Penyebab Kutil dan Cara Mengobatinya yang Perlu Diketahhui

8 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Sudahkah kamu mengetahui tentang penyebab kutil dan cara mengobatinya? Sebenarnya, kutil itu sendiri bukanlah sebuah penyakit berbahaya dan cenderung dialami oleh banyak orang.

Dapat tumbuh dimana saja, terkadang kutil juga bisa mengganggu, bahkan menghilangkan rasa percaya diri bagi penderitanya.

(Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Tahi Lalat)

Namun, nyatanya kutil juga bisa diobati lho. Tanpa perlu panjang lebar, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyebab kutil dan cara mengobatinya. Yuk disimak bersama, siapa tahu informasi satu ini bisa membantu!

Apa Itu Kutil?

Sebelum kita membahas tentang penyebab kutil dan cara mengobatinya, alangkah lebih baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dari kutil itu sendiri.

Dilansir dari kompas.com yang mengutip dari American Academy of Dermatology (AAD), kutil merupakan benjolan pada kulit yang berakar di permukaan kulit.

Meskipun terdapat beragam jenis kutil, akan tetapi umumnya kutil-kutil tersebut disebabkan oleh virus HPV (Human Papillomavirus).

Virus ini memiliki setidaknya lebih dari 150 jenis, termasuk yang menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks.

Tumbuhnya kutil dapat ditandai dengan penebalan pada lapisan luar kulit dengan ukuran yang bervariasi.

Meskipun bisa tumbuh di area kulit manapun, tetapi biasanya kutil paling sering ditemukan di tangan atau jari tangan.

Kamu dapat terinfeksi penyakit ini apabila terdapat luka pada kulit. Selain itu, kamu juga dapat tertular apabila menyentuh orang yang memiliki virus satu ini.

Akan tetapi, sebenarnya tidak semua orang dapat tertular ketika bersentuhan dengan penderita, karena hal tersebut juga turut berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh dari masing-masing orang.

Perlu diketahui bahwa kutil dapat menyerang segala usia, terutama bagi mereka yang memiliki imunitas tubuh yang masih rendah.

Penyebab Kutil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penyebab kutil yang paling utama adalah infeksi virus Human Papillomavirus (HPV).

Namun, penyebab kutil juga bisa dikarenakan karena penularan melalui sentuhan. Umumnya, anak-anak dan remaja merupakan populasi yang cukup rentan terkena penyakit satu ini, dimana hal tersebut didasari karena sistem imunitas tubuh mereka yang kadangkala belum stabil.

Sebenarnya, kutil dapat mati dengan sendirinya. Akan tetapi, banyak orang yang lebih memilih untuk mengobati dan melakukan pengangkatan karena mempertimbangkan estetika serta rasa percaya diri.

Terdapat lebih dari 150 jenis HPV yang ada. Akan tetapi, hanya beberapa saja yang menjadi penyebab kutil di tangan.

Sementara itu, sebagian jenis HPV lainnya bisa menjadi penyebab kutil di bagian tubuh lainnya. Bahkan, ada pula beberapa jenis virus yang menyebabkan penyakit serius, seperti kanker leher rahim.

Ketika seseorang telah memiliki satu kutil di bagian tubuhnya, maka tidak menutup kemungkinan kutil tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Selain itu, virus juga dapat masuk melalui celah kulit, seperti pada luka atau bekas sayatan yang terdapat di kulit.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua orang dapat dengan mudah tertular virus ini, karena kembali lagi, semua berhubungan dengan sistem imunitas tubuh dari masing-masing individu.

Lantas, siapa saja yang sekiranya memiliki risiko lebih besar mengalami permasalahan kulit ini?

  • Anak-anak dan dewasa muda
  • Orang dengan sistem daya tahan tubuh yang sedang menurun, seperti orang yang sedang sakit berat, mengidap sindrom HIV/AIDS, atau mereka yang pernah mengalami transplantasi organ.

Jenis-jenis Kutil yang Umum

Dilansir dari liputan6.com, saat ini terdapat setidaknya lima jenis kutil yang paling sering dialami oleh banyak orang.

Akan tetapi, umumnya jenis-jenis kutil ini muncul di bagian tubuh yang berbeda, begitu pula dengan penampilannya. Apa sajakah itu?

  • Kutil Biasa

Kutil biasa umumnya tumbuh di jari tangan dan kaki, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa muncul di area tubuh lainnya.

Jenis kutil ini memiliki penampilan yang kasar dan berbentuk bulat di bagian atasnya. Sedangkan untuk warnanya juga lebih kelabu dibandingkan warna kulit di sekitarnya.

  • Kutil Plantar

Jenis kutil selanjutnya adalah kutil plantar, yang biasanya tumbuh di area telapak kaki. Tidak seperti jenis kutil lainnya yang tumbuh di luar kulit, jenis kutil ini justru tumbuh di dalam kulit.

Kehadiran dari kutil plantar ini dapat ditandai dengan adanya lubang kecil di bagian bawah kaki yang dikelilingi oleh kulit yang mengeras.

Karena gemar muncul di bagian bawah telapak kaki, maka kutil ini juga seringkali membuat penderitanya menjadi sulit untuk berjalan karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan.

  • Kutil Periungual

Selanjutnya ada kutil periungual yang tumbuh di bawah atau sekitar area kuku kaki dan kuku. Biasanya, mereka akan menimbulkan rasa sakit sekaligus berpengaruh terhadap pertumbuhan kuku.

  • Kutil Filiform

Kutil filiform tumbuh di sekitar mulut atau area hidung. Namun, terkadang juga bisa tumbuh di leher atau bawah dagu.

Mereka memiliki ukuran yang kecil dan berbentuk seperti lipatan kecil atau tag kulit. Warnanya pun juga serupa dengan kulit kita.

  • Kutil Datar

Nah, jenis kutil yang akan kita bahas terakhir adalah kutil datar, yang biasanya tumbuh di area wajah, paha, atau lengan.

Mereka juga memiliki ukuran kecil dan tidak langsung terlihat, sebab memiliki bagian atas yang rata seakan seperti telah dikupas atau terkelupas.

Sementara itu untuk warnanya, biasanya kutil datar memiliki warna merah muda, kecoklatan, atau agak kekuningan.

Cara Mengobati Kutil

Nah, setelah membahas tentang penyebab kutil, sekarang saatnya kita membahas tentang cara mengobati kutil itu sendiri.

Umumnya, sebagian besar kutil dapat hilang dengan sendirinya tanpa harus diobati. Namun terkadang, banyak orang yang merasa terganggu atas kehadiran dari kutil tersebut, sehingga memutuskan untuk mengobatinya sendiri.

Terdapat dua cara dalam mengobati kutil. Pertama yaitu dengan menggunakan cara medis di rumah sakit, dan yang kedua ialah dengan menggunakan cara alami.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengobati kutil secara alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, yaitu adalah:

  • Obat Peeling

Biasanya, obat peeling ini dapat dibeli melalui resep dari dokter. Akan tetapi, produk ini juga bisa kamu dapatkan di toko obat secara bebas, dimana umumnya digunakan untuk mengatasi kutil ringan.

Obat ini mengandung zat bernama asam salisilat yang diyakini cukup kuat dalam menghilangkan berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, psoriasis, dermatitis, hingga kutil sekalipun.

Bentuknya pun beraneka ragam. Ada yang berupa krim, cairan, gel, hingga plester. Dilansir dari jovee.id, terdapat penelitian yang menunjukan bahwa asam salisilat ini akan lebih efektif manfaatnya apabila digunakan bersamaan dengan metode freezing.

Cara menggunakannya yaitu dengan merendam bagian kulit yang tumbuh kutil menggunakan air hangat terlebih dahulu selama beberapa menit.

Setelah itu, tunggu permukaan kulit hingga mengering, dan barulah oleskan obat peeling pada bagian kulit yang terdapat kutil. Biarkan selama kurang lebih 24 – 48 jam.

Lakukan cara ini setiap hari selama beberapa minggu agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

  • Freezing (Cryotherapy)

Di poin sebelumnya telah kita singgung sedikit bahwa alangkah lebih baiknya apabila obat peeling dibarengi dengan metode freezing.

Sesuai dengan namanya, metode freezing atau terapi beku dinilai mampu menghilangkan sebagian besar kutil yang terdapat di dalam tubuh, tak terkecuali area kelamin.

Cryotherapy biasa dilakukan untuk kamu yang ingin mendapatkan penanganan secara cepat dan apabila pengobatan menggunakan obat peeling terasa tidak terlalu efektif.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa prosedur Freezing ini hanya bisa dilakukan oleh dokter. Seperti operasi, cara mengobati kutil satu ini akan dimulai dari pembiusan di area permukaan kulit yang terdapat kutil.

Setelah itu, dokter akan memotong kutil kamu dengan menggunakan pisau yang kecil dan tajam. Kemudian, ia akan mengaplikasikan zat beku menggunakan lidi kapas atau disemprotkannya. Nah, bahan beku yang digunakan ini umumnya adalah nitrogen cair.

  • Cuka Sari Apel

Jika kamu ingin melakukan cara yang lebih alami, maka kamu bisa menggunakan cuka sari apel sebagai salah satu cara mengobati kutil yang bisa dilakukan.

Sebab, cuka sari apel ternyata memiliki kandungan asam salisilat yang diklaim mampu membantu dalam menghilangkan kulit yang terinfeksi.

Selain itu, cuka sari apel juga memiliki sifat antimikroba alami yang bisa membantu melawan HPV, namun ungkapan ini masih perlu pembuktian lebih lanjut lagi.

Hanya saja, dikarenakan mengandung asam, maka kamu disarankan untuk mencampurkan cuka bersamaan dengan air, guna mencegah terjadinya iritasi.

Nah, cara mengobati kutil menggunakan cuka sari apel adalah dengan mengencerkan cuka dan air, dengan perbandingan 2 banding 1.

Kemudian, rendam kapas di dalam larutan dan letakkanlah ke area permukaan kulit yang memiliki kutil.

Tutup kapas menggunakan perban agar tidak terlepas dan diamkanlah setidaknya tiga hingga 4 jam. Atau kamu juga bisa membiarkannya semalaman sembari ditinggal tidur.

Walaupun termasuk obat alami, namun sifat asam yang terdapat di dalam cuka bisa menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Satu hal lagi yang perlu diingat, cuka sari apel yang tidak dilarutkan menggunakan air sebaiknya tidak digunakan pada wajah.

  • Bawang Putih

Nah, cara mengobati kutil yang bisa kamu lakukan terakhir adalah dengan menggunakan bawang putih.

Memang sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bawang putih memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai masalah kulit, seperti psoriasis, bekas luka keloid, hingga kutil.

Dilansir dari situs gooddoctor.co.id, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan ekstrak bawang putih dianggap mampu menghilangkan kutil hanya dalam waktu empat minggu saja!

Setelah itu, dapat dipastikan kutil tidak akan muncul lagi. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung komponen allicin yang memiliki sifat antimikroba, yang dapat bekerja dengan menghancurkan enzim dalam patogen berbahaya.

Selain menggunakan bawang putih asli, kamu juga bisa lho menggunakan alternatif lain seperti salep atau ekstrak bawang putih yang banyak dijual di toko obat.

Cara mengobati kutil menggunakan bawang putih yaitu dengan menghancurkan satu siung bawang putih, dan campurkanlah menggunakan air.

Setelah itu, oleskan bawang putih tersebut pada kutil yang ingin kamu hilangkan, lalu tutuplah dengan menggunakan perban.

Lakukan cara yang sama setiap hari selama kurang lebih tiga sampai empat minggu, untuk memberikan hasil yang memuaskan.

Jadi, itulah penyebab kutil dan cara mengobatinya yang mungkin bisa bermanfaat. Perlu diketahui bahwa nyatanya ada beberapa jenis kutil yang sebenarnya tak boleh diremehkan lho.

(Baca Juga: Jenis-jenis Alergi Pada Kulit)

Sebab, kutil tersebut bisa menimbulkan rasa sakit dan menular. Oleh karena itu, kamu tak boleh menyepelekan kehadiran kutil begitu saja.

Nah, apabila kamu sudah mulai merasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh kutil, alangkah baiknya jika kamu segera melakukan konsultasi dan pengecekan secara langsung ke dokter.

Namun, mungkin biaya ke dokter dapat dikatakan relatif lebih mahal dan menguras kantong. Nah, apabila ini terjadi, maka kamu bisa mengatasinya dengan memiliki asuransi kesehatan.

Sebab, hadirnya asuransi kesehatan bisa membuat pengeluaran kamu dalam berobat menjadi lebih hemat.

Hal tersebut dikarenakan, pihak asuransi terkait akan mengcover sebagian biaya kamu, yang mana tentunya disesuaikan dengan program dan premi yang kamu pilih.

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya asuransi kesehatan setidaknya dapat memberikanmu sedikit bantuan perihal masalah finansial terkait kesehatan.

Belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com! Dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online, disini kamu bahkan juga bisa melakukan perbandingan untuk memilih jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan pilihanmu di CekAja.com dan nikmatilah segudang manfaatnya!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha