamu adalah gambaran dengan siapa kamu bergaul. Ya, berhubung di kantor akan banyak sekali berbagai macam karakter orang, sebaiknya kamu menarik diri dari mereka yang suka mengeluh, dan tidak bekerja dengan baik.

Sementara itu, tempatkanlah diri kamu di tengah-tengah orang yang cerdas dan penuh semangat bekerja. sehingga saat kamu menginginkan kenaikan jabatan kamu memiliki ide-ide cemerlang yang bisa digunakan serta semangat yang tidak mudah dipatahkan.

Tingkatkan kinerja

Peningkatan kinerja adalah salah satu penilaian yang menentukan apakah kamu layak untuk mendapatkan promosi jabatan atau tidak. Untuk itu, tunjukkan terus bahwa kamu memiliki kinerja yang terus meningkat setiap bulannya.

Apabila kamu baru memasuki perusahaan tersebut, berusahalah untuk mengatur ritme kerja. Ritme yang perlahan tapi terus meningkat akan dinilai lebih baik dibandingkan lonjakan tinggi lalu mendadak turun drastis dibandingkan dengan sebelumnya.

(Baca juga: Waspada, Ini 5 Tanda Kamu Akan di-PHK)

Perluas kemampuan dan maksimalkan potensi

Ketika kamu ingin mendapatkan promosi jabatan, pastikan diri kamu memang memiliki kemampuan yang memang mumpuni untuk itu. Maka, mulai dari sekarang, kamu harus mempersiapkan diri untuk memperluas kemampuan. Jangan hanya terbatas pada satu bidang saja karena kemampuan di berbagai bidang menjadi nilai tersendiri yang dilihat oleh atasan.

Selain itu, maksimalkan potensi yang kamu miliki saat ini. Terus gali lebih dalam kemampuan serta potensi yang ada pada diri kamu dengan melakukan pekerjaan serta tugas-tugas yang diberikan oleh atasan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami