Pentingnya Asuransi Kendaraan Bermotor Untuk Para Bikers

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Tingkat kecelakaan yang tinggi membuat beberapa orang ini mulai memiliki kesadaran untuk membeli produk asuransi kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan, asuransi memberikan perlindungan untuk kerusakan kendaraan bermotor.

Pentingnya asuransi kendaraan bermotor

Apalagi bagi kebanyakan orang, memiliki kendaraan sudah menjadi bagian hidup tersendiri. Pasalnya kendaraan bermotor menjadi alat transportasi yang paling diandalkan dalam menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

Kendaraan bermotor menjadi aset yang cukup berharga karena alat transportasi ini menjadi salah satu pilihan bagi keluarga atau perorangan untuk bepergian baik untuk mencari nafkah maupun digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Akan merepotkan jika kerugian yang diderita dari kendaraan bermotor ini tidak dipersiapkan dari jauh-jauh hari. karena, ketika mengalami kerusakan biaya yang dikeluarkan cukup besar dan menguras tabungan.

Hal tersebut belum termasuk jika kendaraan bermotor dicuri atau kau saat bencana alam datang. Beberapa hal ini terkadang tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Namun, untuk menghadapi segala resiko yang mungkin terjadi ini kita bisa mempersiapkannya dengan memiliki asuransi kendaraan bermotor.

Sebenarnya seberapa pentingnya asuransi kendaraan bermotor? Pertanyaan ini mungkin menjadi sebuah pertanyaan yang kerap kali muncul saat kamu mendengar produk asuransi kendaraan bermotor.

Jika kamu merupakan orang yang sering menggunakan kendaraan bermotor pribadi dengan mobilitas tinggi, kamu perlu mempertimbangkan asuransi kendaraan bermotor.

Dengan mobilitas yang tinggi, bukan tidak mungkin kerusakan yang terjadi pada kendaraan bermotor menjadi sebuah risiko yang bisa saja menghampiri. Risiko kecelakaan bukan hanya sekadar cedera ringan yang bisa dialami oleh kita, nyawa melayang pada pengendara, dan mobil yang ringsek saja. Bukankah pencurian juga bisa mengintai kendaraan bermotor kita sewaktu-waktu?

Bahkan, tidak hanya dicuri. ketika berkendara di jalan, kendaraan bermotormu juga bisa dirampas oleh orang sewaktu-waktu. Alhasil ketika kendaraan motor hilang aktivitas pun jadi terhenti seketika. Padahal jika kita memiliki asuransi kendaraan maka perusahaan asuransi akan membayarkan klaim jika kita mengalami kondisi seperti hal tadi.

Jika kamu masih belum begitu yakin dengan produk asuransi kendaraan bermotor, coba simak beberapa alasan berikut, mengapa asuransi kendaraan bermotor sangat baik jika kamu miliki. Dengan demikian, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu dan mengcover segala resiko yang mungkin bisa terjadi pada kendaraan bermotor milikmu:

1. Tanggung jawab pihak ketiga

Jika mengalami kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, punya asuransi kendaraan bermotor akan sangat membantu. Asuransi kendaraan bermotor ini akan memberikan jaminan jika kamu bertanggung jawab pada sebuah peristiwa yang melibatkan pihak ketiga.
Alhasil, kamu tak perlu pusing dan bingung dengan biaya ganti rugi sebagai bentuk tanggung jawabmu. Memiliki asuransi kendaraan bermotor saja sudah cukup. Sebab, perusahaan asuransi akan menanggung kerugian tersebut dengan mengganti biaya tanggung jawab.
Sehingga, kamu perlu juga memastikan produk asuransi kendaraan bermotor yang bakal kamu beli memang merupakan produk dari perusahaan asuransi ternama dan memiliki rekam jejak yang baik pula. Hal ini bakal membantumu lebih mudah dalam mencairkan klaim yang seharusnya berlaku. Jangan lupa untuk selalu memastikan perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

2. Pencurian Kendaraan

Pencurian kendaraan menjadi satu diantara faktor yang dipertimbangkan saat seseorang mulai sadar pentingnya asuransi kendaraan bermotor. Sebab ketika kendaraan dicuri dan hilang begitu saja, kamu tentunya bakal mengalami kerugian yang sangat tinggi. Terlebih, jika kamu menggunakan kendaraan bermotormu untuk usaha alias berniaga. Alhasil, bisnis pun lumpuh seketika. Kamu jadi tidak bisa beraktivitas dan mencari nafkah.

