10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami Wajib Coba

3 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Rambut sebagai salah satu dari bagian tubuh sering kali bermasalah. Jika rambutmu kurang subur dan sulit panjang, ini saatnya menggunakan penyubur rambut dari bahan alami.

10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami

Penyubur rambut memang kini mudah dibeli. Namun, kamu wajib waspada terhadap kandungan bahan kimia berbahaya di dalamnya. Apalagi, rambut perlu menggunakan produk yang cocok sesuai dengan jenisnya.

Oleh karena itu, lebih baik kamu menggunakan penyubur rambut dari bahan alami yang mudah ditemukan dan membuat racikannya sendiri.

Berikut 10 penyubur rambut dari bahan alami:

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya - 10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami Wajib Coba

Lidah buaya sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu sebagai penyubur rambut dari bahan alami. Kandungan vitamin B12 dan folic acid membantu menguatkan dan menyuburkan rambut.

Rambut pun akan lebat dan berkurang kerontokannya. Cara menggunakan lidah buaya cukup mudah. Pastikan rambutmu bersih dan sudah keramas.

Kupas lidah buaya dari kulitnya, lalu ambil cairan gel yang terkandung di dalamnya. Usapkan secara merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Biarkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Selain untuk rambut kepala, lidah buaya juga bagus untuk menyuburkan alis dan bulu mata.

2. Minyak Kemiri

Minyak Kemiri - 10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami Wajib Coba

Penyubur rambut dari bahan alami lainnya adalah minyak kemiri yang biasanya dipakaikan pada kulit kepala bayi yang berambut tipis.

Minyak kemiri sekarang banyak dijual dengan kemasan botolan, tapi sebaiknya kamu membuat sendiri. Caranya dengan membakar kemiri selama 15 menit – 30 menit, lalu tumbuk kasar. Saat biji kemiri terpecah-belah, aka nada sari berupa minyak yang keluar. Nah, minyak itulah yang kamu gunakan.

Oleskan minyak kemiri pada bagian rambut dan kulit kelapa. Selain menyuburkan rambut, minyak kemiri dipercaya untuk menghitamkan warna rambut.

(Baca Juga: Pengen Lebih Sehat di 2020? Konsumsi 10 Jenis Makanan Ini)

3. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa - 10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami Wajib Coba

Minyak kelapa juga bisa membantu pertumbuhan rambut jadi lebat, lho. Kandungannya kaya akan vitamin baik yang alami. Medium-chain fatty acid lebih mudah diserap kulit kepala. Rambutmu pun akan subur dan lembut.

Minyak kelapa bisa kamu beli kemasan. Jika membuat sendiri, kamu bisa menjemur kelapa hingga keluar sari minyaknya.

4. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun - 10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami Wajib Coba

Jenis minyak lain yang bisa digunakan sebagai penyubur rambut dari bahan alami adalah minyak zaitun. Minyak dari buah bernama ilmiah Olea Europaea ini mengandung vitamin E dan K, serta asam lemak yang baik untuk rambut.

Yakni membuat rambut halus, lembut, bersinar, dan makin subur. Karena buah zaitun sulit didapat di Indonesia, maka tak ada salahnya untuk membeli minyak zaitun kemasan. Harganya masih terjangkau, enggak bikin kantong bolong.

5. Minyak Jarak

Minyak Jarak - 10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami Wajib Coba

Minyak jarak juga disebut dengan castor oil. Penyubur rambut dari bahan alami ini juga mampu mengatasi kerontokan, ketombe, infeksi kulit kepala, rambut kering dan bercabang, serta rambut yang susah diatur.

Minyak jarak yang dioleskan teratur akan membuat rambut makin kokoh, bertambah panjang, dan mencegah muncul uban.

6. Teh Hijau

Teh Hijau - 10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami Wajib Coba

Kinerja penyubur rambut dari bahan alami ini adalah mendorong folikel rambut agar tumbuh kembali. Sehingga rambut akan tumbuh lebih lebat dan panjang.

Cara menggunakannya yakni dengan menyeduh teh hijau dengan volume air yang sedikit saja. tujuannya agar cairan teh hijau lebih kental, lalu cairan itu dibiarkan semalaman. Keesokan harinya, baru aplikasikan teh hijau ke rambut dan kulit kepala.

7. Madu

Madu - 10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami Wajib Coba

Produk kecantikan dan kesehatan rambut sering kali terbuat dari madu. Tak mengherankan memang, sebab madu mengandung protein, mineral, dan bermacam vitamin.

Jika kamu mengalami rambut rontok berlebih atau tanda-tanda kebotakan, maka madu sangat disarankan untuk digunakan. Campur madu dengan sampo, lalu keramas dengan bahan itu dua kali hingga tiga kali seminggu.

8. Telur

Telur - 10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami Wajib Coba

Kemudian, ada telur juga yang menjadi penyubur rambut dari bahan alami. Kandungan protein dan essential amino acid yang baik untuk rambut. Kelembutan juga bisa kamu rasakan jika mengaplikasikan telur ke rambut.

Perlu diketahui, hanya bagian kuning telur saja ya yang digunakan untuk rambutmu. Caranya, buat lah masker rambut dari campuran kuning telur dan cairan lemon, gunakan sebelum keramas.

Setelah dipakai ke rambut dan didiamkan hingga muncul busa kecil, bilas dengan air dingin. Kemudian keramas lah seperti biasa.

9. Alpukat

Alpukat - 10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami Wajib Coba

Alpukat juga bisa kamu jadikan masker penyubur rambut. Haluskan alpukat lalu campur dengan madu, balurkan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala.

Bungkus rambut dengan handuk hangat dan bersih, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

(Baca Juga: Mengenal Varian dan Kegunaan Essential Oil Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit)

10. Oatmeal

Oatmeal - 10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami Wajib Coba

Terakhir, ada oatmeal yang bisa mengurangi kerontokan dan menyuburkan rambut. Cara menggunakan penyubur rambut ini mudah. Yakni campurkan oatmeal, susu, dan minyak almond (jika ada), lalu gunakan sebagai masker rambut.

Selain menggunakan penyubur rambut alami, kamu juga bisa melakukan perawatan ke salon maupun klinik kecantikan. Sebab terkadang masalah rambut bisa jadi gawat dan tak bisa diobati dengan bahan alami saja.

Bayar biaya perawatan kini lebih mudah dengan kartu kredit. Bandingkan dan ajukan produk kartu kredit proses cepat melalui CekAja.com.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah