10 Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia, Sudah Tahu?

Sudah tahu belum kalau ternyata ada berbagai penjara terburuk dan termewah di dunia? Nah lewat artikel ini, CekAja bakal coba merangkum informasinya seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

10 Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia, Sudah Tahu?

Seperti yang sudah kita tahu, penjara dimaksudkan sebagai tempat menahan narapidana, baik untuk kasus pencurian, narkoba, pembunuhan, maupun korupsi.

Umumnya, penjara hanya dibuat dengan ukuran kecil sekitar 2×3 meter dan dikelilingi jeruji besi, tanpa adanya fasilitas pendukung selain tempat tidur.

Bukan hanya itu saja, terkadang ada beberapa penjara yang sengaja dibuat mengerikan agar narapidana merasa jera akan kesalahannya. Penjara seperti ini lalu disebut sebagai penjara terburuk.

Di sisi lain, ada pula penjara yang sengaja dirancang selayaknya hotel dengan fasilitas super lengkap, seperti televisi, lemari pakaian, sofa, bahkan lapangan olahraga outdoor.

Penjara termewah itu dapat kita temukan di berbagai negara, dan tak jarang membuat para tahanan merasa seolah sedang di rumah bukan dihukum.

Deretan Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia

Lalu, apa saja sih penjara terburuk dan termewah di dunia? Nah tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung simak saja informasinya di bawah ini.

1. Penjara Gitarama, Rwanda

Penjara Gitarama Rwanda - 10 Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia

Pembahasan pertama mengenai penjara terburuk dan termewah di dunia bakal kita mulai dari Penjara Gitarama di Rwanda, Afrika Tengah.

Penjara ini dijuluki sebagai penjara terburuk di dunia karena saking penuhnya napi di sana. Bahkan, untuk sekedar tidur saja, tak jarang mereka harus rela berdiri.

Yang membuat penjara ini sesak karena overkapasitasnya. Ya, sebetulnya Penjara Gitarama hanya mampu menampung 500 napi saja.

Namun realitanya, penjara itu justru menampung 700 napi dengan kasus terbanyak adalah pembunuhan massal.

Penjara ini juga terkenal kotor, sebab para narapidananya sudah terbiasa membuang ‘kotoran’ mereka sembarangan, akibat dari padatnya penjara tersebut.

(Baca Juga: 53 Negara Anggota Persemakmuran Inggris)

2. Penjara Bang Kwang, Thailand

Penjara Bang Kwang Thailand - 10 Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia

Masih membahas tentang penjara terburuk di dunia, berikutnya ada Penjara Bang Kwang yang menempati posisi kedua dalam daftar ini.

Penjara yang berada di Provinsi Nonthaburi, sekitar tujuh mil dari Bangkok, Thailand ini dijuluki The Bangkok Hilton, namun bukan dalam artian hotel.

Bang Kwang secara khusus dijadikan tempat untuk menahan para tahanan asing yang ada di Thailand.

Dari segi pelayanan, penjara ini dinilai yang terburuk. Di mana tidak terdapatnya saluran air mengalir, hingga konon katanya Penjara Bang Kwang tidak memiliki fasilitas kesehatan.

Tak hanya itu saja, yang lebih mengerikannya lagi tiap tahanan baru biasanya diwajibkan untuk mengenakan tali besi di kakinya, dan hanya mendapatkan makanan sekali sehari saja, berisi nasi dan sayur.

3. Penjara La Sabaneta, Venezuela

Penjara La Sabaneta Venezuela - 10 Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia

Serupa dengan Penjara Gitarama, La Sabaneta di Venezule sebetulnya hanya dirancang untuk menampung 700 napi saja.

Namun pada realitanya, penjara terburuk di dunia ini justru difungsikan untuk menampung lebih dari 3.000 narapidana lho. Enggak kebayang lagi deh penuhnya seperti apa, ya.

Selain overkapasitas, Penjara La Sabaneta juga terkenal buruk dari segi pelayanan terhadap para tahanan. Hal tersebut disebabkan pula karena kurangnya staf penjaga di sana.

Hampir sebagian besar yang mengisi ruang tahanan di penjara ini adalah terpidana kasus pembunuhan.

Jadi, tak perlu heran lagi jika kondisi di dalamnya begitu mengerikan, apalagi karena dijalankan oleh para gang.

Malahan, hampir setiap waktunya, di dalam Penjara La Sabenta diketahui pernah terjadi kasus pembunuhan maupun pemerkosaan.

4. Penjara Diyarbakir, Turki

Penjara Diyarbakir Turki - 10 Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia

Penjara terburuk di dunia yang berikutnya adalah Diyarbakir di Turki. Beroperasi sejak 1980 silam, penjara ini mulanya memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Hanya saja karena terus mengalami overkapasitas, Diyarbakir justru dikenal sebagai penjara dengan jumlah kasus pelanggaran tertinggi mengenai hak asasi manusia.

Di sana, beberapa kali pernah terjadi penyiksaan fisik kepada narapida, bahkan hingga tewas.

Ada juga masalah perkelahian antar narapida hingga berujung pembakaran hidup-hidup, serta hukuman seumur hidup untuk anak-anak.

5. Penjara Rikers Island, New York

Penjara Rikers Island New York - 10 Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia

Penjara terburuk di dunia yang lainnya adalah Rikers Island di New York. Penjara ini terletak di Pulau Rikers, yang berarti para narapidana di sana tentu terisolasi dari dunia luar.

Penjara ini dikenal sebagai salah satu penjara paling brutal di New York, karena narapidana di sana sering merasakan guncangan emosional maupun fisik.

Bahkan saking tak kuatnya, banyak tahanan yang memilih untuk mengakhiri hidup mereka di dalam sel penjara.

Menurut beberapa sumber yang beredar, Penjara Rikers Island ini rencananya akan ditutup oleh pemerintah New York pada 2026 mendatang, guna ‘menutup’ kenangan buruk tentang kekejaman yang terjadi di sana.

6. Penjara Bastoy, Norwegia

Penjara Bastoy Norwegia - 10 Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia

Kalau tadi sudah dibahas beberapa penjara terburuk di dunia, di poin keenam ini hingga terakhir nanti, CekAja bakal fokus membahas tentang penjara termewah di dunia.

Untuk pembahasan pertama mengenai penjara termewah di dunia, mari kita bahas mengenai Penjara Bastoy di Norwegia.

Penjara yang berada di Pulau Bastoy ini punya tingkat keamanan yang tinggi, dengan segudang fasilitas unggulannya.

Di sana, para narapidana tidak hanya mendapatkan televisi dan meja kerja untuk masing-masing kamarnya saja.

Namun, mereka juga dapat menggunakan fasilitas lapangan tenis, pacuan kuda, hingga kolam memancing.

Untuk kapasitasnya sendiri, penjara ini hanya dapat menampung 100 tahanan.

7. Penjara Aranjuez, Spanyol

Penjara Aranjuez Spanyol - 10 Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia

Selain mewah, Penjara Aranjuez di Spanyol ini juga memiliki konsep yang unik dan berbeda dari penjara pada umumnya.

Tiap kamarnya dihiasi dengan hiasan-hiasan lucu dengan pilihan warna tembok yang tak gelap.

Ini dilakukan agar narapidana merasa nyaman, sekaligus jika ia memiliki keluarga, diharapkan anaknya tidak menganggap bahwa orangtuanya sedang dipenjara.

Menariknya lagi, pihak penjaga juga mengizinkan narapidana untuk membawa keluarganya agar bisa tidur bersama di penjara tersebut.

8. Penjara Norgerhaven, Belanda

Penjara Norgerhaven Belanda - 10 Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia

Kalau penjara yang satu ini sih sebenarnya lebih mirip kamar kos namun dengan fasilitas elite.

Di Norgerhaven, tiap kamar tahanan dilengkapi dengan ranjang empuk, televisi, meja kerja, bahkan kulkas dan kamar mandi dalam.

9. Penjara HMP Addiewell, Skotlandia

Penjara HMP Addiewell Skotlandia - 10 Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia

Penjara termewah di dunia yang berikutnya adalah HMP Addiewell di Skotlandia.

Tampilannya sendiri hampir seperti hotel, karena dilengkapi ranjang empuk, meja kerja, hingga kamar mandi dalam.

Tingkat pelayanan di Penjara HMP bisa dibilang sangat baik. Bahkan di sini para napi diajarkan untuk bisa mengasah keterampilan produktifnya selama 40 jam dalam seminggu.

Tujuan adanya pembelajaran tersebut tak lain untuk membantu para narapidana agar nantinya bisa kembali ke kehidupan semula secara terarah.

(Baca Juga: 9 Negara yang Tidak Diakui Dunia)

10. Penjara Champ-Dollon, Swiss

Penjara Champ Dollon Swiss - 10 Penjara Terburuk dan Termewah di Dunia

Terakhir, julukan penjara termewah di dunia jatuh pada Champ-Dollon di Swiss. Sekilas, interior kamar dari penjara ini justru terlihat seperti asrama mahasiswa.

Dilengkapi dengan tiga ranjang sekaligus, kamar dari Penjara Champ-Dollon cukup luas untuk dihuni lebih dari satu tahanan, dan dengan perabotan penunjang.

Nah, itu dia informasi mengeani penjara terburuk dan termewah di dunia. Informasi menarik lainnya juga bisa kamu dapatkan di CekAja.com lho.

Selain membaca artikel yang bermanfaat, CekAja.com juga dikenal sebagai layanan keuangan, di mana kamu pun bisa mengajukan pinjaman KTA, pinjaman online, hingga pengajuan kartu kredit.

Nah, mumpung lagi musim liburan, mendingan dari sekarang miliki kartu kredit di CekAja.com, yuk!

Kartu kredit yang ditawarkan di sini juga beragam jenisnya dan tentu saja dari mitra bank terbaik.

Kamu bisa apply kartu kreditnya secara online, dan nikmati pula beragam penawaran dan promo terbaru tiap kali kamu apply, maupun telah menggunakan kartu kredit dari CekAja.com.