Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Asuransi Kesehatan vs Asuransi Jiwa, Apa Bedanya?

by Tisyrin on 5 April, 2018

asuransi kesehatan - CekAja.com

Asuransi memiliki banyak sekali jenis, termasuk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Namun, tak sedikit orang yang menganggap keduanya adalah jenis asuransi yang sama. Padahal, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan punya perbedaan dari berbagai sisi.

Secara umum, pengertian asuransi berdasarkan OJK-Pedia di laman resmi OJK adalah perjanjian antara penanggung dan tertanggung, yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tidak terduga (insurance).

Jadi, asuransi akan menekan beban finansial yang menghantui Anda jika terjadi suatu risiko yang buruk. Jika tak ada asuransi, Anda terancam mengeluarkan banyak uang ketika sakit, terkena bencana, kendaraan rusak, atau dalam kondisi lainnya.

Khusus asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, agar Anda tak keliru, berikut ini penjabaran mengenai perbedaannya.

Manfaat

Asuransi kesehatan menanggung biaya yang berkaitan dengan gangguan kesehatan (sakit atau kecelakaan). Asuransi kesehatan akan meringankan seseorang dalam membayar biaya rumah sakit, obat, dokter, hingga operasi.

Sementara asuransi jiwa akan memberi perlindungan ketika seseorang meninggal dunia, yaitu berupa sejumlah uang pertanggungan untuk ahli warisnya. Uang pertanggungan tersebut menjadi semacam pengganti untuk nafkah dari orang yang telah tiada.

Kondisi lain yang memungkinkan agar uang pertanggungan asuransi jiwa mencair yaitu ketika seseorang tidak mampu lagi bekerja karena mengalami cacat tetap atau critical illness (penyakit yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh).

Terdapat pula jenis asuransi jiwa yang memberikan manfaat lengkap berupa tambahan asuransi kesehatan dan tambahan manfaat lainnya.

(Baca juga: Grab Akuisisi Uber dan Beberapa Hal yang Sebaiknya Anda Ketahui)

Jenis

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan terbagi menjadi beberapa jenis antara lain berdasarkan pengelola dana dan jenis penggantian.

  • Pengelola dana

Terdapat asuransi kesehatan dari pemerintah yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Asuransi ini wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia. Terdapat golongan tertentu yang bebas dari beban pembayaran premi, tetapi ada pula yang harus tetap membayar premi sesuai ketentuan.

Selanjutnya, terdapat asuransi kesehatan dari pihak swasta, yaitu asuransi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi.

  • Cara penggantian

Dari segi cara penggantian, terdapat istilah cashless dan reimbursement. Untuk cara cashless, cukup dengan menunjukkan kartu keanggotan asuransi kepada pihak rumah sakit, maka pihak asuransi akan langsung menanggung biayanya.

Sementara dengan cara reimbursement, nasabah harus membayar biaya kesehatan dengan dana pribadi terlebih dahulu. Setelah itu, nasabah dapat melakukan klaim dan akan mendapatkan penggantian dari pihak asuransi.

Asuransi jiwa

Jenis-jenis asuransi jiwa sebagai berikut:

  • Asuransi jiwa berjangka (term life insurance) yang memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu. Preminya bersifat tetap dan murah.
  • Asuransi jiwa seumur hidup atau (whole life insurance) yang memberikan perlindungan seumur hidup, biasanya dibatasi hingga usia 99 tahun.
  • Asuransi jiwa dwiguna (endowment) yang memiliki dua manfaat, yaitu asuransi jiwa berjangka dan tabungan.
  • Asuransi jiwa unitlink yaitu produk asuransi sekaligus investasi. Manfaat asuransi jenis ini seperti umumnya asuransi jiwa lain serta ditambah adanya manfaat dari produk investasi.

Contoh

Asuransi kesehatan
Astra Life-AVA Sehat Proteksiku

Asuransi AVA Sehat Proteksiku dari Astra Life akan menanggung biaya untuk rawat inap hingga bedah. Santunan rawat inap bernilai hingga Rp2 juta per hari, sedangkan santunan bedan bernilai hingga Rp10 juta per pembedahan. Nasabah juga bisa melakukan double cover yaitu klaim bersamaan dengan asuransi lain.  Preminya terjangkau yaitu mulai dari Rp185.000 per tahun.

Asuransi jiwa

Prudential-PRUlink assurance account

Asuransi ini merupakan jenis asuransi jiwa unitlink, yang menggabungkan antara produk asuransi dan investasi. Manfaatnya jika terdaftar asuransi ini adalah akan mendapatkan santunan meninggal dunia atau cacat total dan tetap.

Selain itu, Anda bisa memilih jenis investasi sesuai profil risiko. Ada pula fasilitas penarikan nilai tunai sebagaian. Dan, terdapat produk asuransi tambahan seperti rawat inap, serta kecelakaan. Dengan begitu, Anda akan merasakan manfaat asuransi jiwa, asuransi kesehatan, serta investasi dalam satu produk.

Asuransi ini memberikan perlindungan sampai usia  99 tahun. Minimum premi atau kontribusi bulanannya sebesar Rp400.000, dan usia masuk tertanggung atau peserta adalah 1-70 tahun.

(Baca juga: Apa Saja Kelebihan Asuransi Perjalanan? Yuk, Cek!)

Segera daftar asuransi kesehatan dan asuransi jenis lainnya melalui CekAja. Dapatkan kesempatan berlibur ke Bangkok!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.