7 Peralatan Mandi Ramah Lingkungan Bebas Plastik, Sekaligus Estetik!

4 min membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Mau mengurangi sampah plastik dunia? Yuk, mulai beralih ke bagian terkecil di rumah, seperti menggunakan peralatan mandi ramah lingkungan, yang bebas plastik dan bisa bikin ruangan estetik!

Sudah bukan menjadi rahasia umum, bahwa sampah plastik dunia, selalu bertambah jumlahnya.

Nah, kita sebagai salah satu negara penyumbang sampah plastik dunia, bisa mulai mengubah gaya hidup, dengan menggunakan barang-barang ramah lingkungan.

Ganti Barang-barangmu jadi Ramah Lingkungan mulai dari Peralatan Mandi

Meskipun tidak semua barang di rumah bisa langsung beralih ke ramah lingkungan, kamu bisa mengubahnya ke lingkup yang paling kecil dulu di rumah.

Nah, kamar mandi bisa jadi lingkup pertama, untuk kamu yang mau mengubah peralatan mandi plastik, ke peralatan mandi ramah lingkungan.

Kira-kira apa saja peralatan mandi ramah lingkungan yang bisa kamu ganti, dari peralatan plastik?

(Baca Juga: 8 Kemasan Ramah Lingkungan Kekinian)

Yuk, langsung intip saja rangkuman berikut, terkait 7 peralatan mandi ramah lingkungan, yang bisa kamu beli mulai dari sekarang!

7 Peralatan Mandi Ramah Lingkungan

1. Sikat Gigi Kayu

Peralatan mandi ramah lingkungan yang pertama, dan yang sudah paling banyak dijual di pasaran, adalah sikat gigi kayu.

Pasalnya, jika kamu masih menggunakan sikat gigi plastik, maka sampah sikat gigi plastik yang sudah tidak digunakan dan dibuang, akan menumpuk dan mengotori lingkungan.

Hal tersebut dikarenakan, bahan plastik pada sikat gigi, tidak bisa terurai oleh tanah dan lingkungan.

Itulah mengapa, kamu harus mulai mengurangi penggunaan sikat gigi plastik dan beralih ke sikat gigi kayu, karena bersifat biodegradable.

Kamu juga bisa beli sikat gigi kayu, yang saat ini sudah banyak tersedia, dengan berbagai macam merk, di supermarket hingga toko online.

Adapun, beberapa merk sikat gigi kayu ini, mungkin bisa jadi referensi kamu. Mulai dari Pepsodent, Saewooden, Garudabali, MOA, dan masih banyak lagi.

Untuk harga per sikat gigi kayu, rata-rata dijual dengan harga mula dari Rp15.000 hingga Rp35.000.

2. Spons Penggosok Badan Loofah

Selain sikat gigi, spons juga menjadi alat mandi yang paling sering digunakan. Namun, bukan yang dari plastik, kamu bisa gunakan spons peralatan mandi ramah lingkungan berbahan loofah.

Spons loofah atau penggosok badan ini, merupakan spons yang terbuat dari serat tumbuhan gambas. Sehingga, tentu saja lebih ramah lingkungan.

Berikut beberapa merk loofah yang bisa kamu pilih, yakni Beauty Gourmet hingga Sephora. Untuk harga, dibanderol mulai dari Rp70.000an.

3. Sabun Batang

Kamu masih pakai sabun cair atau gel yang menggunakan botol plastik? Sepertinya peralatan mandi ramah lingkungan berupa sabun batang, sudah mulai gunakan sekarang!

Pasalnya, bungkus atau botol yang merupakan kemasan sabun bisa mencemari lingkungan, jika sudah tidak digunakan lagi.

Bahan kemasan yang terbuat dari plastik, akan sulit terurai. Nah, dengan begitu kamu bisa mulai beralih ke sabun batang, dengan pembungkus dari kertas.

Sabun batang, juga tidak kalah membersihkan badan dan tak kalah harum juga pastinya.

Selain itu, kini sudah tersedia banyak jenis sabun batang, yang terbuat dari bahan-bahan alami. Bentuknya juga cantik-cantik dan estetik!

Merk sabun batang apa saja yang paling direkomendasikan? Kamu bisa pilih mulai dari merk Bali Soap, Skindazzle hingga, Monimici, yang dibanderol mulai Rp16.000 hingga Rp45.000 per batang.

4. Tisu Ramah Lingkungan

Peralatan mandi ramah lingkungan yang juga bisa kamu ganti adalah tisu. Jika kebanyakan tisu yang dijual berbungkus plastik, kini kamu bisa beli tisu berbungkus kertas!

Tidak hanya itu, kamu juga bisa beli tisu dengan jenis kertas daur ulang. Sehingga, kamar mandimu bebas sampah plastik, sekaligus bisa melestarikan pohon.

Merk tisu ramah lingkungan ini, mungkin bisa jadi pilihan. Mulai dari Vita flow hingga Wateru.

5. Pembalut Kain

Sampah pembalut yang berbahan plastik, membuat lingkungan tercemari. Sehingga pembalut non plastik, juga dibutuhkan sebagai peralatan mandi ramah lingkungan yang baru.

Memang ada yang jual pembalut non plastik? Ada kok! Buat kamu yang belum tahu, kini sudah ada pembalut kain yang bisa dicuci dan digunakan berkali-kali atau menstrual cup.

Jadi, kamu tidak perlu lagi beli pembalut sekali pakai, yang sampahnya bisa mencemari lingkungan. Apalagi, jika kamu membuangnya di sungai, karena bisa menghambat aliran sungai, dan bikin banjir!

Berikut beberapa merk pembalut kain, yang bisa kamu pilih. Mulai dari merk Baby Oz, Herbi, BabyClo, Demibumi, hingga Hannah Pad, yang dijual mulai dari Rp30.000 sampai Rp190.000.

6. Pengharum Ruangan Kamar Mandi

Suka dengan wewangian di kamar mandi? Peralatan mandi ramah lingkungan berupa pengharum ruangan dari kertas, reed diffuser, atau lilin, bisa kamu pilih ketimbang pengharum ruangan, dengan bungkus plastik!

Selain lebih wangi dan menenangkan, pengharum ruangan dari kertas, reed diffuser, atau lilin aromaterapi, juga bisa membuat ruangan kamar mandimu lebih estetik.

Untuk merk pengharum ruangan ramah lingkungan yang paling direkomendasikan adalah Kemayu, Camani, dan Evergreen (reed diffuser).

Merk Kencana Indonesia, Bath & Body Works, hingga Ikea (lilin aromaterapi).

7. Pencukur Bulu Stainless Steel

Peralatan mandi ramah lingkungan yang selanjutnya adalah pencukur bulu, dari bahan stainless steel.

Pasalnya, pisau cukur berbahan plastik penggunaannya tidak tahan lama. Setelah tidak digunakan, tentunya akan dibuang dan sampahnya bisa mencemari lingkungan.

Sehingga, akan lebih baik kamu menggunakan pisau cukur berbahan stainless steel, yang bisa digunakan berkali-kali. Selain itu, bahan stainless steel, merupakan bahan yang bisa didaur ulang.

Salah satu merk pencukur bulu stainless steel, yang bisa kamu beli adalah Beituo, dengan harga Rp14.000-an.

(Baca Juga: 9 Ide Hadiah Ramah Lingkungan)

Nah, itu dia beberapa peralatan mandi ramah lingkungan yang bisa kamu pilih, untuk menggantikan peralatan mandi plastik!

Yuk, Buka Bisnis Alat Mandi Ramah Lingkungan!

Adapun, peralatan mandi ramah lingkungan tersebut, masih belum banyak dijual di pasaran, karena minimnya penjual yang sudah mulai peduli lingkungan.

Nah, buat kamu yang merintis bisnis peralatan mandi ramah lingkungan, sangat besar loh peluangnya!

Untuk masalah modal biaya, kamu bisa serahkan semuanya ke CekAja.com, yang akan membantumu memilihkan produk pinjaman dana modal usaha, yang tepat sampai dapat!

CekAja.com akan merekomendasikan jenis produk pinjaman dana, sesuai dengan profil kamu. Mulai dari pendapatan per bulan, kebutuhan usaha, hingga kemampuan finansial kamu.

CekAja.com menawarkan banyak produk pinjaman dana, untuk modal usaha, dari berbagai perusahaan p2p lending, yang aman dan terpercaya.

Sebut saja seperti Julo, Kredivo, hingga Uang Teman. Jadi, tunggu apalagi? Segera ajukan pinjaman dana untuk modal usaha, hanya di CekAja.com!