Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Penyakit Ini Paling Ditakuti Karena Sering Sebabkan Kematian Mendadak

by Rafly Aditia on 13 Agustus, 2016

Mungkin kamu pernah mendengar berita tentang pesohor, tetangga atau bahkan keluarga dekat yang meninggal secara mendadak. Padahal, sebelum meninggal kesehatannya dalam kondisi yang tergolong baik. Biasanya, hal itu terjadi karena sejumlah penyakit yang memang ditakuti karena sifatnya yang bisa membuat orang meninggal mendadak.

Untuk mewaspadai hal itu, kamu perlu mengetahui beberapa penyakit berikut yang kerap menimbulkan kematian mendadak:

Trauma kepala

Banyak sekali kasus kematian mendadak terjadi karena trauma pada kepala. Penyebabnya bermacam-macam, namun lebih sering terjadi karena faktor kecelakaan seperti terjatuh, membentur benda keras di bagian kepala dan sebagainya. Hal ini bisa membuat pembuluh darah di bagian kepala atau pada bagian otak pecah. (Baca juga: Sudah Tidak Betah Kerja dan Ingin Pindah Kantor? Ini Tipsnya Agar Bos Tidak Tahu)

Angin duduk

Siapa yang tidak kenal penyakit satu ini? Salah satu gejala angin duduk adalah nyeri di bagian dada. Hal ini terjadi karena otot jantung kurang mendapatkan pasokan darah sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah ke jantung. Kalau sudah begini, bisa-bisa mengalami kematian mendadak.

Stroke

Sampai saat ini, penyakit stroke menjadi salah satu momok paling menakutkan. Bukan hanya orang tua, stroke kerap kali menyerang anak muda di Indonesia. Stroke disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, pola istirahat yang tak teratur dan stress. Kalaupun tidak mengalami kematian, biasanya penderita stroke mengalami cacat sementara atau bahkan cacat tetap.

Serangan jantung

Penyakit satu ini paling ditakuti dan menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Serangan jantung atau penyakit jantung koroner biasanya mengakibatkan kematian secara mendadak. Penyakit ini juga tergolong menyerang orang tanpa pandang usia. Namun, jangan khawatir penyakit satu ini bisa ditangkal dengan berolahraga.

Epilepsi

Epilepsi atau yang lebih dikenal dengan nama “Ayan” merupakan salah satu penyakit serius. Saat diserang epilepsi, penderita mengalami kejang-kejang dan tidak bisa bergerak dengan baik selama beberapa waktu. Tidak jarang penyakit ini menyebabkan kematian.

Penebalan otot jantung

Penebalan otot pada jantung atau dalam istilah medis bernama kardimiopati merupakan salah satu penyakit yang kerap menyebabkan kematian mendadak. Ketika otot jantung menebal, jantung bakal kesulitan untuk memompa darah sehingga suplai darah ke organ-organ tubuh berkurang atau bahkan berhenti sehingga menyebabkan kematian. (Baca juga:Beragam Modus Maling Modern di Era Uang Elektronik)

Lindungi dirimu

Kematian memang tidak bisa diprediksi. Meski demikian, kamu tetap bisa melindungi diri dan keluarga dari berbagai risiko. Salah satu caranya dengan memiliki asuransi terbaik di Indonesia.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.