Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mengenal Penyebab Penyakit Komplikasi, Gejala dan Cara Mengobatinya

by Vera Khairifah on 19 Maret, 2020

Penyebab penyakit komplikasi masih jarang diketahui dan dipahami oleh publik. Padahal, bahayanya bisa memberi dampak buruk bagi kinerja banyak organ. Ini saatnya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab penyakit komplikasi serta gejala dan cara mengobatinya.

Mengenal Penyebab Penyakit Komplikasi, Gejala Serta Cara Mengobatinya

Pahami Penyakit Komplikasi

Penyakit komplikasi adalah sebutan untuk jenis penyakit gabungan yang diderita manusia. Penyakit komplikasi bisa saja muncul karena efek dari satu penyakit tertentu, maupun karena penyebab tunggal lain atau efek samping dari sebuah tindakan.

Terjadinya komplikasi menyebabkan lebih banyak organ yang terganggu fungsinya karena penyakit yang diderita lebih banyak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyakit komplikasi adalah perubahan yang tidak dikehendaki.

(Baca Juga: Jangan Panik! Ini Asuransi di Indonesia yang Mengcover Virus Corona)
Macam-macam Penyakit Komplikasi

Beberapa penyakit komplikasi yang umum diketahui antara lain sebagai berikut:

  • Penyakit komplikasi diabetes yang menyebabkan penyakit pada jantung, ginjal, dan mata.
  • Komplikasi dari penyakit hipertensi yang menyebabkan penyakit ginjal.
  • Penyebab penyakit komplikasi akibat demam kuning yang menimbulkan radang otot jantung, edema paru, radang otak, dan lain-lain.
  • Komplikasi akibat penyakit ginjal yang membuat jantung bekerja lebih keras sehingga terjadi penurunan fungsi jantung.
  • Penyakit obesitas yang menyebabkan diabetes, hipertensi, stroke, penumpukan lemak pada hati, hingga penyakit jantung.
  • Dan masih banyak lagi lainnya
Penyebab Penyakit Komplikasi

Berikut beberapa penyebab penyakit komplikasi:

1. Karena sebuah penyakit

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penyebab penyakit komplikasi yang paling umum terjadi dikarenakan sebuah penyakit yang menjalar dan menyerang organ lain. Hal ini terjadi karena imun tubuh yang semakin menurun, sehingga penyakit dapat lebih mudah berkembang.

2. Konsumsi obat kimia

Mengonsumsi obat-obatan kimia dalam waktu lama memiliki efek samping jangka panjang. Obat sebagai penekan gejala penyakit atau pereda penyakit juga bisa menimbulkan munculnya penyakit baru. Inilah salah satu dari penyebab penyakit komplikasi.

Zat kimia pada obat kemudian mengganggu kinerja organ lain sehingga terjadi penyakit komplikasi.

3. Efek pembedahan

Beberapa jenis pembedahan atau operasi memang memiliki efek sebagai penyebab penyakit komplikasi. Informasi dari dokter mengenai risiko ini harus disampaikan terlebih dahulu kepada pihak pasien maupun keluarganya, sebelum melakukan tindakan pembedahan.

Gejala Penyakit Komplikasi

Penyakit komplikasi akan menyebabkan seseorang merasakan beberapa gejala. Di antaranya sebagai berikut:

  • Imun tubuh yang semakin menurun, mudah terinfeksi virus, bakteri, dan jamur.
  • Kelainan jantung
  • Hipertensi
  • Hipoglikemia (kadar gula darah yang rendah)
  • Gangguan rongga mulut
  • Gangguan pencernaan
  • Kebutaan
Tanaman Obat Penyakit Komplikasi

Penyakit komplikasi yang timbul akan semakin memperburuk kondisi tubuh jika diatasi dengan obat-obatan kimia terus menerus.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi tanaman alami yang bisa membantu penyembuhan penyakit komplikasi, di antaranya:

Kulit Manggis

Kulit manggis memang dikenal memiliki banyak manfaat sebagai pencegah timbulnya berbagai penyakit berbahaya. Zat antihistamin, anti-inflamasi, dan anti-radang sangat bagus untuk mencegah atau mengobati penyakit komplikasi.

Kulit manggis akan menekan sistem saraf pusat dan menstabilkan tekanan darah, sehingga hipertensi sebagai penyebab penyakit komplikasi tidak akan timbul. Ada juga zat aktif pelawan sel kanker yang sangat bagus untuk tubuh.

Mengkudu

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah yang memiliki bau kurang sedap ini bisa mencegah timbulnya penyakit komplikasi. Mengkudu menstabilkan kadar kolesterol dan gula darah. Sehingga kemungkinan munculnya penyakit diabetes bisa diminimalisir.

Teh Hijau dan Kakao

Menurut penelitian dari Campinas State University di Brazil, zat antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung di dalam teh hijau dan buah kakao dapat mencegah dan mengobati penyakit komplikasi yang disebabkan oleh diabetes.

Serta kandungan polifenol yang menurunkan tekanan darah dan perlindungan dari penyakit kardiovaskuler.

Nah, itu dia ulasan lengkap mengenai penyakit komplikasi. Lindungi selalu kesehatanmu dan keluarga dengan produk asuransi.

Kini, kamu enggak perlu bingung memilih produk asuransi terbaik. Sebab kamu bisa membandingkan dan mengajukan secara online via CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast