Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Perbandingan Realme 6 Dengan Realme 6 Pro, Mana Yang Lebih Kece?

by Teti Purwanti on 19 Maret, 2020

Perkembangan teknologi dan fitur yang ada di smartphone saat ini kian pesat. sehingga persaingan penjualan antar pabrikan juga kian sengit.

perbandingan realme 6 dan realme 6 pro

Sudah banyak tipe smartphone dengan fitur keren namun dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Sehingga bisa menarik minat banyak pembeli darin

Yang terbaru adalah smartphone merk Realme yang meluncurkan varian telepon genggam pintar terbarunya yakni Realme 6 dan Realme 6 Pro yang bisa menjadi pilihan para penggemar gadget untuk dibeli dan dikoleksi. Karena memiliki kualitas yang mumpuni dengan harga yang relatif terjangkau.

Bagi kamu yang mungkin penasaran dengan fitur dan perbandingan dari dua produk ini, ada baiknya untuk mencari tahu informasi tersebut melalui artikel ini.

Sekilas tentang Realme

Realme secara resmi didirikan pada Mei 2018. Sebuah flagship ponsel cerdas asal China yang menawarkan perangkat smartphone dengan performa yang kencang dan desain trendi. Realme berfokus pada kebutuhan pengguna dan menyajikan produk dengan kinerja yang kuat dan desain yang trendi dalam konteks luas e-commerce.

Produk realme langsung mendapat pengakuan di dunia akan “Performa” dan “Desain” setelah peluncuran perdananya. Di Indonesia, dalam waktu setahun realme berhasil menjadi Top 10 smartphone brand di dunia pada Kuartal II 2019. realme juga memecahkan rekor penjualan di Lazada wilayah Asia Tenggara, dan menjadi merek No. 1 di kategori ponsel platform tersebut.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Darurat, Ajukan Saat Butuh Dana Cepat)

Saat ini, realme telah memasuki pasar lebih dari 18 negara seperti Tiongkok, India, Indonesia, Vietnam, Thailand, Malaysia, Pakistan, Mesir, dll. Pada Mei 2019, realme juga diluncurkan di kawasan Eropa. Realme berkomitmen untuk menawarkan performa yang kuat, desain penuh gaya, after service yang berkualitas, dan mengeksplorasi lebih banyak inovasi terdepan untuk produk smartphone.

Dalam waktu satu tahun berdiri, realme telah memasuki pasar India, Indonesia, Vietnam, Thailand, Filipina, Malaysia, Singapura, Myanmar, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Uni Emirat Arab, Mesir, Italia, Spanyol, Perancis, Inggris, Rusia, dan Tiongkok.

Perbandingan fitur Realme 6 dan Realme 6 Pro

Peluncuran Realme 6 dan Realme 6 Pro telah dilakukan pada 5 Maret lalu di India, sementara untuk launching di Indonesia akan dilakukan pada 24 Maret mendatang.

Diharapkan hp terbaru dari Realme ini bisa meneruskan kesuksesan pendahulunya yakni Realme 5 dan Realme 5 Pro.

Kedua gadget terbaru ini digadang-gadang memiliki kelebihan dan fitur terbaru yang bisa diperoleh masyarakat. Untuk itu, berikut perbandingan dari kedua hp tersebut.

Realme 6

Smartphone Realme 6 menggunakan layar yang masih sama dengan yang ada pada Realme 5. Yakni panel LCD berukuran 6.5 inch, namun dengan resolusi FullHD+ dengan refresh rate 90 Hz.

Layar ponsel cerdas terbaru ini juga dilindungi dengan Gorilla Glass 3 berdesain punch hole untuk kamera depannya.

Ponsel ini juga menjadi yang pertama untuk seluruh produk dari flagship Realme yang dibekali chipset gaming MediaTek Helio G90T yang didukung dengan tiga pilihan RAM yakni 4 GB, 6 GB, dan 8 GB untuk melengkapi performa gaming di hp tersebut.

Hp ini selain cocok untuk pengguna yang hobi bermain game, juga cocok untuk yang hobi foto-foto. Karena dilengkapi dengan empat kamera belakang, dengan kamera utamanya memiliki kamera 64 MP dan menggunakan sensor Samsung ISOCELL Bright GW 1. Selain itu ada lensa ultra-wide 8 MP, lensa kamera makro 2 MP, dan lensa portrait B&W 2 MP.

Kamera pada handphone ini juga bisa mengambil gambar dengan proses 20 kali zoom. Sehingga bisa mendapatkan objek gambar jarak jauh secara jelas.

Hp ini juga mendukung untuk selfie. Karena menyematkan kamera depan dengan resolusi 16 MP. Sehingga bisa menghasilkan kualitas gambar yang mumpuni.

Selain itu, Realme 6 dilengkapi dengan memori internal UFS 2.1 dengan kapasitas 64 GB dan 128 GB, serta disediakan slot tambahan untuk microSD. Untuk keamanan penggunanya, hp ini dilengkapi dengan sensor sidik jari di samping kanan perangkat.

Realme 6 juga dibekali kapasitas baterai 4.300 mAH yang didukung dengan fitur pengisian cepat 30W. Dengan adanya fitur ini, proses pengisian baterai hingga penuh bisa dilakukan dalam kurun waktu 1 jam.

Tampilan interface pada Realme 6 menggunakan Realme UI dan sistem operasi Android 10. Tersedia dalam dua pilihan warna yang ditawarkan, yakni Comet Blue dan Comet White.

Harga jual Realme 6 berkisar 12.999 Rupee (Rp2,5 juta) untuk versi memori penyimpanan 4 GB + 64 GB, 14.999 Rupee (Rp2,9 juta) untuk kapasitas 8 GB + 128 GB, dan 15.999 Rupee (Rp3,1 juta) untuk kapasitas 8 GB + 128 GB.

Realme 6 Pro

Sama seperti Realme 6, Realme 6 Pro sudah resmi dirilis di India dan akan mulai diperkenalkan untuk publik Indonesia pada 24 Maret mendatang.

Ponsel ini memiliki layar dengan ukuran sedikit lebih besar dari Realme 6, yakni dengan besaran layar 6,6 inch dengan display menggunakan LCD beresolusi FullHD+ dan refresh rate 90 Hz.

Tampilan display Realme 6 Pro juga menggunakan desain punch hole. Namun, terdapat sedikit perbedaan pada desain yang berbentuk seperti pil yang memuat dua kamera depan.

Realme 6 Pro dilengkapi dengan chipset Snapdragon 720G yang merupakan chipset gaming terbaru dari Qualcomm dengan menggunakan fabrikasi 8mm. Untuk mendukung kinerja dan performa hp ini juga dilengkapi dengan dua opsi RAM, yakni 6 GB dan 8 GB.

Sama seperti saudaranya, Realme 6 Pro juga dilengkapi empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, lensa telephoto 12 MP, lensa ultra-wide 8 MP dan lensa makro 2 MP. Ponsel ini juga mendukung UIS dan UIS Max Video Stabilization.

Selain itu, juga ada dua kamera depan untuk mengambil selfie yaitu kamera utama 16 MP yang menggunakan sensor Sony IMX471 dan lensa ultra-wide 8 MP dengan sudut pandang 105 derajat.

Realme 6 Pro juga dibekali baterai 4.300 mAh dan pengisian cepat 30 W sama seperti saudaranya. Ponsel ini juga menjalankan Realme UI dan Android 10.

Fitur lain yang ada di ponsel ini adalah super linear speaker dengan Dolby Atmos dan Hi-Res Studio, sensor sidik jari di samping, dan dual-band GPS. Hp ini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Lightning Blue dan Lightning Orange dengan harga jual di pasar India seharga:

16.999 Rupee (Rp3,3 juta) untuk kapasitas 6 GB + 64 GB

17.999 Rupee (Rp3,5 juta) untuk kapasitas 6 GB + 128 GB

18.999 Rupee (Rp3,7 juta) untuk kapasitas 8 GB + 128 GB

Banjir hadiah pada saat launching

Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa dua jenis hp terbaru dari Realme ini baru akan diluncurkan dan diperkenalkan kepada publik Indonesia pada 24 Maret mendatang pukul 10.30 WIB.

Berdasarkan keterangan di website resminya, masyarakat bisa mendaftar untuk bisa hadir pada proses peluncuran tersebut. Serta berpeluang membawa pulang hadiah. Pendaftaran bisa dilakukan langsung di website resmi Realme di https://event.realme.com/id/6-series-launch/

Dengan melakukan pendaftaran, setiap orang akan mendapatkan kode undian dan akan mendapatkan tambahan kode apabila mengajak teman untuk mendaftar. Kode undian bisa diambil hingga 24 Maret pukul 08.00 WIB.

Akan ada 12 pemenang yang ditentukan berdasarkan kode undian. Pemenangnya akan diumumkan pada 24 Maret jam 10.30 WIB saat live streaming launch event di realme.com.

Hadiah undian yang bisa dimenangi oleh siapapun yang mendaftar. Antara lain 2 unit Realme 6 Pro, 2 unit Realme 6, dan 8 unit aksesoris Realme terbaru.

Pembeliannya bisa dilakukan melalui mitra resmi penjualan. Antara lain Lazada, Blibli.com, Shopee, dan Akulaku. Selain itu, pembelian juga bisa dilakukan secara langsung di website resmi realme.com untuk mendapatkan berbagai fasilitas dan keuntungan. Seperti gratis biaya kirim untuk pembelian minimal Rp500 ribu untuk berbagai produk terbaru yang dikeluarkan oleh Realme.

Selain itu, pembayaran juga bisa dilakukan di tempat setelah barang sampai. Serta tentunya ada garansi resmi yang diberikan oleh Realme.

Kinerja penjualan dan pemasaran Realme di Indonesia juga tidak bisa dianggap remeh walaupun baru masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2018.

Pada kuartal III 2019 lalu, berdasarkan laporan international data corporation di Indonesia, pangsa pasar Realme mencapai 12,6 persen. Realme berada di posisi keempat dan mampu menggeser Xiaomi dari posisi tersebut.

Progres penjualan tersebut meningkat signifikan sejak awal tahun 2019 yang pada kuartal I pangsa pasarnya hanya sebesar 1,4 persen dan meningkat menjadi 6,1 persen pada kuartal II.

Berdasarkan data dan fakta tersebut, maka tidak salah kalau peluncuran produk terbaru dari Realme ini banyak dinantikan masyarakat Indonesia.

Smartphone Idaman dengan UangTeman

Realme 6 dan Realme 6 pro masuk dalam wishlist kamu untuk upgrade smartphone? Tapi dana yang dibutuhkan kurang? Tidak perlu khawatir! karena UangTeman dapat meminjamkan kamu yang berada di wilayah Jabodetabek. Terdapat pinjaman dana mulai dari Rp 1juta hingga Rp8 juta. UangTeman sudah terdaftar di OJK, lho.

Pengajuannya juga mudah karena tidak memerlukan kartu kredit. Selain itu proses pencairannya juga termasuk cepat, maksimal hanya satu hari kerja saja.

Berikut persyaratan untuk pengajuannya:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia 21-55 tahun
  • Punya pekerjaan dan penghasilan

Persyaratan sudah terpenuhi? Selanjutnya berikut cara mengajukannya pinjamannya

  1. Isilah data yang diminta melalui formulir online dengan lengkap, benar dan sesuai
  2. Lalu kamu akan menerima pesan SMS mengenai status pengajuan pinjaman
  3. Jika disetujui, maka pihak UangTeman akan melakukan verifikasi melalui telepon dan survei atas informasi serta data-data yang kamu berikan.
  4. Jika proses verifikasi tersebut berjalan dengan baik, kamu akan menerima pemberitahuan dan instruksi untuk menandatangani perjanjian pinjaman secara elektronik
  5. Setelah perjanjian tersebut ditandatangani kedua pihak (antar peminjam dan penerima pinjaman) maka dana pinjaman akan ditransfer ke rekening bank yang didaftarkan paling lambat 1 x 24 jam.

Beberapa hal yang perlu diketahui juga bahwa terdapat denda keterlambatan sejumlah Rp11.000 per hari (4 hari setelah jatuh tempo). Pastikan kamu memenuhi persyaratannya dan jangan sampai telat membayar, ya!

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.