Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Penularan Corona di Acara Besar Sangat Berbahaya, Banyak Acara yang Ditunda

by Estrin Vanadianti Lestari on 19 Maret, 2020

Jumlah pasien positif corona di Indonesia terlihat terus mengalami peningkatan, ini artinya masih banyak peluang virus Covid-19 menyebar ke banyak orang. Namun, pemerintah berupaya secepat mungkin untuk menekan jumlah pasien corona agar tidak terus naik. Adapun cara yang dilakukan antara lain social distancing hingga mencegah penularan corona di acara besar.

penularan corona di acara besar

Pasalnya, peluang penularan corona di acara besar sangat tinggi dan dapat menyebar dengan cepat. Ditambah, di dalam sebuah acara, akan ada banyak orang dengan berbagai keadaan dan kondisi tubuh yang tidak bisa terdeteksi dengan jelas.

Cara Penularan Virus Corona

Sebelumnya, ada hal yang perlu kamu ketahui terkait cara penularan virus corona di tempat-tempat umum, seperti di acara-acara besar. Virus corona diketahui bisa menular melalui droplet, di mana droplet bisa keluar melalui cairan batuk dan bersin yang mengandung virus.

Tidak hanya itu, di dalam sebuah acara, setidaknya orang-orang akan melakukan berbagai kegiatan seperti bersalaman, berkomunikasi, berdekatan, dalam waktu yang lama. Nah, di sinilah kamu bisa berkemungkinan terkena cairan virus tersebut, bahkan lewat percakapan.

Jika cairan yang mengandung virus tersebut memasuki wilayah mata, hidung, atau mulut orang yang sehat, maka besar kemungkinan orang tersebut akan tertular virus yang sedang mewabah ini.

Jarak Penularan Virus Corona

Tidak hanya itu, penularan corona melalui droplet biasanya berjarak sekitar 1 hingga 2 meter dari penderita. Sehingga, jika ada penderita corona yang masih berkeliaran di acara besar, dan bercakap-cakap dengan orang lain, maka kemungkinan besar orang-orang tersebut juga ikut tertular virus corona.

(Baca Juga: Berlaku 20 Maret, Ini 5 Aturan Baru Keluar-Masuk RI Karena Corona)
Penularan juga Bisa Melalui Benda Mati

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa droplet mudah berpindah melalui cairan langsung ke bagian tubuh orang lain. Namun, droplet juga bisa ditularkan secara tidak langsung, yakni melalui benda mati.

Jadi, apabila cairan droplet yang mengandung virus tersebut menempel pada benda mati seperti pegangan pintu, pagar, handphone, lightstick, tangan, tiket, baju, dan lain-lain, hal tersebut juga bisa menularkan virus.

Terlebih, jika kamu tidak menjaga kebersihan, misalnya setelah pegang benda-benda yang ada di sekitar, kemudian mengusap wajah atau makan dengan tangan. Droplet ini sendiri bisa tahan di atas benda mati bahkan hingga 15 menit.

Disarankan Cuci Tangan Setelah Menyentuh Benda Mati

Tidak hanya di acara besar, di tempat mana pun, jika kamu habis menyentuh sesuatu, segeralah cuci tangan. Atau jika dalam keadaan darurat, gunakan hand sanitizer.

Pasalnya, hal tersebut bisa menghentikan penyebaran virus corona. Jika perlu gunakan sarung tangan, dan sediakan selalu sabun cuci tangan dan hand sanitizer selalu.

Penyelenggara Acara Besar Disarankan Menunda hingga Membatalkan

Sehingga, para pihak penyelenggara event-event besar, disarankan untuk menunda acara hingga membatalkannya, demi menekan jumlah penyebaran virus.

Beberapa acara besar yang ditunda hingga dibatalkan oleh berbagai pihak ini, di antaranya adalah konser musik, premier film, tour, festival, lomba, pameran, dan masih banyak lagi. Berikut acara-acara besar di Indonesia yang penyelenggaraannya ditunda hingga dibatalkan, karena Corona:

  • Car Free Day Every Week (Mulai 15 Maret 2020, Jakarta dan kota-kota besar lainnya)
  • e-Sport Free Fire Championships Cup 2020 (14-15 Maret 2020 dan 19 April 2020, di Tennis Indoor Senayan, Jakarta)
  • Kualifikasi Piala Dunia 2020, Indonesia vs Uni Emirat Arab (31 Maret 2020, di GBK, Senayan, Jakarta)
  • Piala AFF U-18/19 2020
  • Indonesia Open 2020 (16-21 Juni 2020)
  • Festival Head In The Cloud (HITC) (7 Maret 2020)
  • Festival Musik Metal Hammersonic (27-28 Maret 2020)
  • Festival Musik Khalid Free Spirit World Tour 2020 (28 Maret 2020, di Istora Senayan, Jakarta)
  • Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 dan masih banyak lagi acara besar lainnya.
Pemerintah juga Buat Kebijakan Belajar dan Kerja dari Rumah

Tidak hanya di acara besar, di tempat umum lainnya juga perlu kamu hindari. Di antaranya adalah pusat perbelanjaan, sekolah, kantor, angkutan umum, tempat wisata, ke luar negeri, dan lain-lain.

Maka dari itu, pemerintah juga mengupayakan agar para pelajar dan mahasiswa untuk belajar dari rumah. Bahkan, para pekerja kantoran juga disarankan untuk bekerja dari rumah atau work from home, demi memutus rantai virus di Indonesia.

Enggak mau kan tiba-tiba kamu dinyatakan positif virus corona? Maka dari itu, ikuti kebijakan pemerintah, isolasikan diri di rumah, jaga kesehatan, dan jangan lupa ajukan asuransi kesehatan untuk dirimu dan juga keluargamu.

Asuransi kesehatan juga akan membuatmu lebih aman dan terlindungi. Kamu juga akan mendapatkan berbagai manfaat dan keuntungan, jika kamu memilih produk asuransi dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Yuk, ajukan asuransi kesehatan pilihanmu sekarang juga, hanya di situs Cekaja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk