Perayaan 17an di Jakarta yang menarik dikunjungi Pada Hari Kemerdekaan Indonesia

3 min. membaca Oleh CekAja on

Tepat 71 tahun lalu, bangsa Indonesia berhasil meraih kemerdekaannya. Tidak heran jika tanggal 17 Agustus identik dengan kebahagiaan dan perayaan. Pada tanggal yang sama setiap tahunnya, seluruk pelosok tanah air selalu dipenuhi event seru yang bisa kamu ikut.

Perayaan 17-an umumnya diselenggarakan mulai dari tingkat RT hingga ibu kota negara di Jakarta. Berbagai lomba, acara budaya, hingga panggung musik digelar untuk menghibur masyarakat. Tapi kalau kamu tinggal di Jakarta dan ingin merasakan suasana perayaan 17-an yang beda, yuk [c88-article id=”103148″ title=”jalan-jalan” text=”jalan-jalan”] ke tempat berikut.

1. Lomba panjat pinang total hadiah Rp250 juta

Apa yang membedakan panjat pinang satu ini dengan panjat pinang di tingkat RT/RW-mu? Pinang yang dilumuri pelicin, hadiah yang digantung dan kemeriahannya nyaris sama. Bedanya, lomba yang diselenggarakan Taman Impian Jaya Ancol ini menyediakan hadiah hingga Rp250 juta. Pohon pinang yang ditanam pun jumlahnya mencapai 171 batang. Nantinya lomba diselenggarkaan di dua tempat yakni Pantai Carnaval dan Lagoon.

Untuk mendaftar event ini cukup menunjukkan kartu tanda pengenal (KTP) dan tiket masuk Gerbang Ancol yang asli mulai pukul 13.00 WIB pada tanggal 17 Agustus 2016. Peserta harus berkelompok dengan beranggotakan empat orang. Syarat lainnya yakni usia peserta antara 17-50 tahun. Panita menampung 342 tim atau 1.368 orang.

(Baca juga: Mau Soekarno-Hatta Berjejer di Dompetmu? Nih Caranya Dapat Penghasilan dari Momen 17an)

Kabar baiknya, pada tanggal 17 Agustus mendatang pengelola Taman Impian Jaya Ancol memberikan promo tiket khusus masuk Ancol. Wisatawan bisa mendapatkan tiket gratis dengan buy one get one. Tapi promo ini khusus bagi mereka pengguna sepeda motor, Transjakarta, Commuterline, dan pejalan kaki.

2. Pengibaran bendera merah putih di dalam air

SEAWORLD

Penasaran bagaimana prosesi pengibaran bendera di dalam air? Kamu bisa datang ke akuarium utama Seaworld sebelum feeding show pertama pukul 10.45 WIB. Sedangkan prosesi penurunan bendera dilaksanakan sore harinya pada pukul 16.15 WIB.

Selain pengibaran bendera, akan ada berbagai lomba yang diadakan di Museum Seaworld Ancol seperti lomba Feed Shark dan Sea Turtle Race. Setelah sesi feeding show kedua di jam 13.45, akan ada acara lomba gebuk bantal yang dimeriahkan oleh para penyelam SeaWorld Ancol. Uniknya, lomba gebuk bantal ini bukan dilakukan di atas air melainkan diadakan di bawah air dan dapat disaksikan di akuarium utama. Untuk masuk Seaworld kamu harus membayar Rp 100.000 per orang.

3. Nonton konser gratis di Monas

Setiap tahunnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah menyiapkan acara perayaan 17-an yang berbeda-beda. Tahun ini, kamu bisa menyaksikan ‘Konser Kemerdekaan’ musik yang dimeriahkan Slank, NOAH, Nidji, Armand Maulana, Rio Febrian, dan artis ibu kota lainnya.

Tidak perlu khawatir soal tiket. Konser yang digelar di Monumen Nasional (Monas) ini tidak dipungut biaya alias gratis. Selain itu ada kegiatan bubur kemerdekaan dan penampilan budaya Indonesia.

4. Pawai bendera pusaka

Tahun ini pemerintah pusat atas inisatif Presiden Joko Widodo akan menghadirkan pawai budaya lengkap dengan kereta kencana dan pasukan berkuda sambil mengarak Bendera Sang Saka Merah Putih. Nantinya Bendera Sang Saka Merah Putih akan diarak dengan kereta kencana yang ditarik oleh empat ekor kuda. Bendera ini kemudian diserahkan kepada presiden yang selanjutnya diserahkan pada Paskibraka untuk dikibarkan.

Rencananya kirab budaya ini akan diselenggarakan secara sederhana dan khidmat. Pawai tersebut akan dimulai di lapangan Tugu Monas menuju Istana Merdeka. Masyarakat pun diperbolehkan  menyaksikannya.

5. Menikmati lukisan bersejarah di Galeri Nasional Indonesia

GALERI NASIONAL

Kamu pencinta seni khususnya lukisan wajib datang ke Galeri Nasional Indonesia. Mulai tanggal 2-30 Agustus 2016, kamu dapat melihat lukisan koleksi Istana Negara karya seniman maestro Indonesia. Di pameran berjudul “Goresan Juang Kemerdekaan: Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan Republik Indonesia” kamu dapat menikmati karya 20 maestro lukis Indonesia seperti Raden Saleh, Affandi, Baoseki Abdullah, bahkan Presiden Soekarno. Lukisan-lukisan tersebut di antaranya adalah koleksi Presiden Soekarno yang kebanyakan tersimpan di Istana Negara dan sebelumnya tidak dapat dinikmati oleh masyarakat bebas.

(Baca juga: Kamu Masih Merintis Karier? Ini Pelajaran Berharga dari Atlet Indonesia di Olimpiade 2016)

Koleksi dibagi menjadi tiga sub tema yakni potret tokoh penting perjuangan kemerdekaan Indonesia, kondisi sosial masyarakat masa revolusi, dan jejak perjuangan dari masa penjajahan Belanda hingga tahun 1950. Acara ini gratis. Tapi, kamu yang mau berkunjung wajib mematuhi etika menonton seni lukis seperti tidak memotret lukisan secara close up dan menggunakan blitz, tidak membawa tongsis ataupun benda tajam serta tidak membawa makanan atau minuman ke ruang pamer lukisan.

6. Ziarah ke makam pahlawan

Kemerdekaan Indonesia tidak akan ada tanpa perjuangan para pahlawan. Mereka rela bertaruh nyawa agar Indonesia lepas dari cengkraman penjajah. Berziarah ke makam pahlawan dan mendoakan mereka, khususnya makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir telah dilakukan Pemprov DKI dari tahun ke tahun.

Banyak juga tokoh bangsa yang meluangkan waktu untuk berziarah ke makam pahlawan pada tanggal 17 agustus. Mungkin kamu bisa mengkuti jejak mereka ini dalam rangka mengapresiasi jasa pahlawan.

Tentang kami

CekAja

CekAja