Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Peninggalan Termahal Kapal Titanic yang Terjual dalam Lelang

by Ariesta on 10 Januari, 2016

Tenggelamnya RMS Titanic pada 15 April 1912 merupakan salah satu tragedi transportasi yang paling diingat hingga sekarang. Titanic merupakan kapal termegah pada masanya. Sebagai kapal bergengsi dengan segudang cerita sampai akhir riwayatnya di samuder a Atlantik, barang-barang peninggalannya amat diburu para kolektor. Tak heran harganya mencapai ratusan ribu hingga jutaan dolar.

Yang menarik dari kisah tenggelamnya kapal Titanic adalah bahwa kapal ini dianggap tidak bisa tenggelam oleh desainer dan konstruktor. Anggapan ini memang tidak sepenuhnya salah. Nyatanya kapal ini masih mamph mengambang, bahkan saat empat kompartemennya terisi air laut. Pada malam 14 April 1912, Titanic menabrak gunung es yang kemudian merobek lima dari kompartemen. Karena tidak mencukupinya sekoci, tragedi ini pun menewaskan 15.000 korban yang kebanyakan penumpang kelas tiga.

Berikut peninggalan kapal Titanic yang pernah terjual dalam lelang.

Kotak tembakau Edward John Smith

Edward John Smith merupakan kapten dari kapal Titanic. Kotak tembakaunya terjual USD 40.000 (Rp 556 juta) dalam lelang pada tahun 2012 di Liverpool Inggris. Kotak tembakau tersebut didesain untuk menyimpan 40 tembakau Havana terbaik dan memiliki ukiran inisial nama sang pemilik.

Peta dek penumpang kelas satu

Peta dek penumpang kelas satu yang warnanya sudah menguning terjual lebih dari USD 49.000 (Rp 682 juta) dalam sebuah lelang di Inggris. Peta tersebut merupakan satu dari tiga peta yang terselamatkan dalam tragedi tenggelamnya Titanic.

(Baca juga: Sembilan Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia)

Jaket pelampung

Jaket pelampung ini ditemukan di lokasi tenggelamnya Titanic saat regu keselamatan dikirim ke sana untuk mencari korban selamat. Jaket pelampung tersebut sudah robek di beberapa bagian dan diwarnai dengan dengan noda minyak dan darah, Meski demikian, angka penjualnnya berhasil menembus USD 55.000 dan memb uatnhya menjadi jaket pelampung termahal yang pernah terjual dalam lelang. Ada total enam jaket pelampung yang tersisa dan salah satunya dipajang di museum Massachusetts Amerika Serikat.

Foto gunung es

Banyak foto diambil saat tgragedi itu terjadi, tapi yang paling terkenal adalah foto gunung es yang dipercaya sebagai penyebab tenggelamnya Titanic. Foto tersebut berhasil terjual seharga USD 100.000 (Rp 1,3 Miliar) sehingga membuatnya menjadi foto termahal yang pernah terjual sepanjang masa.

Daftar menu

Daftar menu terakhir yang dihidangkan sebelum Titanic tenggelam dihargai sebesar USD 125.000 (Rp 1,7 Miliar). Menu tersebut tidak ditemukan di lokasi tenggelamnya kapal, tapi di tas seorang penumpang yang selamat. Di menu tersebut tertera tanggal  14 April 1912.

(Baca juga: Pasangan Muda, Ini Keuntungannya Jika Kalian Melewatkan Akhir Pekan Dengan Masak Bersama)

Master kunci kabin

Kunci ini merupakan kunci utama yang dimiliki oleh pelayan di kelas pertama bernama Edmund Stone. Stone tewas bersama dengan 1.500 penumpang lainnya, namun kunci ini ditemukan di tubuhnya dan diberikan pada istrinya di Inggris. Pada tahun 2008, kunci tersebut berhasil terjual seharga USD 138.000 (Rp 1,9 Miliar).

Pocket watch

Jam berbentuk bulat yang biasa diselipkan di kantung jas ini juga dimiliki oleh Edmund Stone, pelayan kelas satu pemilik master kunci kabin. Jam ini unik karena waktunya terhenti pada pukul 2:16, waktu di mana Edmund tenggelam bersama Titanic. Jam tesebut terjual dalam le;ang tahun 2008 seharga USD 154.000 (Rp 2,1 Miliar).

(Baca juga: Nggak Perlu Mahal, Tubuh Langsing Bisa Kamu Dapatkan Dengan 4 Hal Ini)

Peta Titanic

Peta kapal yang menampilkan seluruh dek Titanic terjual seharga USD 362.000 (Rp 5 Miliar) di Inggris. Peta tersebut dibuat oleh Naval Architect dan menjadi peninggalan Titanic yang paling penting.

Gelang permata

Ada banyak bangsawan kaya menjadi penumpang kelas satu Titanic. Banyak dari perhiasan mereka ditemukan di bangkai Titanic di dasar Atlantik. Yang paling mengesankan adalah koleksi gelang berlian milik seorang penumpang yang meninggal dalam tragedi. Benda berharga tersebut ditemukan pada tahun 1987 oleh tim ekspekdisi.  Gelang berlian tersebut memiliki nama “Amy” terukir di atasnya dan dilelang seharga USD 200 juta (Rp 2,7 Triliun). Hanya ada dua penumpang dengan nama Amy di Titanic, sehingga diasumsikan bahwa gelang berlian tersebut milik salah satu dari mereka.

 

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami