Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Pengertian Arti Kata Lockdown dan Sederet Negara yang Menerapkannya

by Nadhillah Kusindriani on 18 Maret, 2020

Wabah virus Corona atau Covid – 19 kini sudah semakin meluas. Hal tersebut membuat beberapa negara yang sudah terjangkit menerapkan sistem lockdown, demi menjaga keamanan dan kesehatan masyarakatnya. Namun, apakah kamu tahu apa pengertian arti kata lockdown itu sendiri?

pengertian arti kata lockdown

Sejatinya, Lembaga Kesehatan Dunia yaitu World Health Organization (WHO) sudah menetapkan virus Corona atau Covid – 19 sebagai pandemik. Di mana, virus ini dapat dengan mudah menyebar dari satu orang ke orang yang lain di seluruh dunia.

Singkatnya, pandemik merupakan keadaan suatu penyakit yang ketika ia menyebar, maka persebarannya dilakukan secara global. Untuk itu, bagi negara yang sudah terjangkit virus corona dan memakan banyak korban, negara tersebut harus melakukan lockdown untuk menghentikan rantai persebaran virus.

(Baca Juga: Jangan Panik! Ini Asuransi Di Indonesia Yang Mengcover Virus Corona)
Pengertian Arti Kata Lockdown

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sistem lockdown kini sudah banyak diberlakukan oleh beberapa negara di dunia. Tentu hal tersebut menjadi salah satu upaya untuk menghentikan persebaran virus Covid – 19 yang kini semakin mendunia. Namun, apakah kamu tahu pengertian arti kata lockdown itu sendiri?

Jika diartikan berdasarkan kamus bahasa Inggris, lockdown berarti kuncian. Di mana, sebuah negara yang sudah terjangkit virus Corona mengunci akses masuk dan keluar negaranya, untuk mencegah penyebaran virus Corona agar tidak semakin meluas.

Oxford University Press juga mengartikan lockdown sebagai sebuah perintah resmi, yang dikeluarkan untuk mengendalikan pergerakan orang-orang atau pun kendaraan, yang berada di dalam wilayah dan situasi berbahaya.

Dari beberapa pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa lockdown menjadi sebuah kebijakan pengamanan terhadap sebuah ancaman, dalam hal ini yaitu penyebaran virus Corona atau Covid – 19.

Jika sebuah negara sudah menerapkan sistem lockdown, maka semua aktivitas di luar ruangan yang melibatkan banyak orang pun harus dihentikan. Seperti misalnya sekolah, bekerja dan beberapa aktivitas lainnya yang dilakukan di tempat umum.

Dengan menerapkan sistem lockdown, risiko penularan virus Covid – 19 di luar wilayah lockdown diharapkan dapat berkurang.

Namun, ketika sistem lockdown diberlakukan, maka negara harus siap untuk memberikan jaminan keamanan terhadap kebutuhan sosial masyarakatnya, seperti suplai makanan, pendidikan, kesehatan dan beberapa kebutuhan lainnya.

Negara yang Sudah Lockdown

Sistem lockdown kini sudah banyak dilakukan oleh beberapa negara yang terjangkit virus Corona atau Covid – 19. Di antaranya ada 11 negara yang berhasil CekAja.com rangkum khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. China

China - Pengertian Arti Kata Lockdown dan Sederet Negara yang Menerapkannya

Negara pertama yang menerapkan sistem lockdown adalah China. Dimana, penyebaran virus Corona atau Covid – 19 pertama kali terjadi di negara ini, tepatnya di kota Wuhan, Hubei. Tidak hanya itu, kasus ini juga menjadi kasus paling besar di dunia yang pernah menimpa negara China.

Lockdown yang dilakukan di Hubei, China sangat ketat. Hal tersebut terlihat dari transportasi umum yang aktivitasnya juga ikut dilumpuhkan. Terlebih, presiden China, yaitu Xi Jinping baru sempat berkunjung ke Wuhan pada awal bulan Maret kemarin.

Sebelumnya, pemerintah China hanya me-lockdown 16 kota. Namun, seiring berjalannya waktu provinsi yang ditutup bertambah sampai dengan 20 provinsi hingga akhir Januari 2020.

Tidak hanya itu, Media CNN juga menganalisis setengah dari populasi China, yaitu sekitar 780 juta mengalami pembatasan perjalanan pada pertengahan Februari, seperti yang dilansir kompas.com.

2. Italia

Italia - Pengertian Arti Kata Lockdown dan Sederet Negara yang Menerapkannya

Italia menjadi negara kedua yang memberlakukan lockdown karena virus Corona atau Covid – 19. Sistem lockdown tersebut diberlakukan oleh Perdana Menteri Italia pada 10 Maret 2020. Sebab, sejak saat itu pasien virus Corona mengalami lonjakan yang cukup besar.

Diterapkannya sistem lockdown membuat 60 juta warga Italia terjebak di dalam wilayahnya masing-masing. Maka dari itu, sebelum sistem tersebut diberlakukan, belasan ribu warga Italia dilaporkan kabur terlebih dahulu untuk menghindari karantina.

Bagaimana tidak? Pasalnya aturan karantina yang diberlakukan di Italia kini semakin ketat. Bagi setiap warga yang keluar rumah tanpa perizinan jelas akan dikenakan denda sebesar 206 euro.

Namun, kabar baik segera datang untuk warga Italia. Karena, sistem lockdown tersebut direncanakan akan selesai pada awal April mendatang.

3. Filipina

Filipina - Pengertian Arti Kata Lockdown dan Sederet Negara yang Menerapkannya

Selanjutnya ada Filipina. Negara berkembang ini berani mengambil langkah besar dengan melakukan lockdown di beberapa daerah yang terjangkit virus Corona, salah satunya adalah Metropolitan Manila yang merupakan ibukota Filipina.

Seiring berjalannya waktu, daerah yang di lockdown pun semakin luas hingga seantero Pulau Luzon. Melalui kebijakan tersebut, pemerintah Filipina menegaskan kepada warganya agar tidak beraktivitas di luar rumah terlebih dahulu.

Dalam menjalankan sistem lockdown, pemerintah daerah juga dituntut untuk mencegah adanya panic buying pada masyarakat. Sebab hal tersebut yang nantinya akan memperburuk keadaan.

Tidak hanya itu, petugas berseragam juga turut membantu mengamankan beberapa daerah yang terkena lockdown.

Dengan adanya kebijakan tersebut, beberapa jalan di Manila menjadi lenggang, dari yang sebelumnya sangat padat. Sistem lockdown juga direncanakan akan terus berlangsung hingga pertengahan April 2020.

4. Denmark

Denmark - Pengertian Arti Kata Lockdown dan Sederet Negara yang Menerapkannya

Negara selanjutnya adalah Denmark. Negara ini mulai memberlakukan sistem lockdown sejak Sabtu, 14 Maret 2020. Semua akses di perbatasan negara Denmark pun ditutup, mulai dari darat, laut, hingga udara.

Lockdown menjadi salah satu keputusan berat yang harus diambil oleh Perdana Menteri Denmark. Pasalnya, ada sebanyak 800 orang warga Denmark yang sudah terjangkit virus Corona.

Untuk itu, lockdown menjadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menutup dan memberhentikan rantai penyebaran virus Covid – 19 ini. Lockdown di Denmark juga dikabarkan akan berakhir pada 14 April 2020.

5. Perancis

Perancis - Pengertian Arti Kata Lockdown dan Sederet Negara yang Menerapkannya

Negara kelima adalah Perancis. Negara ini juga memberlakukan sistem lockdown selama 15 hari melalui keputusan Presiden Perancis yaitu Emmanuel Macron.

Sama seperti negara Italia, Perancis juga akan mengenakan denda kepada warganya yang melanggar peraturan. Di mana, peraturan tersebut berisi larangan untuk beraktivitas di luar rumah, kecuali untuk keperluan belanja.

Hal tersebut dikarenakan jumlah kasus dari virus Corona atau Covid – 19 di Perancis yang kian hari semakin meningkat, yaitu lebih dari 5.400 kasus dengan angka kematian hingga 127.

6. Irlandia

Irlandia - Pengertian Arti Kata Lockdown dan Sederet Negara yang Menerapkannya

Irlandia sendiri sudah mulai mengumumkan sistem lockdown sejak 12 Maret 2020. Melalui sistem ini, pemerintah Irlandia meminta agar warganya hanya beraktivitas di rumah saja, dan menghindari kegiatan-kegiatan di luar rumah.

Pasalnya, beberapa tempat di negara ini sudah ditutup, di antaranya yaitu lembaga pendidikan, lembaga budaya, sekolah hingga perkantoran.

7. Spanyol

Spanyol - Pengertian Arti Kata Lockdown dan Sederet Negara yang Menerapkannya

Semenjak kasus virus Corona melonjak tinggi di Spanyol, maka pemerintah daerah Catalonia, Spanyol mulai memberlakukan sistem lockdown. Sistem tersebut sudah berlaku sejak Kamis malam, 12 Maret 2020.

Spanyol me-lockdown empat kota, di antaranya yaitu Vilanova del Camí, Igualada, Òdena dan Santa Margarida de Montbui. Dari empat kota tersebut, kurang lebih terdapat 70 orang yang terjebak di dalam wilayahnya masing-masing, akibat dari sistem lockdown yang diterapkan tersebut.

8. Polandia

Polandia - Pengertian Arti Kata Lockdown dan Sederet Negara yang Menerapkannya

Kedelapan ada Polandia. Negara ini untuk sementara waktu menerapkan sistem lockdown. Hal tersebut dilakukan oleh Polandia guna menghentikan rantai penyebaran virus Corona yang sudah menyerang negaranya.

Pemerintah Polandia juga menutup akses masuknya WNA ke dalam negara Polandia. Ketatnya peraturan tersebut dikarenakan pasien yang terjangkit virus Corona kurang lebih sebanyak 125 pasien.

9. Arab Saudi

Arab Saudi - Pengertian Arti Kata Lockdown dan Sederet Negara yang Menerapkannya

Negara yang menerapkan sistem lockdown selanjutnya adalah Arab Saudi. Negara ini melarang WNA dari 51 negara masuk ke dalam wilayahnya. Lima dari 51 negara yang di larang masuk di antaranya adalah Indonesia, India, Korea, Jerman hingga Yunani.

Tidak hanya itu, pemerintah Arab Saudi juga melarang warganya untuk beraktivitas dan melakukan perjalanan ke 51 negara tersebut. Meski begitu, larangan tersebut hanya bersifat sementara dan dikecualikan untuk urusan perdagangan, pelayaran, evakuasi hingga urusan kemanusiaan.

10. Libanon

Libanon - Pengertian Arti Kata Lockdown dan Sederet Negara yang Menerapkannya

Libanon menjadi negara kesepuluh versi CekAja.com yang melakukan lockdown. Sama seperti Arab Saudi, negara ini juga melarang adanya perjalanan udara dari dan ke 11 negara yang sedang terjangkit virus Corona. Kebijakan tersebut mulai diberlakukan sejak 12 Maret 2020.

11 negara yang dilarang masuk dan dikunjungi di antaranya adalah China, Italia, Iran, Perancis, Korea Selatan, Jerman, Spanyol, Irak, Mesir, Suriah dan Inggris. Lockdown yang diberlakukan di Libanon ini akan terus berlangsung selama 14 hari.

(Baca Juga: Cek Corona Jabar Di Situs Pikobar, Cek Sekarang!)
11. Malaysia

Malaysia - Pengertian Arti Kata Lockdown dan Sederet Negara yang Menerapkannya

Terakhir ada Malaysia. Negara yang satu ini baru saja memberlakukan sistem lockdown yang akan dimulai pada 18 Maret 2020 dan berakhir pada 31 Maret 2020.

Sama seperti negara lainnya yang melakukan lockdown, warga Malaysia dilarang untuk meninggalkan dan melakukan perjalanan ke luar negeri. Sistem ini pun berlaku untuk warga Malaysia yang baru saja kembali dari perjalanannya.

Di mana, warga tersebut akan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Setelah itu, warga Malaysia akan diarahkan untuk melakukan karantina selama 14 hari.

Diterapkannya sistem lockdown membuat Malaysia melarang WNA untuk masuk ke negaranya. Tidak hanya itu, beberapa aktivitas luar ruangan pun diberhentikan, seperti sekolah dan beberapa lembaga pendidikan lainnya.

Nah, melalui penjelasan di atas kini kamu mengetahui negara mana saja yang sudah menerapkan sistem lockdown. Terlebih, kamu juga mengetahui apa pengertian arti kata lockdown itu sendiri.

Dengan begitu, secara tidak langsung kamu juga mengetahui seberapa bahayanya virus Corona bagi kesehatan diri. Maka dari itu, kamu bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga diri dari serangan Covid – 19, seperti sering mencuci tangan, hindari menyentuh muka dengan tangan, melakukan social distancing dan lain sebagainya.

Pinjaman Dana Untuk Kondisi Darurat Bersama UangTeman

Kondisi lockdown akan membuat beberapa aktifitas mu terbatas. Bahkan, beberapa binis atau usaha terpaksa diliburkan untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Hal inilah yang menyebabkan pendapatan mu berkurang.

Namun jangan khawatir, jika kamu memerlukan dana cepat untuk memenuhi kebutuhan mu kini ada UangTeman. Bersama UangTeman, kamu bisa mendapatkan pinjaman dana secara cepat dan mudah.

Jadi, tunggu apalagi segera ajukan pinjaman dana mu di UangTeman!

Tentang Penulis