Penilaian Bank Saat Setujui Pengajuan Kartu Kredit Nasabah, Tidak Semua Lolos

Penasaran mau tahu apa penilaian bank saat setujui pengajuan kartu kredit nasabah? Ini dia jawabannya.

Pariwara

Mengajukan kartu kredit tidaklah segampang yang diperkirakan. Memang banyak syarat pengajuan kartu kredit yang dimudahkan.

Tapi itu bukan semata-mata faktor penentunya. Ada banyak poin penilaian bank saat setujui pengajuan kartu kredit nasabah.

Meski penghasilan kita sudah sesuai dengan persyaratan, ternyata hal itu tidak menjamin pengajuan bisa diterima dengan mudah.

Faktor-faktor yang biasanya sangat mempengaruhi penilaian bank saat setujui pengajuan kartu kredit, biasanya dilihat dari riwayat finansial kita.

Jika kita memiliki riwayat finansial yang bagus itu akan menaikkan skor kredit kita. Skor kredit yang bagus juga berperan penting dalam pengajuan kartu kredit.

Tapi poin apalagi yang menjadi penilaian bank saat setujui pengajuan kartu kredit dari nasabah? Tetap baca tulisan ini sampai akhir.

(Baca Juga: Cara dan Syarat Pengajuan Kartu Kredit Citibank)

Penilaian Bank Saat Setujui Pengajuan Kartu Kredit

Profil kredit kita semuanya biasa dicari di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dikelola oleh OJK. Fungsinya sama seperti BI Checking hanya sekarang dikelola oleh OJK.

Sedangkan poin yang menjadi penilaian bank saat setujui pengajuan kartu kredit diantaranya adalah:

1. Skor Kredit

Skor kredit kita bisa digunakan oleh perusahaan kartu kredit, untuk mengevaluasi kelayakan kredit kita secara keseluruhan.

Itu bukan satu-satunya faktor yang dipertimbangkan dalam hal penilaian bank saat setujui pengajuan kartu kredit, tetapi itu penting.

Skor kredit bisa berfungsi sebagai indikator resiko bagi pemberi pinjaman, memberi tahu mereka seberapa besar kemungkinan kita akan membayar kembali utang kita.

Orang-orang dengan skor kredit yang sangat baik, memiliki peluang yang lebih baik untuk disetujui, tetapi itu tidak selalu begitu cepat.

Memiliki skor tertentu tidak menjamin bahwa pengajuan kita untuk kartu tertentu akan disetujui.

2. Jumlah Tunggakan

Salah satu penilaian bank saat setujui pengajuan kartu kredit, bisa dari mempertimbangkan jumlah rekening yang menunggak dalam laporan kredit kita.

Dalam industri kartu kredit, setiap akun yang lewat jatuh tempo adalah akun yang menunggak.

Namun banyak kreditor tidak akan melaporkan akun sebagai tunggakan kepada biro kredit, hingga setidaknya 30 hari setelah tanggal jatuh tempo yang terlewat.

Orang dengan banyak keterlambatan pembayaran, umumnya kurang menarik bagi penerbit kredit.

Pembayaran yang terlambat, dapat bertahan dalam laporan kredit kita hingga tujuh tahun sejak terjadinya.

Selain itu, riwayat pembayaran kita umumnya merupakan faktor utama dalam hal nilai kredit.

Ini berarti bahwa jika kita melewatkan pembayaran atau menjadi tunggakan, skor kredit kita juga bisa buruk.

Dan ini bisa menjadi tanda bahaya bagi penilaian bank saat setujui pengajuan kartu kredit.

3. Tingkat Penggunaan Kartu Kredit

Riwayat pembayaran bukan satu-satunya faktor penting penilaian bank saat setujui pengajuan kartu kredit. Kita bisa melakukan semua pembayaran tepat waktu tetapi tetap dianggap berisiko.

Bagaimana itu bisa terjadi? Penggunaan kartu kredit kita mungkin ada hubungannya dengan itu.

Pemakaian kredit, mencerminkan berapa banyak kredit yang tersedia secara keseluruhan yang sudah kita gunakan.

Umumnya disarankan, agar kita menggunakan kurang dari 30% dari total batas kredit pada satu waktu.

Jika kita secara konsisten menggunakan lebih dari 30% dari total kredit yang tersedia, itu bisa menjadi tanda peringatan bagi perusahaan kartu kredit bahwa kita mungkin kesulitan membayar kembali uang yang kita pinjam.

4. Pendapatan

Saat kita mengajukan permohonan kartu kredit, kita tentu akan diminta untuk mengungkapkan pendapatan kita sebagai bagian dari aplikasi.

Ini menjadi salah satu poin penting dalam penilaian bank, saat setujui pengajuan kartu kredit.

Bank penerbit kartu, kemungkinan akan melihat pendapatan kita secara keseluruhan, yang akan dibandingkan dengan hutang kita.

Ini dikenal sebagai rasio hutang terhadap pendapatan kita, untuk memastikan perusahaan tidak menawarkan kredit lebih banyak, daripada yang mereka kira bisa kita bayarkan secara wajar.

5. Riwayat Kredit

Jika kita memiliki riwayat kredit yang terbatas, itu bisa mempengaruhi penilaian bank saat setujui pengajuan kartu kredit kita.

Penerbit kartu kredit umumnya senang, melihat bahwa seseorang adalah peminjam berpengalaman yang dapat membayar kembali hutangnya.

Jika riwayat kredit kita pendek, kita mungkin belum terbukti layak untuk mendapatkan kredit.

Maka dari itu, mulai dari sekarang bangunlah skor kredit dengan melakukan transaksi kredit lebih dulu.

(Baca Juga: Kartu Kredit Credinex, Alternatif yang Disediakan oleh P2P Lending)

Pastikan kita bisa membayar kembali dengan tepat waktu agar skor kredit yang tercatat akan lebih bagus. 

6. Poin Mencurigakan

Sejumlah pertanyaan serius tentang kredit kita, bisa menjadi tanda bahaya bagi perusahaan kartu kredit.

Terlalu banyak hal ini, bisa menjadi tanda peminjam berisiko tinggi yang membuka banyak rekening, karena mereka kekurangan uang tunai, dan berpotensi terjerumus ke dalam banyak hutang yang sulit dibayar kembali.

Penerbit kredit biasanya enggan memberikan kredit, kepada konsumen yang menurut mereka tidak akan dapat membayar kembali utangnya.

Jika kita mengajukan permohonan untuk mendapatkan kartu kredit dan memiliki skor kredit yang bagus, kita mungkin berpikir akan langsung disetujui, tetapi nyatanya itu tidak selalu terjadi.

Perusahaan kartu kredit umumnya melihat gambaran besarnya, bukan hanya nilai kredit saja.

Ingatlah poin-poin ini saat mengajukan permohonan kartu kredit kita berikutnya. Agar pengajuan kartu kredit bisa dilakukan dengan lancar dan hasilnya sesuai dengan harapan.

Untuk lebih mudah dan cepatnya, kita bisa mengajukan pembuatan kartu kredit melalui CekAja.com.

Melalui laman resmi yang diawasi langsung oleh OJK, kita pun bisa membandingkan keunggulan dari setiap tiap kartu kredit.

Serta menyesuaikan kira kira kartu kredit mana yang persyaratannya dapat kita penuhi atau sesuai dengan kita, dengan begitu kemungkinan persetujuan lebih besar.

Langsung saja buka CekAja.com dan pilih kartu kredit mana yang akan kamu ajukan, semua akan diarahkan ke formulir pendaftaran resminya.

Pariwara