Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional di Lingkungan Pekerjaan

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Bagi kamu yang bekerja dan sering berhubungan dengan banyak orang yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, kemampuan dalam cara meningkatkan kecerdasan emosional sepertinya wajib untuk dimiliki.

Bahkan, tak jarang banyak orang yang menilai bahwa kesuksesan seseorang juga bisa dilihat dari bagaimana orang tersebut cerdas dalam mengontrol emosinya. Lho, emang apa hubungannya?

Bagi yang belum tahu, kecerdasan emosional itu sendiri merupakan sebuah kemampuan seseorang dalam menggunakan serta memahami tingkat emosi, baik itu emosi diri sendiri maupun emosi yang dimiliki oleh orang lain, dengan tujuan untuk bisa menjaga kesehatan dan mental.

Seseorang yang mengetahui cara meningkatkan kecerdasan emosional mereka akan cenderung lebih baik dalam mengontrol emosi mereka, baik ketika sedang marah maupun sedih serta dapat memahami perasaan orang lain, sehingga orang yang tahu cara meningkatkan kecerdasan emosional yang baik juga akan lebih bijak dalam membuat keputusan.

Pada umumnya, kecerdasan emosional setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik, tetapi tidak sedikit pula orang yang memiliki masalah dalam meningkatkan kecerdasan emosional mereka, yang terkadang membuat orang-orang tersebut juga memiliki masalah dalam menjalin komunikasi yang baik oleh orang lain di sekitarnya.

Nah, hal inilah yang membuat pengetahuan tentang cara meningkatkan kecerdasan emosional sangatlah penting untuk dipelajari, karena kecerdasan emosional yang dikelola dengan baik akan berpotensi dalam menghasilkan kemampuan akademik yang baik pula.

Bagian-Bagian dari Kecerdasan Emosional yang Perlu Diketahui

a. Kesadaran Diri (Self-Awareness)

Kesadaran diri

Konsep kesadaran diri atau yang dikenal sebagai self-awareness merupakan sebuah keadaan yang mana kita bisa menyadari dan memahami emosi yang tengah kita alami.

Self-awareness itu sendiri juga menekankan pada rasa empati atau menempatkan diri kepada posisi orang lain yang membuat kita juga bisa lebih mudah dalam menjalin komunikasi dengan orang lain, terutama dengan orang-orang yang baru kita temui dan kita kenal.

b. Pengaturan Diri (Self-Regulation)

Pengaturan diri

Selanjutnya ada pengaturan diri atau self-regulation yang merupakan kemampuan dalam mengontrol perilaku diri. Nah, kemampuan self-regulation inilah yang memberikan pengaruh penting terhadap bagaimana kamu bisa mengendalikan diri, terutama ketika tengah berada di sebuah situasi tertentu yang menegangkan.

(Baca Juga: Ini Pilihan Olah Raga Kala Musim Hujan Tiba)

c. Motivasi Diri (Internal Motivation)

Motivasi diri

Motivasi dari juga termasuk ke dalam salah satu bagian dari kecerdasan emosional. Bagian satu ini memiliki keterikatan dengan kemampuan dalam mengambil keputusan berupa optimisme yang disertai pula dengan rasa keingintahuan dan keinginan dalam mendapatkan sesuatu.

Nah, orang-orang yang memiliki motivasi diri atau internal motivation ini biasanya selalu memiliki sifat yang optimis dan selalu berusaha agar bisa mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Tentu saja, setiap orang yang memiliki motivasi di dalam diri mereka akan senantiasa membawa mereka kepada keberhasilan dan kesuksesan.

d. Rasa Empati (Empathy)

Rasa empati

Bagian dari kecerdasan emosional lainnya yaitu rasa empati. Perlu diketahui bahwa dapat memahami dan mengerti keadaan emosi lawan bicara juga merupakan bagian dari kecerdasan emosional. Hal tersebut dikarenakan kamu dapat berkomunikasi dengan lawan bicara sesuai dengan kondisi emosional yang tengah dialami oleh orang tersebut.

Memahami kondisi emosional lawan bicara tidak hanya akan membuat perasaan orang tersebut menjadi lebih baik, melainkan juga bisa sekaligus menjalin hubungan yang kuat.

e. Keterampilan Sosial (Social Skills)

Keterampilan sosial

Bagian dari kecerdasan emosional yang terakhir adalah keterampilan sosial atau social skills. Keterampilan sosial ini dikatakan cukup penting, khususnya bagi kamu ingin menjalankan komunikasi secara intens dengan orang lain.

Kunci Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional yang Perlu Diketahui

Bagi sebagian orang, mungkin menerapkan cara meningkatkan kecerdasan emosional tidak semudah yang diperkirakan. Selain harus melalui sejumlah proses panjang, kamu pun juga harus mengetahui kunci dari cara meningkatkan kecerdasan emosional itu sendiri.

Lalu, apa saja sih kunci dari cara meningkatkan kecerdasan emosional yang perlu kamu ketahui?

1. Mengurangi Emosi Negatif

Mengurangi emosi negatif

Biasanya, emosi yang cenderung meledak-ledak terjadi karena aura negatif yang lebih dominan dibandingkan aura positif. Maka dari itu, kunci dari cara meningkatkan kecerdasan emosional yang harus kamu perhatikan adalah cobalah untuk mengurangi emosi negatif yang ada di dalam dirimu. Karena terkadang, emosi negatif akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pengambilan sebuah keputusan.

Perlu diketahui bahwa berbagai keputusan yang diambil dalam keadaan emosi negatif akan berdampak pada hasil yang tidak terlalu baik, dan keadaan tersebut akan semakin parah apabila turut mempengaruhi orang-orang disekelilingmu.

(Baca Juga: Pengantin Zumba Viral, Ini Manfaat Olahraga Dance Tersebut Bagi Tubuh)

2. Selalu Tenang

Selalu tenang

Banyak orang yang justru merasa tertekan atau stress ketika mengalami peristiwa-peristiwa diluar ekspektasi mereka, yang malah menyebabkan kepanikan. Nah, jika kamu mengalami hal-hal tersebut, cobalah agar tidak langsung panik dan tetap tenang. Basuhlah wajah dengan air dingin untuk bisa menyegarkan kepala dan pikiran.

Selalu tenang dalam menghadapi berbagai kejadian merupakan salah satu cara meningkatkan kecerdasan emosional yang dikenal cukup ampuh. Hal ini juga berhubungan dengan poin sebelumnya mengenai emosi negatif, yang mengungkapkan bahwa kondisi tubuh yang tenang dan relaks justru akan menghasilkan pembuatan keputusan yang baik dibandingkan tubuh yang masih dilanda emosi negatif.

3. Berlatih Mengekspresikan Emosi

Berlatih mengekspresikan emosi

Kecerdasan emosi bukan berarti kamu harus menahan diri dalam mengekspresikan emosi. Jika kamu sedang tidak menginginkan sesuatu, maka cobalah untuk belajar dalam mengatakan “tidak”.

Kamu juga tidak dilarang untuk berbeda pendapat dengan orang lain, asalkan jangan pernah berperilaku kasar. Mengekspresikan emosi juga merupakan salah satu cara meningkatkan kecerdasan emosional yang dinilai cukup ampuh.

Dengan berlatih mengekspresikan emosi dalam berbagai situasi, kamu juga akan belajar bagaimana berdebat atau berdiskusi dengan orang lain tanpa harus terbawa emosi sekaligus berusaha untuk bisa mendapatkan apa yang berhak kamu dapatkan dan melindungi diri dari tekanan dan gangguan.

4. Bersikap Proaktif dan Bukan Reaktif

Bersikap proaktif dan bukan reaktif

Orang yang menyebalkan dan cenderung mempersulit hidupmu pasti akan sering ditemukan, khususnya di lingkungan pekerjaan. Biasanya, orang-orang seperti ini akan lebih mudah mempengaruhimu dalam beremosi dan bertindak. Nah, apabila orang-orang tersebut berhasil membuat harimu menjadi kurang menyenangkan, janganlah langsung terbawa emosi.

Cara meningkatkan kecerdasan emosional paling tepat dalam menghadapi kondisi seperti ini yaitu dengan menenangkan diri terlebih dahulu agar pikiran bisa kembali jernih. Setelah itu, barulah kamu bisa mengajak orang tersebut berbicara empat mata untuk menyelesaikan masalah diantara kalian.

Jika kamu mulai kembali terbawa emosi, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat pokok permasalahan dari sudut pandang orang tersebut. Dengan begitu kamu akan merasa empati, namun bukan berarti kamu juga harus bertoleransi terhadap sikap yang tidak pantas.

Manfaat Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Setelah kamu mengetahui beberapa cara meningkatkan kecerdasan emosional, maka selanjutnya yaitu dengan mengetahui sebenarnya apa sih manfaat dari meningkatkan kecerdasan emosional?

1. Lebih Produktif

Lebih produktif

Mengetahui cara meningkatkan kecerdasan emosional akan membuatmu menjadi orang yang lebih produktif. Ketika kamu mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih berat dari biasanya, terkadang kamu justru akan merasa tertekan, terbebani dan panik. Nah, dengan pandai dalam meningkatkan kecerdasan emosional, kamu tidak akan merasakan hal tersebut.

Sebaliknya, kecerdasan emosional akan membuatmu menjadi orang yang lebih produktif karena tidak merasa terbebani dengan tugas-tugas yang dimiliki. Kamu bisa menyelesaikan seluruh tugas dengan tenah sehingga akan memberikan hasil yang baik.

2. Lebih Tepat dalam Mengambil Keputusan

Lebih tepat dalam mengambil keputusan

Ketika tengah berada di bawah emosi negatif, terkadang kamu akan membuat keputusan-keputusan yang kurang tepat dan cenderung gegabah. Hal tersebut tentu akan berdampak buruk apabila keputusan yang kamu ambil justru mempengaruhi orang-orang disekitar mu.

Perlu diketahui bahwa orang dengan tingkat kecerdasan emosional yang baik akan lebih tepat dalam mengambil keputusan, karena mereka membuat keputusan tersebut dalam keadaan pikiran yang jernih serta didasari oleh berbagai pertimbangan.

Orang dengan tingkat kecerdasan yang baik tidak akan membuat keputusan secara gegabah, apalagi yang berdampak buruk terhadap orang-orang disekitarnya. Mereka akan memiliki rasa empati dan lebih peka terhadap kondisi psikologis seseorang sehingga tentunya tidak akan mengambil keputusan yang merugikan sejumlah pihak.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha