Penyebab Hidung Tak Bisa Mencium Bau Bukan Hanya Covid-19, Lantas Apa Saja?

Saat ini, mengetahui penyebab hidung tak bisa mencium bau merupakan hal yang sangat penting. Sebab, hilangnya penciuman menjadi salah satu gejala seseorang terinfeksi virus Covid-19.

Padahal, orang yang hidungnya tak bisa mencium bau, tidak selalu terinfeksi virus Covid-19. Karena, ada banyak faktor penyebab hidung tak bisa mencium bau.

Jika ingin tahu apa saja faktor penyebab tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Seputar Hidung yang Tidak Bisa Mencium Bau

Sebelum tahu lebih jauh tentang penyebab hidung tak bisa mencium, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu informasi dasar seputar hal tersebut.

Jadi, hidung yang tak bisa mencium bau merupakan salah satu kondisi penyakit yang disebut dengan Anosmia.

Gejala dari Anosmia ini bukan hanya tidak bisa mencium bau, namun penderitanya juga sulit merasakan makanan dan minuman yang masuk ke mulut.

Hal itu bisa terjadi karena indra penciuman manusia, berkaitan dengan indra perasa. Sehingga, orang yang menderita anosmia akan berkurang nafsu makannya, berat badan, serta nutrisi yang juga ikut menurun.

Sedihnya, orang yang menderita Anosmia pun kerap terganggu kesehatan psikisnya. Sebab, penderita akan merasa sangat sedih dan tertekan, karena tidak bisa mencium dan mencicipi rasa apapun.

Anosmia mungkin tidak akan merusak kesehatan fisik dan psikis penderita secara serius, namun bisa mengurangi kualitas hidup mereka.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya banyak cari tahu tentang Anosmia, mulai dari penyebabnya hingga cara mengobatinya.

(Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Sinusitis)

Cara Kerja Hidung dalam Mencium Bau

Selain mengetahui informasi dasar seputar hidung yang tak bisa mencium bau, kamu juga perlu tahu bagaimana cara kerja hidung dalam mencium bau.

Yang mana dalam kondisi normal, hidung selaku indra penciuman akan bekerja melalui suatu proses.

Tepatnya, proses tersebut akan diawali dengan rangsangan dari molekul yang dilepaskan suatu zat, yang mengandung aroma tertentu.

Zat beraroma tersebut kemudian akan merangsang sel saraf indra penciuman bagian atas hidung, untuk selanjutnya sel saraf mengirimkan informasi ke otak, untuk mengidentifikasi bau.

Dengan begitu, maka otak bisa mendeteksi dan menilai jenis bau dari aroma zat yang dihasilkan.

Nah apabila proses tersebut mengalami gangguan, maka tingkat sensitivitas hidung dalam mencium bau akan berkurang, bahkan hilang total.

Itulah yang dalam dunia medis disebut dengan Anosmia, atau kondisi di mana hidung tidak bisa mencium bau apapun.

Kondisi kesehatan tersebut memang terlihat tidak terlalu parah. Tetapi, akan sangat mengganggu para penderitanya, dan bisa berlangsung sementara maupun permanen.

Penyebab Hidung Tak Bisa Mencium Bau

Setelah mengetahui cara kerja hidung dalam mencium bau, maka seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kali ini kamu akan mengetahui sejumlah penyebab hidung tak bisa mencium bau.

Pada dasarnya, penyebab hidung tak bisa mencium bau ada sangat banyak. Namun, untuk memudahkanmu mengetahui penyebab tersebut, di bawah ini CekAja.com telah merangkum empat di antaranya yang terdiri dari:

1. Masalah pada otak atau saraf

Penyebab hidung tak bisa mencium bau yang pertama, yaitu terdapat masalah pada otak atau saraf.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, hidung memiliki reseptor yang bertugas untuk mengirimkan informasi ke otak melalui saraf.

Apabila sepanjang proses pengiriman informasi ke otak, terdapat gangguan atau jalur yang rusak, maka hal itu dapat memicu terjadinya Anosmia.

Dalam hal ini, ada beberapa gangguan pada otak atau saraf, yang dapat memicu kondisi tersebut, di antaranya yaitu usia yang sudah tua, tumor otak, masalah hormonal, penyakit Alzheimer, epilepsy, diabetes, penyakit Parkinson, hingga efek samping obat tertentu.

2. Penyumbatan saluran hidung

Adanya beberapa hal yang menyumbat saluran hidung, ternyata menjadi penyebab hidung tak bisa mencium bau.

Hal-hal yang menjadi penyumbat saluran hidung, biasanya yaitu kelainan bentuk tulang di dalam hidung, tumor, serta polip hidung.

3. Masalah genetik

Selain dua hal di atas, penyebab hidung tak bisa mencium bau juga bisa karena masalah genetik.

Mungkin terdengar asing, namun ada beberapa kasus yang menemukan seseorang terlahir tanpa indra penciuman, akibat masalah genetik. Dalam medis, hal itu disebut dengan Anosmia Kongenital.

Maka dari itu, jangan heran kalau kamu menemukan sejumlah orang yang memang terlahir tidak memiliki indra penciuman, sebab mereka menderita Anosmia Kongenital.

4. Iritasi selaput lendir

Penyebab hidung tak bisa mencium bau yang terakhir, yaitu adanya iritasi selaput lendir. Seperti yang diketahui, selaput lendir dalam hidung berfungsi untuk menghasilkan mukus (ingus), untuk melindungi diri dari berbagai macam kotoran dan bakteri.

Jika selaput lendir ini mengalami iritasi, maka itu dapat menyebabkan hidung tidak bisa mencium bau.

Biasanya, timbulnya iritasi pada selaput lendir disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Pilek
  • Alergi
  • Flu biasa
  • Influenza
  • Infeksi sinus
  • Radang selaput hidung
  • Efek samping dari merokok.

Cara Mengobati Hidung yang Tak Bisa Mencium Bau

Untuk bisa mengatasi semua penyebab hidung tak bisa mencium bau, kamu tentu harus tahu bagaimana cara mengobatinya yang baik dan benar.

Sebenarnya, cara mengobati hidung yang tak bisa mencium bau sangat mudah. Kamu hanya perlu mengetahui penyebabnya, lalu mengobatinya sesuai penyebabnya tersebut.

Jika hidung tak bisa mencium bau akibat pembengkakan hidung dan sinus, maka cara pengobatan yang bisa dilakukan, yaitu dengan steroid.

Sementara untuk penyebab lainnya, dapat diobati dengan beberapa cara berikut ini, yaitu:

  • Mengonsumsi obat tertentu
  • Mencuci hidung dengan bersih
  • Memakai semprotan hidung
  • Melakukan operasi untuk membersihkan polip, menghilangkan polip, atau meluruskan septum hidung.

Dengan melakukan beberapa cara pengobatan di atas, yang tentunya disesuaikan dengan penyebabnya, para penderita Anosmia bisa kembali merasakan bau seperti keadaan normal.

Melansir dari NHS dalam health.kompas.com, Anosmia pun bisa membaik dan sembuh dalam hitungan minggu atau bulan, sesuai dengan kesehatan fisik setiap penderita.

(Baca Juga: Perbedaan Virus Corona dan Flu Biasa)

Namun satu yang pasti, semua pengobatan medis tersebut dibutuhkan biaya yang cukup besar.

Sehingga, keberadaan asuransi kesehatan di sini sangat penting, untuk mengcover semua biaya pengobatan.

Maka dari itu, jika kamu hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, sebaiknya segera ajukan secara online melalui CekAja.com agar lebih mudah.

Sebab, CekAja.com menyediakan banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!