Karena itu, untuk menghindari risiko semacam ini, kamu bisa mulai mengasuransikan kendaraan bermotor sekarang juga. Sebab asuransi kendaraan bermotor memberikan perlindungan terhadap pencurian kendaraan bermotor. Sehingga, jika kendaraan bermotor kemudian dicuri, perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang yang besarnya telah ditentukan sejak awal perjanjian polis berlaku.

Dengan memiliki asuransi kendaraan bermotor sejak dini, kamu pun bisa berjaga-jaga dari kemungkinan buruk ini. Setidaknya ketika kamu kehilangan, minimal kamu sudah memiliki dana khusus dari perusahaan asuransi untuk mengganti kendaraan bermotor yang hilang karena dicuri atau dirampas orang di tengah jalan.

3. Risiko Kerusakan

Kerusakan yang terjadi saat kecelakaan berlangsung adalah hal yang sulit dihindari. Baik kerusakan ringan maupun berat, tentu saja mengembalikan kondisi kendaraanmu seperti semula membutuhkan biaya. Ongkosnya juga tidak sedikit. Inilah yang menjadi alasan bagi kebanyakan orang untuk memiliki asuransi kendaraan bermotor.

Kamu bisa memilih produk asuransi kendaraan bermotor untuk kerusakan ringan maupun berat yang mungkin saja bisa terjadi. Bayangkan jika mobilmu mengalami kecelakaan dan kamu tak memiliki asuransi kendaraan bermotor, pasti kamu harus merogoh kocek cukup dalam bukan, untuk mengembalikannya seperti semula. Dengan demikian, sudah jelas bukan, betapa pentingnya memiliki asuransi kendaraan bermotor?

Biaya Asuransi Kendaraan Bermotor

Jika kamu sudah mantap untuk mengambil produk asuransi kendaraan bermotor, maka kamu pasti akan bertanya-tanya, berapa uang premi yang harus dibayarkan untuk melindungi satu unit mobil pribadi yang kamu miliki?

Nah, harga premi asuransi kendaraan bermotor ini sangat variatif. Premi dari setiap mobil akan berbeda dengan mobil lainnya. Jadi, perlu kamu ketahui, ada beberapa faktor yang menentukan besaran premi asuransi kendaraan bermotor. Untuk membuat perhitungan sederhana terkait jumlah premi, kamu perlu mengetahui juga, apa saja hal yang mempengaruhi harga premi asuransi kendaraan bermotor?

Usia dan Merek Kendaraan

Semakin tua usia mobil kamu, tentunya risiko kerusakannya akan semakin besar. Hal ini pun menjadi pertimbangan utama untuk membentuk harga premi asuransi kendaraan bermotor. Pada mobil yang berusia lebih dari lima tahun, ada penambahan sekitar lima persen per tahun untuk jenis asuransi kendaraan bermotor jenis All Risk. Inilah yang membuat harga premi berbeda-beda.

Selain itu, merek dan tipe jenis mobil juga akan mempengaruhi harga premi asuransi kendaraan. Hal ini menjadi kebijakan setiap perusahaan asuransi yang menerapkan aturan berbeda-beda. Jadi, satu mobil bisa memiliki berbagai pilihan harga premi, tergantung dari jenis asuransi kendaraan bermotor apa yang akan kamu pilih.

Jenis dan Harga Kendaraan

Setiap jenis dan harga kendaraan juga akan menjadi faktor yang menentukan harga premi asuransi kendaraan bermotor. Jenis kendaraan bermotor sendiri dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu kendaraan non bus dan non truk, bus dan truk dan sepeda motor. Jadi, tidak hanya mobil city car saja yang bisa mendapatkan asuransi kendaraan bermotor ya, jenis kendaraan lain pun juga bisa kamu asuransikan.

Selain itu, harga kendaraan bermotor dengan premi asuransinya biasanya berbanding lurus. Ini artinya, semakin mahal harga kendaraan bermotor milikmu, maka premi yang dibayarkan pun juga akan semakin mahal.

Tentunya hal tersebut mencakup manfaat yang akan kamu terima ketika risiko kecelakaan, kerusakan maupun kehilangan itu datang. Selain kedua hal di atas, wilayah pertanggungan juga menjadi faktor yang akan menentukan harga premi asuransi kendaraan bermotor. Sehingga, untuk mendapatkan simulasi harga asuransi kendaraan bermotor, kamu perlu bertanya pada agen perusahaan asuransi agar mendapatkan informasi yang akurat. Kamu juga bisa mengajukan dan membandingkan harga preminya sesuai kebutuhanmu di Cek Aja.

(Baca Juga: Jenis Pinjaman Online di Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui)

Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor

Ada dua jenis asuransi kendaraan bermotor yang perlu kamu ketahui. Sebelum membeli produk asuransi kendaraan bermotor, kamu mungkin perlu mempertimbangkan, asuransi kendaraan bermotor mana yang bakal kamu pilih, selain melihat perusahaan asuransi yang memberikan beragam produk asuransi kendaraan bermotor.

1. Total Loss Only

Asuransi kendaraan bermotor Total Lost Only atau TLO adalah asuransi buat kamu yang kehilangan seluruhnya, atau 75 persen kendaraanmu sudah tidak bisa digunakan lagi. Kalau sudah begitu, maka klaim asuransi akan segera cair.

Namun jika mobilmu ringsek sedikit, kamu belum bisa mendapatkan klaim asuransi. Singkatnya, asuransi ini diperuntukkan bagi yang kehilangan kendaraan atau kecelakaan yang cukup parah. Nah, ini berlaku juga apabila kendaraanmu dirampas orang ditengah jalan atau dicuri. Premi asuransi jenis ini lebih terjangkau ketimbang asuransi mobil all risk.

2. All Risk atau Comprehensive

Asuransi All Risk yang juga disebut Comprehensive atau keseluruhan ini memberikan jaminan untuk segala risiko yang mungkin terjadi. Artinya, mobilmu atau kendaraan bermotor milikmu terkena kecelakaan ringan yang kerusakannya tidak sampai 50 persen pin, akan dijamin. Lecet sedikit saja, bakal diganti klaim oleh perusahaan asuransi.

Hal ini juga berlaku jika kendaraan bermotor mengalami rusak berat hingga dicuri alias hilang. Perlindungan serba komplit ini juga ditebus dengan harga premi yang lebih mahal ketimbang asuransi jenis TLO. Akan tetapi setiap perusahaan asuransi biasanya memiliki aturan yang berbeda terkait risiko yang dimaksud pada asuransi jenis all risk.

Sehingga, kamu perlu memastikan apa saja perlindungan yang akan kamu dapatkan berikut perawatan di bengkel mana apakah lokasi bengkel dekat dengan tempat tinggalmu dan berbagai kemungkinan lainnya.

Perluasan Pertanggungan

Kamu juga bisa mendapatkan perluasan jaminan. Perluasan pertanggungan ini bisa kamu dapatkan jika ada berbagai kejadian yang tidak diinginkan atau tidak terduga seperti halnya bencana alam, banjir, gempa bumi, tsunami. perluasan pertanggungan juga bisa kamu ajukan dengan kondisi yang mungkin akan dialami oleh kendaraanmu seperti kerusuhan atau terorisme.

Kamu masih ingat bukan beberapa waktu yang lalu sempat ada terorisme dan kerusuhan yang melanda kota. Beberapa mobil dibakar oleh para demonstran titik bayangkan jika mobil tersebut tidak di cover oleh asuransi kendaraan bermotor. Berapa jumlah kerugian yang diderita? Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kendaraan.

Adanya bencana alam yang tak terduga juga bisa terjadi sewaktu-waktu. Hal ini juga bisa membuatmu mempertimbangkan betapa pentingnya asuransi kendaraan bermotor. sebab sebuah bencana akan memberikan kerugian tersendiri secara materiil pada kendaraan bermotor.

Kita melihat bencana banjir yang belum lama melanda ibukota dan merendam beberapa kendaraan bermotor seperti mobil motor hingga bus dan truk.

Biaya yang dikeluarkan untuk menanggulangi kerusakan setelah terjadi musibah atau bencana akan lebih besar ketimbang kamu mempersiapkan segala risiko tersebut dengan membayarkan premi asuransi kendaraan bermotor. Sehingga, tak ada salahnya kamu merencanakan keuangan dan mempersiapkan segalanya lebih dini dari sekarang.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas