Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Perangi Latte Factor yang Bikin Misqueen dengan Rajin Cek Saldo BCA

by CekAja on 25 Maret, 2019

Pernah dengar istilah latte factor? Adalah David Bach, seorang pengusaha, penulis, dan motivator asal Amerika Serikat yang mencetuskannya lewat buku berjudul Finish Rich beberapa tahun lalu.

bahaya kopi _ CekAja.comMenurut Bach, latte factor adalah kebiasaan masyarakat menghabiskan penghasilannya untuk hal-hal kecil yang tidak penting setiap hari. Istilah latte yang dipilih Bach untuk mengkritik kebiasaan masyarakat kota besar yang gemar sekali menyeruput kopi-kopi milky di kafe atau restoran.

Namun ternyata latte factor yang dimaksud Bach bukan hanya untuk urusan membeli segelas kopi saja. Tanpa disadari, masih banyak lagi uang-uang ‘recehan’ yang kita hamburkan setiap hari. Padahal jika uang tersebut dikumpulkan selama satu tahun, nominalnya sangatlah besar.

Sebelum membahas lebih jauh apa saja pengeluaran yang masuk kategori latte factor, ada baiknya kita belajar cara menangkal keinginan untuk menghamburkan uang recehan tersebut. Salah satunya adalah dengan rajin mengecek saldo tabungan yang semakin mudah dan bisa dilakukan di mana saja.

Kalau kamu adalah nasabah BCA, pasti familiar dengan tiga cara cek saldo bank BCA berikut ini:

  • Cek Saldo BCA via ATM

Jumlah ATM BCA yang semakin banyak tentu mempermudah kamu melakukan cek saldo. Kamu tinggal menggunakan kartu ATM di mesin ATM terdekat. Masukkan enam digit PIN-nya, lalu pilih menu informasi saldo untuk mengetahui jumlah saldo tabungan yang dimiliki.

  • Cek Saldo BCA via Mobile Banking

Aplikasi mobile banking BCA punya indikator sinyal dengan warna yang berubah-ubah. Kamu baru bisa menggunakan aplikasi tersebut ketika indikator sinyal menunjukkan warna hijau. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Unduh dulu aplikasi BCA Mobile lalu lakukan registrasi untuk menentukan kode akses. Selanjutnya, aktivitas pada aplikasi tersebut membutuhkan kode akses dan PIN ATM. Pilih menu m-info dan info saldo bila ingin mengecek jumlah saldo tabungan kamu.

  • Cek Saldo BCA via Internet Banking

Jika ingin menggunakan internet banking BCA, kamu mesti melakukan registrasi terlebih dahulu di kantor cabang bank terdekat. Maka kamu akan memiliki user ID, internet banking PIN, dan keypad BCA. Nanti, kamu bisa segera login dengan user ID tersebut. Lalu memilih menu informasi saldo untuk mendapatkan informasi saldo tabungan.

(Baca juga: 4 Cara Pembayaran yang Bisa Bikin Boros Kalau Tidak Hati-hati)

Meskipun urusan cek saldo bukan hal rumit bagi masyarakat modern, masih ada saja hal-hal kecil yang menyebabkan pengeluaran semakin boros alias latte factor.

Setelah menyimak ulasan penyebabnya berikut ini, mungkin kamu baru menyadari berbagai latte factor yang akhirnya membuat kamu jadi boros dan tidak memiliki tabungan atau aset dari hasil bekerja:

  1. Berlangganan kopi mahal

Tak sedikit masyarakat modern yang hobi berlangganan kopi di kafe. Rasanya hari-hari tak lengkap bila tidak diawali dengan secangkir kopi mahal. Harga kopi di kafe berkisar di angka Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per gelas. Coba kamu bayangkan bila membelinya hampir setiap hari. Tentu saja pengeluaran rutin kamu jadi bengkak akibat hobi yang satu ini. Padahal, hobi minum kopi bisa disiasati dengan cara yang lebih hemat, misalnya menyeduh kopi sendiri.

  1. Sering nongkrong

Nongkrong di kafe juga sudah menjadi gaya hidup yang tak terpisahkan dari masyarakat modern. Banyak orang gemar nongkrong di kafe bersama teman, janji bertemu klien bisnis, atau sekadar menikmati me time. Sebenarnya hobi yang satu ini sah-sah saja dilakukan.

Namun, pengeluaran kamu akan semakin boros jika terlalu sering melakukannya. Terutama bila kamu sering berburu kafe baru yang nyaman dan instagramable. Alangkah lebih baik bila kebiasaan ini dikurangi mulai sekarang.

  1. Bayar parkir dan tol

Orang-orang yang terbiasa menggunakan kendaraan pribadi tentu harus menyisihkan uang ekstra untuk bayar parkir dan tol. Apalagi bila tuntutan pekerjaan mengharuskan kamu untuk sering bepergian. Walaupun terlihat kecil, sebenarnya biaya parkir dan tol juga terbilang besar bila diakumulasikan setiap bulan. Hal ini turut diperparah dengan biaya bahan bakar yang membengkak jika sering terjebak kemacetan. Kamu bisa menyiasati latte factor yang satu ini dengan cara menggunakan transportasi umum.

  1. Bergonta-ganti skincare mahal

Menggunakan skincare adalah hal yang wajar bagi semua orang. Kamu pasti ingin menjaga penampilan sebaik mungkin. Apalagi bila kamu menjalani pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang. Namun, sebaiknya kamu tidak terlalu sering bergonta-ganti skincare mahal. Selain mubazir dan membuat kulit wajah harus beradaptasi lagi, kebiasaan tersebut akan membuat boros. Akibatnya, kamu harus menyiapkan pengeluaran ekstra demi mencoba skincare yang sedang populer.

  1. Hobi belanja online

Kemudahan akses belanja online membuat banyak orang menjadikannya sebagai hobi. Sayangnya, orang yang hobi belanja online sering kali terjebak dalam kondisi boros karena nafsu belanja semata.

(Baca juga: Agar Kamu Sukses, Ini Cara Jualan Barang Fashion Saat Musim Belanja Online)

Kondisi tersebut akan semakin parah bila kamu malas membandingkan harga ketika belanja online. Akibatnya, kamu jadi sering membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Selisih harganya pun bisa lebih mahal dibandingkan dengan belanja secara konvensional. Jika dibiarkan begitu saja, hal ini akan mengganggu kestabilan kondisi finansial.

  1. Kebiasaan jajan dan ngemil

Ketika sedang bosan di kantor, mayoritas orang memilih untuk mengisi waktu luang dengan cara ngemil. Ngemil sambil bercengkerama dengan rekan kerja memang menyenangkan. Kamu juga tak perlu repot-repot membeli camilan karena bisa memesannya via ojek online.

Sayangnya, kebiasaan ini juga akan membuat kamu semakin boros. Karena kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli camilan dan membayar ongkos ojek online. Lakukanlah hobi ini sesekali saja untuk mendukung upaya penghematan yang kamu lakukan.

  1. Hobi membeli pakaian

Mungkin kamu merasa keren bila sering membeli pakaian sesuai tren. Sehingga kamu bisa mengeksplorasi gaya yang sesuai dengan selera. Namun, membeli pakaian secara berlebihan juga bisa menjadi latte factor untuk sesuatu yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Untuk menyiasati hal ini, mulailah menjalani gaya hidup minimalis. Buatlah padu padan gaya berpakaian dari beragam jenis pakaian yang sudah kamu miliki.

Jika kamu bertekad untuk berhemat dan meminimalkan latte factor, jumlah tabungan kamu pasti cepat bertambah banyak. Jadi, jangan ragu untuk sering-sering cek saldo tabungan demi mengurangi keinginan belanja berlebihan. Manfaatkan sebagian pendapatan kamu untuk tabungan dan investasi yang produknya bisa kamu pilih lewat  CekAja.com.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami