Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Daftar SNMPTN Panduan Lengkap Tahun 2020

by Kyla Damasha on 14 Januari, 2020

Apakah kamu tahu tentang pengertian dan cara daftar SNMPTN di tahun 2020 ini? Bagi kamu yang baru lulus SMA dan tengah mempersiapkan untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri, mengetahui pengertian dan cara daftar SNMPTN memang wajib untuk dipelajari dan diketahui.

Cara Daftar SNMPTN Panduan Lengkap Tahun 2020

Hal tersebut disebabkan SNMPTN itu sendiri merupakan salah satu jalur masuk yang bisa membawamu ke Perguruan Tinggi Negeri favorit. Nah, bagi kamu yang tengah mempersiapkan diri untuk mendaftar di Perguruan Tinggi favorit, ketahui dulu pengertian dan cara daftar SNMPTN yang akan kita bahas berikut ini.

Pengertian SNMPTN

SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi salah satu jalur masuk penerimaan mahasiswa untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri yang diadakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur, yaitu SNMPTN undangan yang mirip dengan jalur PMDK, yang mana para calon mahasiswa disaring melalui nilai rapor dan jalur kedua yaitu SNMPTN tertulis yang bisa diikuti oleh seluruh calon mahasiswa.

Namun sejak tahun 2013, SNMPTN tertulis telah berganti menjadi SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri sedangkan untuk jalur undangan berubah nama menjadi SNMPTN saja, tanpa menggunakan kata ‘undangan’ lagi, yang mana kriteria penerimaan akan dilihat berdasarkan nilai raport, nilai ujian nasional, dan prestasi akademis lainnya.

Nah, ujian SBMPTN atau SNMPTN tertulis ini bisa menjadi salah satu keuntungan para calon mahasiswa karena terbukti lebih murah, fleksibel, dan efisien, khususnya bagi para calon mahasiswa lintas wilayah.

Meskipun begitu, SNMPTN dan SBMPTN tentu bukan hanya satu-satunya cara agar kamu bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan. Karena selain kedua jalur masuk tersebut, masih terdapat satu jalur masuk lagi yang bisa kamu gunakan, yaitu melalui jalur mandiri.

Jalur masuk satu ini merupakan alternatif lainnya yang diadakan oleh pihak institusi bagi kamu yang gagal dalam jalur SNMPTN dan SBMPTN. Jalur mandiri hampir serupa dengan SNMPTN dan SBMPTN, yakni dengan melalui rangkaian tes, seperti tes kemampuan dasar, tes potensi akademik, dan tes kelompok SAINTEK / SOSHUM.

Hanya saja, soal-soal yang diujikan biasanya akan berbeda dari SBMPTN, karena di jalur mandiri ini soal tes dibuat langsung oleh pihak Perguruan Tinggi terkait.

Persyaratan SNMPTN
a. Persyaratan Sekolah
  • SMA/MA/SMK negeri atau swasta yang memiliki NPSN
  • Ketentuan akreditasi:
  • Akreditasi A: 40% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi B: 25% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya
  • Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
b. Persyaratan Peserta
  • Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) yang memiliki prestasi unggul
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  • Memiliki NISN dan/atau NIK dan terdaftar di PDSS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 s.d 5 yang telah diisikan di PDSS
Cara Daftar SNMPTN
·     Registrasi Akun LTMPT

Cara daftar SNMPTN yang pertama yaitu dengan melakukan registrasi akun LTMPT. Setiap calon peserta, baik itu SNMPTN, UTBK, maupun SBMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id/.

·     Pengisian Data PDSS

Setiap sekolah wajib melakukan pengecekan NPSN di laman PDSS dan memastikan bahwa NPSN beserta data tentang sekolah tersebut sudah benar dan terverifikasi di PDSPK Kemdikbud.

Setelah itu, Kepada Sekolah atau yang ditugasi oleh Kepala Sekolah harus mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

·     Pemeringkatan

Pemeringkatan siswa dilakukan oleh pihak Sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran, sebagaimana berikut ini:

  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan)

Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh pihak Sekolah, jumlah siswa yang bisa mendaftar di SNMPTN harus sesuai dengan ketentuan akreditasi sekolah sebagaimana berikut ini:

  • Akreditasi A: 40%
  • Akreditasi B: 25%
  • Akreditasi C dan lainnya: 5%

Nah, selain pemeringkatan berdasarkan nilai akademis, pihak Sekolah juga bisa menambah kriteria lainnya seperti prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada yang memiliki nilai yang sama.

Tak hanya itu, jumlah siswa yang masuk ke dalam pemeringkatan harus sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi yang telah disebutkan sebelumnya. Setelah itu, LTMPT melalui PDSS akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah pihak sekolah melakukan finalisasi PDSS.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di SNMPTN, Pilihanmu Termasuk?)
·     Pendaftaran SNMPTN

Langkah terakhir dari cara daftar SNMPTN yaitu dengan melakukan pendaftaran SNMPTN itu sendiri. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria akan melakukan pendaftaran di laman LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id dengan mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Setiap pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan. Selain itu, siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga juga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang  telah disahkan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan pedoman yang diunduh dari LTMPT.

Setelah melalui seluruh prosedur pendaftaran, setiap peserta tinggal mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda