Penting! 10 Persiapan Puasa saat Corona yang Perlu Dilakukan

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Mengingat bulan Ramadhan sudah dalam hitungan hari, maka kamu perlu melakukan beberapa persiapan untuk puasa. Namun sayangnya, Ramadhan kali ini akan terasa berbeda dari sebelumnya, sebab dilaksanakan di tengah pandemi virus corona. Lantas, apa saja persiapan puasa saat corona yang sudah kamu lakukan menjelang bulan Ramadhan?

10 Persiapan Puasa saat Corona yang Perlu Dilakukan

10 Persiapan Puasa saat Corona

Rasanya sudah seperti tradisi bagi seluruh umat muslim, untuk melakukan beberapa persiapan menjelang puasa Ramadhan.

Pasalnya, dalam 30 hari kedepan, setiap umat muslim akan mengalami beberapa perubahan waktu makan dan istirahat.

Di mana kamu akan melaksanakan sahur dan buka puasa, di waktu-waktu yang sudah ditentukan.

Seperti sahur yang dilakukan di 1/3 malam, atau biasanya dilakukan di jam 03.00 pagi dan buka puasa yang dilakukan sesuai dengan waktu adzan Maghrib di setiap daerah.

Adanya beberapa perubahan tersebut serta kondisi saat ini yang sedang di serang pandemi virus corona, membuatmu harus melakukan beberapa persiapan ekstra menjelang puasa.

Oleh karena itu, di bawah ini merupakan 10 persiapan saat corona yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. Membuat Daftar Menu Makanan

Persiapan puasa saat corona yang perlu kamu lakukan pertama adalah membuat daftar menu makanan. Ada baiknya hal ini kamu lakukan menjelang bulan puasa Ramadhan.

Membuat daftar menu makanan sangat berguna, sebab akan membantumu dalam memasak menu sahur dan buka puasa selama 30 hari ke depan.

Tidak hanya itu, membuat daftar menu juga akan memudahkan mu dalam membeli bahan-bahan makanan yang dibutuhkan.

Untuk membuat daftar menu makanan sangat mudah. Kamu hanya perlu mendiskusikannya dengan anggota keluarga.

Pertama, rundingkan dengan suami/istri dan anak-anak mu, menu apa saja yang mereka inginkan selama bulan puasa, baik itu menu untuk sahur atau pun buka puasa.

Setelah itu, kamu telaah apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu-menu tersebut.

2. Membuat dan Mengatur Anggaran Keuangan

Persiapan puasa saat corona yang perlu kamu lakukan kedua adalah membuat serta mengatur anggaran keuangan. Dalam hal ini, kamu bisa membuatnya dengan mengacu pada menu makanan yang telah kamu buat sebelumnya.

Dengan menu dan bahan-bahan yang sudah ditentukan sebelumnya, kamu bisa memperkirakan berapa banyak biaya yang sekiranya dibutuhkan. Dengan begitu, kamu bisa mulai membuat dan mengatur anggaran keuangan untuk 30 hari ke depan.

3. Membeli Beberapa Stock Makanan yang Dibutuhkan

Membeli beberapa stock makanan yang dibutuhkan, menjadi salah satu persiapan puasa saat corona yang perlu kamu lakukan.

Sebab, dengan begitu kamu tidak hanya efisien dalam segi waktu, tetapi juga efisien dalam segi tenaga dan biaya.

Terlebih, adanya virus corona yang mewabah di Indonesia dan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang membuat kamu tidak bisa secara bebas beraktivitas kemana saja dan dimana saja.

Untuk mengetahui apa saja bahan makanan yang akan kamu beli, kamu bisa menggunakan daftar menu makanan dan bahan-bahan yang dibutuhkan yang sudah kamu buat sebelumnya.

Dengan begitu, kamu hanya perlu berbelanja bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan satu kali saja.

(Baca Juga: Jokowi Minta Diskon Listrik dan Harga Pangan Terjangkau Jelang Ramadan)

4. Menjaga Kebersihan Makanan

Persiapan puasa saat corona yang keempat adalah dengan menjaga kebersihan makanan. Hal tersebut menjadi sangat penting untuk diperhatikan di tengah pandemi virus corona saat ini.

Kamu bisa memasak makanan mu sendiri. Sebab, selain lebih sehat, makanan yang kamu masak sendiri pun akan lebih terjaga kebersihannya.

Namun, apabila kamu membeli makanan dari luar, kamu bisa memindahkannya ke wadah makan mu terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Pastikan juga kamu menggunakan peralatan makan milik mu sendiri dan membersihkannya terlebih dahulu sebelum digunakan.

5. Membiasakan Diri Memasak Sendiri

Persiapan puasa saat corona yang kelima adalah membiasakan diri untuk memasak. Sama seperti poin sebelumnya, bahwa dengan memasak sendiri kamu bisa menjamin kebersihan dan kesehatan dari makanan yang kamu buat.

Tidak hanya itu, dengan memasak sendiri, kamu juga bisa menghemat pengeluaran mu, loh.

Misalnya seperti, kamu biasanya membeli beberapa jenis takjil untuk berbuka puasa atau pun membeli makanan untuk sahur, namun dengan memasak sendiri, kamu bisa membuatnya sebanyak apapun yang kamu inginkan tanpa harus mengeluarkan biaya lebih.

6. Perhatikan Pola Makan dan Minum

Persiapan puasa saat corona yang keenam adalah memperhatikan pola makan dan minum. Di mana, kamu perlu makan di waktu yang sudah ditentukan dengan asupan gizi yang seimbang pada makanan mu.

Maksud dari asupan gizi yang seimbang, yaitu makanan yang akan kamu konsumsi sebaiknya terdiri dari sayuran, daging, kacang-kacangan dan ikan. Tidak lupa dengan susu dan buah-buahan sebagai camilan pendamping.

Selain itu, kamu juga harus banyak mengonsumsi air putih. Ada baiknya jika kamu mengonsumsi air putih di waktu sahur, berbuka dan ketika ingin tidur.

Sebab, hal tersebut dapat menghindarkan mu dari dehidrasi dan rasa lelah selama satu hari berpuasa.

Kamu juga sebisa mungkin hindari minum-minuman berasa. Pasalnya, minuman berasa hanya akan membuat tenggorokan mu terasa tidak nyaman.

Nah, dengan memperhatikan pola makan dan minum, maka imun tubuh mu akan meningkat, sehingga kamu akan lebih sehat, kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

7. Berlatih Puasa

Hal ketujuh yang perlu kamu lakukan dalam persiapan puasa saat corona adalah berlatih puasa. Kamu bisa mulai melakukannya pada puasa sunnah senin dan kamis. Berlatih puasa dapat membuat tubuh mu menjadi terbiasa saat berpuasa Ramadhan nanti.

Tidak hanya itu, dengan berlatih puasa juga dapat membuat mu mengurangi konsumsi makanan yang berlebih, sehingga kamu akan lebih sehat dan imunitas tubuh mu tetap terjaga dengan baik.

8. Membersihkan Seperangkat Peralatan Beribadah

Persiapan puasa saat corona yang berikutnya adalah mulai membersihkan seperangkat peralatan beribadah yang kamu miliki. Hal ini mungkin secara langsung tidak berguna untuk kesehatan tubuh mu, tetapi ini berguna untuk meningkatkan dan menambah semangat mu dalam beribadah.

Pasalnya, peralatan ibadah yang bersih dapat menambah ke khusyuk-an ibadah mu. Beberapa peralatan beribadah yang perlu kamu bersihkan di antaranya, yaitu sajadah, sarung, mukena, peci, dan koko.

Membersihkan seperangkat peralatan beribadah juga berlaku bagi peralatan beribadah yang baru kamu beli. Pasalnya, peralatan beribadah tersebut pasti mengandung partikel-partikel sisa tekstil atau pun partikel luar lainnya yang dapat menjadi kuman untuk tubuh.

(Baca Juga: Biar Kantong Gak Jebol, Begini Cara Kelola Pengeluaran Selama Ramadan)

9. Memperbaiki Pola Tidur

Persiapan puasa saat corona yang kesembilan adalah memperbaiki pola tidur. Apabila di antara kamu suka tidur menjelang pagi, maka untuk 30 hari ke depan selama bulan Ramadhan, kamu perlu merubah pola tidur mu.

Pasalnya di 1/3 malam, kamu perlu bangun untuk sahur. Jika kebiasaan mu tidur menjelang pagi tetap di teruskan, maka tidak menutup kemungkinan kalau kamu tidak terbangun saat sahur.

Tidak hanya itu, kamu juga akan merasa lemas, pusing hingga mengantuk selama berpuasa. Hal tersebut merupakan akibat dari kebiasaan pola tidur mu yang buruk. Untuk itu, kamu bisa mulai merubah pola tidur mu menjadi lebih baik sejak dini.

10. Rutin Berolahraga

Persiapan puasa saat corona yang terakhir adalah rutin berolahraga. Sebab, dengan rutin berolahraga kamu dapat menjaga daya tahan tubuh mu semakin baik lagi. Tidak hanya itu, kamu juga dapat terhindar dari segala jenis penyakit, termasuk virus corona.

Agar dapat konsisten berolahraga, kamu bisa menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan wajib yang perlu kamu lakukan.

Jika sudah terbiasa olahraga, tubuh mu akan lebih sehat, fit dan juga tidak akan merasa sakit-sakit seperti saat kamu pertama kali berolahraga.

Nah, beberapa hal terkait persiapan puasa saat corona sudah kamu ketahui di atas. Dari pemaparan tersebut, dapat di ambil kesimpulan bahwa kondisi tubuh yang sehat menjadi salah satu poin penting yang harus dijaga dan diperhatikan pada puasa Ramadhan kali ini.

Namun rasanya hal itu tidak cukup, untuk melindungi diri dari infeksi virus corona dan beberapa penyakit lainnya, kamu perlu memiliki asuransi kesehatan.

Kamu tidak perlu bingung, memilih asuransi kesehatan mana yang sesuai dengan kebutuhan mu.

Sebab, kini kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com. Terlebih, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani