Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Pengganti Kartu Kredit untuk Menyicil Barang Impian

by Kartika Ratnasari on 1 Agustus, 2017

tips belanja online _ kartu kredit - CekAja.com

Ketika pengajuan kartu kredit selalu ditolak oleh bank, ada cara alternatif lain untuk menyicil barang impian, seperti Kredivo.

Mungkin banyak dari kita yang sering gagal membeli barang impian karena terkendala dengan harganya yang mahal. Salah satu solusinya adalah dengan menyicil barang tersebut menggunakan kartu kredit. Namun proses membuat kartu kredit tak selalu mudah dan lancar.

Tak jarang bank menolak aplikasi yang diajukan karena berbagai alasan. Mulai dari salah mengisi formulir, catatan kredit buruk, bahkan terlalu sering berpindah pekerjaan juga jadi penyebab pengajuan kartu kredit ditolak.  Jika demikian, memiliki barang impian hanya akan terjadi dalam angan-angan.

Lalu apa yang harus dilakukan jika menghadapi situasi seperti ini? Meminjam uang dengan keluarga atau teman? Sepertinya belum tentu mereka mau untuk memberi pinjaman, apalagi jika barang yang ingin dibeli tidak benar-benar darurat dan penting.

(Baca juga: Kartu Kredit Ini Bikin Hemat Nonton Film Terbaru di Bioskop, Cek Yuk!)

Misalnya seorang fotografer bernama Rio, baru saja kehilangan kamera miliknya yang baru dibeli beberapa bulan lalu.  Rio menghabiskan seluruh tabungannya untuk membeli kamera tersebut. Dalam keadaan seperti ini, pekerjaan Rio mengharuskannya untuk membeli kamera baru, sedangkan harganya setara dengan tiga kali gaji bulanan Rio.

Rio bisa saja menyicil kamera menggunakan kartu kredit, namun sayangnya aplikasi kartu kredit Rio selalu ditolak oleh pihak bank karena ia belum setahun penuh bekerja. Hingga pada akhirnya, pekerjaan Rio menjadi terganggu karena hal ini. Tentu kasus seperti ini tak hanya dialami oleh Rio, banyak Rio lain di Indonesia yang bernasib sama.

Menyicil Barang Impian dengan Kredivo

Sebenarnya, kita tak perlu lagi kesulitan untuk miliki barang impian dengan menyicilnya. Layanan kreidt seperti kredivo merupakan solusi kredit instan yang memberikan kita kemudahan untuk menyicil barang saat belanja online.

(Baca juga: Apply Kartu Kredit Online Menguntungkan, Mengapa?)

Miliki cara kerja seperti kartu kredit, melalui Kredivo kita bisa bertransaksi di situs belanja online sekarang, dan membayarnya nanti  dalam 30 hari dengan bunga 0% atau cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan dengan bunga rendah. Agar tak  bingung dengan cara kerja mereka, mari kita simak lebih.

Cara dan syarat daftar Kredivo

Terdapat 2 cara untuk mendaftar, yaitu dengan mengunduh aplikasinya di Google Play bagi pengguna Android, atau melalui website untuk pengguna iPhone dan komputer. Adapun untuk membuka akun, kita harus mengunggah beberapa dokumen pribadi seperti kartu identitas berupa KTP, bukti alamat berupa NPWP, STNK, atau Kartu Keluarga, dan bukti penghasilan berupa slip gaji atau mutase rekening.

Batas kredit yang diberikan

Ketika memilih metode bayar dalam 30 hari, kita bisa mendapatkan limit hingga Rp 3.000.000, sedangkan untuk pilihan cicilan 3 hingga 12 bulan, limit yang diberikan sebesar Rp 20.000.000.

Daftar merchant partner

Metode cicilan melalui Kredivo hanya dapat dilakukan jika kita berbelanja online di merchant partner . Tak perlu takut situs belanja online favorit kita tidak bisa melakukan pembayaran melalui Kredivo karena sudah banyak merchant yang bekerja sama dengan Kredivo, mulai dari marketplace seperti Lazada, Bukalapak, Bhinneka, situs belanja khusus fesyen seperti VIP Plaza hingga toko emas online ORORI.

Langkah-langkah belanja online dengan Kredivo

Setelah menemukan situs belanja favorit dalam daftar merchant partner, sekarang saatnya untuk berbelanja. Pertama-tama, pastikan untuk memiliki akun dengan mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi atau website mereka, lalu cantumkan dokumen yang menjadi persyaratan. Setelah disetujui, kita bisa mulai berbelanja online di merchant partner Kredivo.

Selesai memilih barang yang akan dibeli, pilih bayar dengan Kredivo di halaman pembayaran. Pilih opsi pembayaran cicilan, 30 hari atau cicilan 3 hingga 12 bulan. Setelah itu masukkan nomor ponsel terdaftar dan PIN, lalu masukkan kode OTP yang akan diterima lewat SMS untuk mengkonfirmasi transaksi. Apabila memilih metode cicilan 3 hingga 12 bulan, lakukan pembayaran uang muka sebesar 20% untuk konfirmasi pesanan.

 

Tentang Penulis