Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Penuhi Kebutuhan Tubuhmu Akan 4 Zat Ini Agar Puasa Lancar

by Rafly Aditia on 7 Juni, 2016

Saat menjalani puasa, informasi mengenai kesehatan menjadi semakin penting. Salah satunya adalah informasi tentang zat-zat yang diperlukan oleh tubuh agar dapat menjalani ibadah puasa dengan sempurna.

Kali ini tim CekAja.com bakal menginformasikan sejumlah zat penting yang wajib kamu penuhi kalau ingin ibadah puasa berjalan lancar. Mau tahu apa saja zat penting tersebut? Berikut ini beberapa zat yang harus dipenuhi kebutuhannya saat berpuasa:

Lemak tidak jenuh – Alpukat

Lemak seringkali dianggap sebagai sesuatu yang sangat buruk dan tidak punya manfaat bagi tubuh. Padahal, lemak bisa membuat kamu dapat menahan lapar lebih lama. Hal ini tentunya sangat bermanfaat ketika sedang berpuasa. Selain menahan lapar lebih lama, lemak tidak jenuh juga bisa membantu mengontrol kelebihan berat badan.

Zat yang satu ini bisa didapatkan di buah Alpukat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Loma Linda University, Alpukat memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang cukup tinggi dan bermanfaat banyak bagi tubuh.

(Baca juga: Saat Bulan Puasa, Inilah Kebiasaan di Kantor yang Pasti Berubah)

Karbohidrat – Kurma

Kurma merupakan buah-buahan yang memiliki kandungan 70% gula, 20% protein, 3% lemak, serta sejumlah kandungan bermanfaat lainnya. Di bulan puasa, kurma menjadi menu santapan sahur dan berbuka yang disunahkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW. Apa sih manfaat sebenarnya dari kurma?

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa kandungan karbohidrat tinggi pada kurma dapat membuat perut kenyang lebih lama dan meningkatkan stamina. Selain itu, penelitian yang dilakukan Minesotta University menemukan fakta bahwa kurma bisa menurunkan tekanan darah hingga mencegah stress.

Cairan – Air putih

Pada saat puasa, kamu tidak hanya harus menahan lapar saja, melainkan juga menahan rasa haus. Oleh karenannya, kamu membutuhkan cairan yang cukup selama berpuasa agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Kalau sudah mengalami dehidrasi, bisa-bisa sulit menjalani aktivitas normal seperti biasanya.

Penelitian dari Connecticut University mengatakan bahwa manusia perlu setidaknya minum 2,2 liter air per hari sistem pencernaan tubuh dapat berjalan dengan baik.

Protein

Jangan lupakan protein, karena protein juga memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh. Biasanya protein dikaitkan dengan massa otot. Untuk kamu yang sering berolahraga atau seorang body builder, kebutuhan protein harus tercukupi. Mengingat pada saat puasa kamu melewati jam makan siang, maka sebaiknya pada saat berbuka dan sahur penuhi kebutuhan proteinmu.

(Baca juga: Kamu Bisa Lebih Sehat Selama Puasa Bila Tidak Konsumsi Ini)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami