7 Penyebab Kuku Kuning dan Kiat Mengatasinya Dengan Mudah

Penting mengetahui penyebab kuku kuning dan cara mengatasinya, karena kuku bisa memberi tahu kita banyak hal tentang kesehatan kita secara keseluruhan.

Ketika berubah warna, biasanya itu berarti kita terkena infeksi atau jamur kuku. Ini juga bisa berarti kuku kita telah ternoda oleh produk seperti cat kuku, atau kita mengalami reaksi alergi.

Terkadang kuku bisa menguning sebagai gejala dari sesuatu yang lebih serius, seperti kondisi paru-paru kronis, keganasan internal, penghalang limfatik, dan bahkan artritis reumatoid. Kuku akan terus tumbuh selama 6 bulan dan selama tumbuh itu seharusnya kuku berwarna bening dan cerah.

Kuku juga perlu oksigen untuk bisa terus tumbuh dengan sehat. Penyebab kuku kuning dan kiat mengatasinya sebenarnya sudah banyak yang menuliskannya di artikel-artikel di luar sana.

Tapi agar kita bisa lebih cepat mencegah agar kita tidak mengalami kuku kuning tak ada salahnya membaca ini. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebab kuku kuning dan kiat mengatasinya dengan benar. 

Penyebab Kuku Kuning dan Kiat Mengatasinya

Kuku yang kuning, rusak atau patah selain tidak indah untuk dipandang juga harus lebih diperhatikan. Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas bahwa penyebab kuku kuning dan kiat mengatasinya bukan hanya karena kebiasaan kita atau pemakaian produk saja tapi ada hal yang lebih mengkhawatirkan yaitu kondisi kesehatan kita.

(Baca Juga: Sebelum Tidur, Lakukan Olahraga Ini Agar Pulas)

Untuk tahu lebih banyak penyebab kuku kuning dan kiat mengatasinya yuk simak dibawah ini.

1. Pemakaian Cat Kuku

Salah satu penyebab kuku kuning dan kiat mengatasinya adalah pemakaian cat kuku. Cat kuku berwarna terang seperti warna merah bisa membuat kuku memiliki noda putih kuning.

Pemakaian cairan penghapus cat kuku atau aseton juga bisa menjadi penyebabnya. Jika kuku kuning kita disebabkan karena hal ini maka tidak berbahaya dan kita bisa mengatasinya dengan sederhana.

2. Infeksi Jamur

Penyebab kuku kuning dan kita mengatasinya selanjutnya adalah karena infeksi jamur. Banyak orang yang mengalami infeksi jamur di kuku.

Tapi biasanya kuku yang sering terkena adalah kuku jari kaki saja. Kuku yang terkena infeksi jamur bisa mengalami perubahan bentuk serta penebalan.

Pemakaian sepatu yang sesak akan menambah parah cedera yang diderita. Kuku juga bisa menjadi kuning loh.

3. Kuku Lepas atau Onikolisis

Onikolisis menjadi salah satu penyebab kuku kuning dan kiat mengatasinya juga termasuk mudah. Kuku lepas terjadi saat ujung lempeng kuku yang sebelumnya menguning bisa terlepas dari bantalan kuku.

Ini bisa terjadi karena bantalan kuku sering terpapar udara. Selain itu kuku lepas bisa juga karena cedera psoriasis atau karena efek samping dari obat tertentu.

Orang-orang yang banyak memakai tangan saat bekerja juga mempunyai potensi kuku lepas yang tinggi seperti tukang daging atau penata rambut di salon.

4. Sindrom Kuku Kuning

Ini adalah sebuah penyakit langka yang biasanya menyerang orang diatas 50 tahun yang juga memperlambat pertumbuhan kuku atau kuku lepas. Sindrom kuku kuning menjadi penyebab kuku kuning dan kiat mengatasinya sedikit rumit karena sindrom ini penyebab pastinya belum diketahui.

Ada yang bilang karena paparan titanium, penyakit autoimun atau kanker. Sindrom ini memiliki gejala kuku menguning, mengalami masalah pernapasan, dan terjadi pembengkakan pada tungkai bawah.

5. Sakit Tiroid

Orang yang sakit tiroid bisa menjadi salah satu alasan penyebab kuku kuning dan kiat mengatasinya harus dengan pengobatan tertentu. Orang yang sakit tiroid akan mengalami keretakan kuku yang disertai dengan penebalan. Ini akan menghambat pertumbuhan kuku juga.

6. Diabetes

Selanjutnya ada diabetes yang menjadi penyebab kuku kuning dan kiat mengatasinya tentu dengan minum obat serta menjaga pola hidup. Yang umum terjadi pada penderita diabetes adalah permasalahan peredaran darah yang tidak baik maka bisa mengakibatkan kuku menebal, menguning bahkan rapuh.

Kuku penderita diabetes juga rawan terinfeksi jamur yang juga membuat kuku menguning.

7. Merokok

Selanjutnya, merokok menjadi penyebab kuku kuning dan kiat mengatasinya tentu dengan berhenti merokok.

Orang yang sering merokok, kukunya menguning karena ada zat nikotin pada rokok, yang terus menerus menempel pada jari dan kuku saat merokok.

Kiat Mengatasi Kuku Kuning

Nah, beberapa penyebab kuku kita berwarna kuning yang biasa terjadi, sudah diketahui di pembahasan sebelumnya.

Tapi, ada juga beberapa kiat yang bisa kita lakukan dirumah, untuk mengatasi kuku kuning atas petunjuk dokter loh. Apa saja itu? mereka antara lain:

Minyak Tea Tree

Jika kuku kita berubah warna karena infeksi bakteri atau jamur, minyak tea tree adalah perawatan mudah yang bisa kita coba.

Campurkan satu atau dua tetes minyak tea tree dengan minyak lain seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak jojoba, dan usapkan campuran tersebut pada kuku yang terkena. Banyak  menunjukkan bahwa minyak tea tree bisa secara efektif menghentikan jenis jamur kuku tumbuh.

Soda Kue

Jamur hanya dapat tumbuh di lingkungan yang tingkat pH-nya bersifat asam. Jika jamur menjadi penyebab kuku kuning dan kita mengatasinya adalah dengan merendam kaki atau jari kaki kita dalam air panas yang dicampur dengan soda kue bisa mencegah penyebaran jamur.

Soda kue menciptakan lingkungan basa dan, selama beberapa kali perendaman, bisa membuat kuku kita lebih bersih.

(Baca Juga: Batuk? Waspadai dan Cara Mengatasinya)

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida telah terbukti sebagai sumber terpercaya untuk membantu memutihkan gigi secara efektif jika dikombinasikan dengan soda kue, dan merupakan bahan umum dalam pasta gigi pemutih.

Hidrogen peroksida mampu “mengoksidasi”, yang bisa menghilangkan noda. Artinya, ini bisa dipakai untuk perawatan kuku yang ternoda oleh penggunaan produk cat kuku.

Ini berlaku jika pemakaian cat kuku yang menjadi penyebab kuku kuning dan kiat mengatasinya cukup mudah kan?

Vitamin E

Vitamin E dikenal bisa membuat sel mempertahankan kelembapannya serta terlihat lebih sehat. Kulit, rambut, dan kuku kita semuanya tampak sehat jika kita memiliki banyak vitamin E. Vitamin E juga telah diketahui sebagai pengobatan yang berhasil untuk sindrom kuku kuning.

Karena vitamin E merangsang pertumbuhan kuku yang sehat, ia dapat dioleskan atau diminum untuk membantu kuku kita tumbuh dengan cepat.

Dan, untuk perlindungan lebih lengkap tak ada salahnya melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Pilihan asuransi kesehatan bisa dilihat lengkap di CekAja.com.

Yuk tunggu apalagi, amankan dirimu secara finansial dengan jaminan perawatan kesehatan terbaik.