7 Pengusaha Milenial Paling Inspiratif, Yuk Ikuti Jejaknya!

10 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Hidup sebagai seorang pengusaha milenial paling inspiratif, rasanya menjadi salah satu impian generasi milenial. Bagaimana tidak, sukses berdiri dengan kaki sendiri merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan.

Hidup dengan finansial yang jauh lebih stabil, tentu impian semua orang. Namun faktanya, di lingkungan sekitar masih banyak dijumpai generasi milenial, yang mengeluh perihal pekerjaannya.

Umumnya, mereka mengeluh soal beban pekerjaan yang tidak sesuai dengan gaji, lingkungan kerja yang tidak kondusif, gaji yang tak kunjung naik, hingga keluhan lainnya yang banyak dijumpai oleh karyawan perusahaan.

Jika kamu salah satu di antara generasi milenial, yang juga sering mengeluhkan hal-hal tersebut, sepertinya kamu sudah harus mulai banting stir menjadi pengusaha.

Memang, berpindah Haluan menjadi pengusaha tidak mudah dan banyak rintangannya. Tetapi, jika dijalani dengan tekun, gigih dan diikuti dengan target atau tujuan yang jelas, semua rintangan tersebut pasti terlewati.

Untuk memotivasi kamu mencoba menjadi seorang pengusaha, pada kesempatan kali ini CekAja.com telah merangkum beberapa pengusaha milenial paling inspiratif, yang kisahnya bisa kamu jadikan pelajaran.

Adapun beberapa pengusaha milenial paling inspiratif tersebut, nantinya akan diulas secara lengkap sebagai berikut. Simak bersama-sama, yuk!

Sukses Di Usia Muda, Apakah Mungkin?

Sepertinya, pertanyaan semacam di atas sering dijumpai pada kaum milenial, khususnya yang masih berusia muda.

Pertanyaan mengenai kesuksesan ini biasanya muncul, akibat pandangan dan stereotype masyarakat terhadap kesuksesan karir, yang hanya terjadi pada usia-usia lanjut, seperti 50 tahun ke atas.

Padahal, kesuksesan itu tidak bisa diukur dari usia. Karena, kesuksesan merupakan hak semua orang, yang bisa didapat melalui keinginan yang kuat, usaha dan kerja keras.

(Baca Juga: Orang Terkaya di Indonesia 2020)

Tolok ukur kesuksesan pun tidak hanya dari materi saja, melainkan dari keberhasilan seseorang dalam mewujudkan target atau tujuan hidupnya.

Sehingga, bisa dikatakan kalau kesuksesan setiap individu itu relatif dan tidak bisa disamaratakan.

Ada orang yang sukses usaha di usia muda, karena sejak kecil sudah diajarkan mandiri, kerja keras yang diwujudkan dalam bentuk jualan kecil-kecilan.

Ada pula orang yang baru sukses usaha di usia lanjut, karena di usia sebelumnya sedang mengarungi pasang surut kehidupan, yang membuatnya memiliki banyak pengalaman dan pelajaran hidup untuk masa ini.

Intinya, kesuksesan bisa dicapai oleh siapa saja dan usia berapa saja. Dengan catatan, orang tersebut tentunya memiliki keinginan tinggi untuk berusaha, kerja keras dan fokus dengan tujuan.

Tips Sukses Usaha Di Usia Muda

Untuk bisa menjadi salah satu pengusaha milenial paling inspiratif, kamu tidak hanya perlu usaha dan kerja keras saja.

Tetapi, kamu juga perlu mengetahui tips sukses usaha di usia muda, untuk bisa menggapai kesuksesan lebih mudah, cepat dan terarah.

Adapun beberapa tips sukses usaha di usia muda yang perlu kamu ketahui dan lakukan, di antaranya yaitu:

  • Memiliki tujuan hidup yang realistis, pastikan kamu sudah mengetahui nantinya hidupmu akan dibawa ke arah mana, yang akan membawamu ke arah dan jalan kesuksesan. Akan lebih baik, jika kamu menginvestasikan waktu dan uang untuk 10-20 tahun ke depan.
  • Fokus pada tujuan dan hilangkan pikiran negatif, ini merupakan hal penting untuk dilakukan agar usaha tetap maju, dan kamu tidak mudah tergoyah dengan pro kontra dari lingkungan sekitar.
  • Penuhi lingkungan dengan orang sukses, karena dengan lingkungan yang seperti ini, kamu akan mendapatkan banyak motivasi dari kisah perjalanan setiap orang dalam menggapai kesuksesannya.
  • Buang jauh kebiasaan pasif, hal ini mungkin terasa sulit bagi kamu yang pendiam karena harus keluar zona nyaman, namun ini penting dilakukan agar komunikasi antara anggota tim berjalan lancar dalam menyelesaikan pekerjaan.
  • Tetapkan target, jika sebuah usaha atau bisnis tidak memiliki target, maka usaha akan selalu berjalan di tempat tanpa perkembangan signifikan. Target di sini membantu usahamu agar dapat berkembang secara berkala, sesuai dengan waktu yang ditentukan.
  • Buang jauh-jauh pikiran tentang kemungkinan gagal, meski hal ini kerap kali terbesit di pikiran, namun jangan sampai hal ini memicu rasa lelah dan pantang menyerah dalam menggapai kesuksesan. Sebaiknya, pikirkan hal-hal positif yang akan memberikan kontribusi baik bagi kesuksesan usahamu.
  • Penuhi diri dengan pengetahuan bisnis, untuk bisa meraih sebuah kesuksesan, kamu juga perlu memiliki pengetahuan bisnis yang mumpuni. Sebab, pengetahuan tersebut nantinya bisa diterapkan, untuk mengembangkan bisnis yang sedang atau akan dijalani.
  • Sisihkan pendapatan untuk modal usaha, ini menjadi hal krusial yang perlu dipersiapkan sejak lama. Mengingat, usaha atau bisnis tidak akan bisa berjalan, dan kesuksesan di usia muda mustahil terwujud, tanpa adanya modal.
  • Menggunakan aplikasi pencatat keuangan, ini merupakan solusi untuk kamu yang memiliki masalah keuangan, karena aplikasi pencatat keuangan akan membantumu memiliki pencatatan keuangan yang lebih baik.

Daftar Pengusaha Milenial Paling Inspiratif

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa hal, terkait kemungkinan sukses usaha di usia muda beserta tips yang perlu dilakukan, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui daftar pengusaha milenial paling inspiratif, yang bisa dijadikan motivasi.

Pasalnya, semua pengusaha milenial yang akan diulas kali ini adalah pengusaha muda yang telah sukses di bidangnya masing-masing, karena percaya dengan mimpi dan mau mewujudkannya dengan usaha serta kerja keras.

Jika kamu penasaran siapa saja pengusaha milenial paling inspiratif tersebut, yuk langsung simak ulasan berikut ini!

1. Nadiem Makarim

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu Nadiem Makarim? Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 2019-2024 ini, dahulunya merupakan CEO sekaligus Founder perusahaan ride-hailing bernama Gojek.

Sejak menjadi CEO dan Founder Gojek, Nadiem Makarim sudah dikenal sebagai salah satu pengusaha milenial paling inspiratif di Indonesia.

Bagaimana tidak, pria yang lahir pada 4 Juli ini pasalnya ingin memberikan solusi bagi para penyedia jasa ojek, untuk bisa mendapatkan penumpang dengan mudah.

Karena, Nadiem melihat permasalahan utama para penyedia jasa ojek adalah kesulitan mendapat penumpang.

Berawal dari permasalahan itulah, akhirnya tercetus ide untuk mendirikan perusahaan penyedia jasa transportasi ojek berbasis online, yang saat ini dikenal dengan nama Gojek.

Selama proses pendiriannya, Nadiem sempat dianggap remeh dan mendapat banyak cibiran, karena dinilai ide serta usahanya tidak masuk akal.

Namun, Nadiem tidak terlalu mendengarkan tanggapan negatif tersebut dan tetap gigih mempertahankannya, hingga kesuksesan berhasil diraih sampai saat ini.

Sebagai informasi tambahan, sebelum sukses mendirikan Gojek dan menjadi CEO, Nadiem pernah bekerja di beberapa perusahaan, seperti perusahaan konsultan Mckinsey & Company, Managing Editor di Zalora Indonesia, hingga yang terakhir di Kartuku dan menjabat sebagai Chief Innovation Officer.

2. Ferry Unardi

Pengusaha milenial paling inspiratif berikutnya ada Ferry Unardi. Sebagai co-Founder dan CEO Traveloka, Ferry mendirikan perusahaan ini berdasarkan mimpinya pada saat duduk di bangku kuliah.

Saat itu, Ferry memiliki ide dan berencana untuk membagun sebuah startup, yang terfokus pada pencarian tiket pesawat.

Berkat ide tersebut, serta ditunjang dengan latar belakang dirinya dan rekan sebagai engineer, Ferry bersama rekannya pun mulai membangun Traveloka, mulai dari sistemnya, analisis e-commerce dan lain sebagainya.

Meski berhenti kuliah, namun itu bukan penghalang untuk Ferry bisa membuktikan dan mewujudkan idenya.

Setelah melewati beberapa proses, akhirnya Traveloka rilis. Namun sayangnya, di awal peluncuran Traveloka tidak mendapatkan satupun maskapai penerbangan, yang ingin bekerja sama.

Tetapi seiring berjalannya waktu dan kemajuan trafik website, kemudian ide startup yang sangat unik, maskapai penerbangan pun satu-satu mulai berdatangan untuk melakukan kerjasama.

Yang mana, setiap transaksi yang dilakukan akan diberikan profit sebesar 5 persen. Hal itulah yang selanjutnya membuat Traveloka kian berkembang, hingga saat ini menyabet status sebagai startup unicorn dan menjadi situs pencarian tiket pesawat terfavorit.

3. Achmad Zaky

Di urutan ketiga ada Achmad Zaky, sebagai salah satu pengusaha milenial paling inspiratif.

Kamu bisa mengambil pelajaran dari kisah Founder sekaligus mantan CEO Bukalapak ini, dalam membangun salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yang satu ini.

Jika dilihat dari kisah pendiriannya, awalnya ide untuk mendirikan Bukalapak berasal dari ketertarikan Zaky terhadap dunia informatika sejak SD.

Kemudian dari ketertarikan tersebut, akhirnya Zaky gigih untuk terus berusaha hingga akhirnya membuahkan hasil berupa e-commerce yang hadir pada 2010, dan mengantarkan dirinya menjadi penguasa muda yang sukses.

Sama seperti dua pengusaha milenial inspiratif sebelumnya, Zaky pun sempat mendapatkan rintangan berupa keraguan masyarakat terhadap jual-beli online, yang pada saat itu masih sangat awam.

Namun berkat kegigihan dan ketekunannya, masyarakat pun lambat laun percaya dengan sistem jual-beli online, lalu Bukalapak mulai dikenal dan menerima banyak investasi, baik dari dalam maupun luar negeri.

4. William Tanuwijaya

Buat kamu pengguna setia aplikasi e-commerce Tokopedia, kamu mungkin sudah tidak asing dengan nama William Tanuwijaya.

Ya, ia merupakan salah satu pengusaha milenial paling inspiratif, yang berhasil membuat nama Tokopedia sukses dan besar seperti saat ini.

Tetapi, untuk bisa membesarkan nama Tokopedia, perjuangan yang dilakukan pria kelahiran 11 November 1981 ini sangat besar dan tidak mudah.

Dahulu ia pernah menjadi penjaga warnet untuk bisa mendapatkan uang tambahan. Dan dari menjaga warnet inilah, William akhirnya bisa mengenal dan mendalami internet lebih dalam.

Seiring berjalannya waktu, William pun bekerja di beberapa perusahaan software dan game developer, hingga akhirnya memutuskan untuk mendirikan Tokopedia dan merintisnya hingga besar seperti saat ini.

5. Reza Nurhilman

Menjadi salah satu makanan ringan bercita rasa gurih dan lezat, Maicih menjadi keripik pedas favorit masyarakat Indonesia yang paling populer.

Dibalik kepopulerannya tersebut, ada sosok Reza Nurhilman, pria yang mendirikan, merintis dan menyukseskan keripik pedas tersebut.

Lahir pada 29 September 1987, Reza mulai merintis usaha keripik pedas Maicih pada usia 23 tahun. Awalnya, Reza hanya memasarkan keripik Maicih melalui media sosial Twitter.

Kemudian, seiring waktu berjalan ia mulai menerapkan sistem agen, agar keripik asal Bandung tersebut bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Sejak diterapkannya sistem agen tersebut, keripik pedas Maicih pun bisa ditemukan di banyak tempat dan toko makanan lain, di hampir seluruh Indonesia.

6. Hendy Setiono

Kamu mungkin tidak kenal dengan Hendy Setiono, tapi kamu pasti kenal bahkan tidak asing dengan Kebab Baba Rafi.

Merek kebab yang banyak dijumpai di banyak kota ini, merupakan milik seorang pengusaha milenial paling inspiratif bernama Hendy Setiono dan istrinya.

Didirikan pada tahun 2007, Hendy dan istri awalnya memulai usaha kuliner ini karena mendapatkan ide ketika berkunjung ke Qatar.

Berawal dari ide itulah, akhirnya Hendy dan istri yang pada saat itu hanya memiliki modal sekitar Rp4 juta saja, memberanikan diri membuka gerai makanan gerobak.

Melihat antusias masyarakat yang cukup baik terhadap makanan yang dijualnya, akhirnya Hendy dan istri mengembangkan usaha Kebab Baba Rafi dengan sistem franchise.

Melalui sistem tersebut, ternyata hasil yang didapatkan Hendy sangat baik, bahkan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, franchise Kebab Baba Rafi banyak diburu oleh para pengusaha muda lainnya.

Perlu diketahui, hingga saat ini franchise Kebab Baba Rafi sudah menjangkau beberapa negara tetangga, yaitu Malaysia, Filipina, Sri Lanka dan China.

7. Muhammad Alfatih Timur

Pengusaha milenial paling inspiratif yang terakhir ada Muhammad Alfatih Timur. Co-Founder sekaligus CEO Kitabisa.com ini, berhasil mendirikan situs crowdfunding pada 6 Juli 2013.

Melansir dari cnbcindonesia.com, Kitabisa.com merupakan situs dengan 2.801.425 orang bergabung, yang telah berhasil memfasilitasi lebih dari 31.846 penggalangan dana sosial, dengan Rp815 miliar donasi yang sudah terkumpul.

Untuk bisa menjadi situs besar seperti saat ini, mantan aktivis mahasiswa UI yang disapa Timmy ini tentu pernah melalui beberapa rintangan.

Hanya saja, ia tetap tekun dan gigih untuk menyukseskan dan membesarkan nama Kitabisa.com.

Hingga akhirnya, ketekunan dan kegigihan Timmy pun terbayarkan saat ini, di mana Kitabisa.com menjadi situs crowdfunding andalan masyarakat Indonesia.

Lebih dari itu, Timmy juga masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2016 untuk kategori social-entrepreneur.

(Baca Juga: 4 Pengusaha Kaya yang Hobi Bermusik)

Itulah beberapa daftar pengusaha milenial paling inspiratif, yang sudah kamu ketahui dan bisa kamu jadikan inspirasi serta motivasi.

Semua pengusaha milenial paling inspiratif tersebut, memiliki kisah hidup yang berbeda dan unik dalam mengarungi perjalanan usahanya, hingga mencapai titik kesuksesan seperti saat ini.

Semua kisah dari para pengusaha milenial paling inspiratif ini, tentunya bisa dijadikan pelajaran dan juga pandangan, bagi kamu yang sedang atau akan menjalankan suatu bisnis.

Sehingga, nantinya kamu tidak lagi bingung dan akan lebih siap, dalam melangkah ke dunia bisnis ini.

Dengan mengetahui kisah para pengusaha milenial pun, kamu jadi tahu apa saja kemungkinan rintangan yang akan datang, dan bagaimana cara mengatasinya dengan baik, agar tidak mudah goyah dan pantang menyerah.

Semua hal tersebut, sejatinya perlu dipersiapkan secara matang sejak dini. Namun, tidak hanya hal-hal di atas saja yang perlu dipersiapkan, tetapi modal pun sudah harus dipikirkan sejak awal ingin memulai bisnis.

Kamu bisa menggunakan dana yang ada saat ini, untuk memulai bisnis yang telah direncanakan. Tetapi, apabila dana yang dimiliki saat ini belum cukup, kamu jangan khawatir!

Sebab, kamu bisa mendapatkan tambahan dana dengan mengajukan pinjaman dana tunai, melalui CekAja.com.

Karena di sana, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai, dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman dana tunai sekarang juga dan raih kesuksesan bisnis yang cemerlang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani